10 Tips Fotografi Menggunakan Kamera Ponsel

0

1. Bersihkan Lensa Kamera

Selama kamu gunakan setiap hari, mungkin lensa kamera pada Smartphone kamu sedikit berdebu. Oleh karena itu coba bersihkan terlebih dahulu dengan kain halus Supaya hasil foto terlihat lebih Jernih

2. Set Focus Agar Objek Tetap Jelas (Focus Peaking)

Focus Peaking adalah fitur kamera untuk membantumu melihat lebih jelas apakah objek sudah berada dalam titik fokus atau tidak dengan cara memberikan highlight pada bagian yang difokuskan.

Umumnya, kamu hanya perlu menyentuh objek yang ingin difokuskan pada layar hp kamu. Kemudian foto saat objek tersebut sudah difokuskan kamera agar hasilnya maksimal.

3. Pahami Shutter Lag pada Kamera

Processor DSLR dirancang bisa secepat kilat mengambil dan memproses foto sesaat setelah tombol shutter ditekan, sementara kamera HP memiliki apa yang disebut dengan shutter lag, yaitu waktu jeda antara tombol shutter mulai ditekan hingga kamera mulai mengambil dan memproses foto.

Waktu jeda ini disebabkan karena kemampuan prosesor HP yang memang dirancang bukan sepenuhnya untuk melakukan pengambilan foto secara cepat.

Karena alasan inilah, kenali waktu jeda dan usahakan tangan kamu tetap stabil dan tidak bergerak sesaat setelah tombol shutter ditekan hingga file foto terbentuk.

4. Manfaatkan Cahaya Matahari

Tehnik dasar dalam ilmu fotografi yaitu dengan memanfaatkan cahaya alami yang dihasilkan oleh matahari. Sebab cahaya tersebut bisa membuat objek tampil lebih jelas, terang, dan mencolok.

Saat memfoto, usahakan agar baik kamu atau objek yang difoto jangan membelakangi matahari. Jika didalam ruangan, coba letakan posisi objek dekat jendela agar mendapatkan cahaya natural.

5. Coba Sudut Yang Berbeda

Saat ingin memfoto suatu objek, cobalah untuk bereksperimen dari tiga perspektif berikut. Pertama, adalah dengan mengubah ketinggianmu (Bird Eye).

Contohnya kamu dapat mengambil gambar dari atas, atau lebih dekat ke tanah. Kedua, dengan mengubah sudut, seperti lurus ke atas atau miring dari samping agar memberikan dimensi yang berbeda daripada biasanya.

Dan yang terakhir dengan mengubah jarak, lebih dekat atau lebih jauh. Dengan menggunakan ketiga metode perspektif ini, kamu akan terkejut dengan hasil yang lebih intens dan tajam. 

6. Eksplorasi Detail Objek Dari Dekat

Saat kamu menggunakan fitur zoom yang ada pada kamera, maka resolusi akan cenderung menurun. Semakin kamu zoom maka resolusinya akan semakin mengurang dan menghasilkan foto yang buram

Solusinya, daripada kamu zoom lebih baik mendekatkan kamera ponsel kamu dengan objek. Sehingga detail objek lebih jelas tanpa harus mengurangi kualitas resolusi.

7. Stabilkan Genggaman Ponsel Saat Memotret

Saat akan memotret objek, usahakan posisi HP jangan terlalu jauh dari posisi tubuh kamu. Melainkan dekatkan sedikit kearah dada agar tangan kamu memiliki topangan atau penyangga.

Apabila kamu memiliki dana lebih, kamu juga bisa menggunakan tripod sebagai solusi menstabilkan kamera ponsel.

8. Memanfaatkan Grid

Salah satu faktor mengapa foto terlihat bagus adalah komposisi, dan salah satu komposisi dalam dunia fotografi adalah rule of third.

Untuk mendapatkan komposisi foto yang pas, kamu bisa memanfaatkan fitur grid yang ada pada kamera ponselmu. Sehingga tingkat keakuratan objek semakin meningkat

9. Hindari Menggunakan Flash

Walau flash dikenal bisa membuat objek terang, namun prosesnya hanya sekilas dan terkadang tidak pas saat kita ingin menangkap ekspresi objek. Alhasil foto menjadi sama gelap baik menggunakan flash atau tidak. Ini disebabkan Flash pada kamera ponsel berbeda dari flash yang berasal dari kamera digital.

Jika bisa gunakan cahaya alami yang berasal dari matahari atau menggunakan lampu. Kamu juga bisa menggunakan mode Flashlight pada ponselmu sebagai media penerangan tambahan.

10. Proses Editing Foto

Ketika foto berhasil kamu tangkap dan hasilnya bagus, mungkin adakalnya kamu ingin sedikit menambahkan elemen unik didalamnya. Kamu bisa edit sendiri foto kamu melalui aplikasi seperti PicsArt, Prisma, Adobe Photoshop express, Photo Grid dan masih banyak lagi.

Share.

About Author

Techfor Id

Leave A Reply