AI & Data Science

Xiaomi Kenalkan Teknologi Loop LiquidCool, Adaptasi Industri Kedirgantaan

Written by Techfor Id

Xiaomi perkenalkan Loop LiquidCool, teknologi yang menjanjikan kemampuan pendinginan dua kali lipat dibandingkan dengan solusi konvensional vapor chamber.

Teknologi Loop LiquidCool terinspirasi oleh solusi pendinginan yang digunakan dalam industri kedirgantaraan. Teknologi ini memanfaatkan efek kapiler yang menarik zat pendingin cair ke sumber panas, menguap, kemudian menyebarkan panas secara efisien menuju area yang lebih dingin, hingga zat tersebut mengembun dan ditangkap melalui saluran loop yang tertutup searah.

Xiaomi Kenalkan Teknologi Loop LquidCool, Adaptasi Industri Kedirgantaan. Foto: xiaomi

Terdapat sistem pipa panas annular yang terdiri dari evaporator, kondensor, ruang isi ulang, serta pipa gas dan cairan. Evaporator memiliki zat pendingin yang menguap menjadi gas saat smartphone berada di bawah beban kerja yang tinggi.

Baca juga: Fitur Sentry Mode Tesla Pantau Ancaman Saat Berkendara

“Gas dan aliran udara tersebut kemudian didifusikan ke kondensor, dimana gas mengembun menjadi cair kembali. Cairan ini diserap dan dikumpulkan melalui serat-serat kecil di ruang isi ulang-yang mengisi ulang evaporator-menjadikannya sistem mandiri,” kata Xiaomi.

Loop LiquidCool menggunakan pompa berbentuk cincin yang memiliki desain pipa gas khusus. Desain tersebut dapat mengurangi hambatan saluran udara sebesar 30% untuk aliran uap, sehingga kapasitas perpindahan panas maksimum meningkat hingga 100%.

Teknologi ini menggunakan struktur katup Tesla di dalam ruang isi ulang yang memungkinkan cairan melewati evaporator, sekaligus menghalangi gas bergerak ke arah yang salah. Memungkinkan efisiensi dalam sirkulasi gas atau cairan di seluruh sistem.

Xiaomi mengatakan telah memasang teknologi pendingin terbarunya ini pada Xiaomi MIX 4 khusus, di mana ruang uap asli diganti dengan solusi Loop LiquidCool.

Loop LiquidCool mampu menjaga perangkat di bawah suhu maksimum 47,7℃ dan prosesornya 8,6℃ lebih rendah dari versi standar.

Lantaran bentuknya yang fleksibel dan dibuat menumpuk membuat teknologi Loop LiquidCool dapat masuk di semua jenis desain internal. Dengan begitu, Ini juga memungkinkan lebih banyak ruang untuk baterai, modul kamera, dan banyak lagi.

Xiaomi berencana untuk memperkenalkan teknologi Loop LiquidCool di handphonenya pada paruh kedua tahun 2022.

Baca artikel selanjutnya:

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu