Renewable Energy

Trik Menghidupkan Baterai Lithium yang Sudah Mati

Written by Techfor Id

TechforID – Peneliti di Laboratorium Akselerator Nasional SLAC Departemen Energi, Stanford University berhasil revitalisasi baterai lithium yang mati. Para peneliti mengatakan menemukan cara merevitalisasi baterai lithium yang dapat diisi ulang dan dapat digunakan kembali.

“Hal ini berpotensi meningkatkan jangkauan kendaraan listrik dan masa pakai baterai pada perangkat elektronik generasi berikutnya,” kata penulis utama studi dan mahasiswa program doktor, Fang Liu.

Cara menghidupkan kembali yakni dengan cara membuat lithium yang “mati” terhubung kembali ke salah satu elektroda (anoda dan katoda). Sehingga membuat sebagian darinya dapat terhubung kembali.

Keterhubungan antar keduanya, tidak hanya membuat baterai hidup kembali, namun memperlambat degradasi dan meningkatkan masa pakai hingga 30 persen.

“Kami sekarang mengeksplorasi potensi pemulihan kapasitas yang hilang dalam baterai lithium-ion menggunakan langkah pemakaian yang sangat cepat,” kata Peneliti Pascadoktoral Stanford, Fang Liu.

Baca juga: Skuter Canggih Bergaya Klasik dengan Lima Slot Baterai

Liu mengatakan, baterai lithium bekerja dengan ion positif berjalan bolak-balik dari anoda ke katoda dan sebaliknya. Seiring waktu, beberapa lithium logam menjadi tidak aktif secara elektrokimia. Kemudian membentuk noda yang membuat lithium terisolasi dan tak lagi terhubung dengan elektroda.

“Hal ini mengakibatkan hilangnya kapasitas dan merupakan masalah khusus untuk teknologi logam lithium dan untuk pengisian cepat baterai lithium-ion,” ujar dia.

Namun, dalam studi baru, para peneliti menunjukkan dapat memobilisasi dan memulihkan lithium yang terisolasi untuk memperpanjang masa pakai baterai.

“Saya selalu menganggap lithium terisolasi sebagai hal yang buruk, karena menyebabkan baterai rusak dan bahkan terbakar,” ucap Peminenelitian tersebut, Yi Cui.

Cui mengatakan tim peneliti menemukan cara menyambungkan kembali lithium mati ini secara elektrik dengan elektroda negatif untuk mengaktifkannya kembali.

Dengan menerapkan tegangan ke katoda dan anoda baterai membuat noda lithium yang terisolasi secara fisik bergerak di antara elektroda membuat baterai menjadi hidup kembali.

Baca artikel selanjutnya:

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu