4 PERUSAHAAN YANG BERHASIL MELAKUKAN TRANSFORMASI DIGITAL!

0

Era New Normal memang bukan sekadar perubahan kondisi, melainkan inti utama dari Era New Normal adalah bagaimana kita bisa menghadapi perubahan yang ada namun kinerja bisnis tetap terjaga. Itulah yang pada akhirnya menjadi salah satu cara, kenapa Transformasi Digital menjadi penting dalam Era New Normal.

Secara perspektif bisnis, kita bisa jelaskan bahwa transformasi digital adalah implementasi sebuah IT ( digital teknologi ) yang digunakan untuk mengubah cara bisnis beroperasi dan melakukan layanan secara maksimal kepada customer.

Kenapa hal itu terjadi? Karena saat ini sudah bisa di pastikan semua bisnis baik kecil, menengah atau besar sudah pasti menggunakan teknologi untuk meningkatkan performance bisnisnya.

Begitu pula tujuan yang ingin di capai ketika perusahaan sudah mulai menerapkan konsep transformasi digital dalam setiap bisnisnya. Karena sejatinya dengan adanya pengubahan sistem menjadi transformasi digital tersebut perusahaan ingin mengarahkan organisasinya menjadi sebuah entitas bisnis yang berdasarkan Analitik.

Sehingga kondisi tersebut lama kelamaan akan menjadi sebuah kebiasaan yang selalu di gunakan oleh perusahaan.

Ada beberapa hal yang menjadi dasar atau kunci ketika transformasi digital ingin di terapkan dalam sebuah perusahaan :

(1) Ada 3 komponen yang mesti di satukan agar transformasi digital bisa berjalan dengan baik yaitu SDM (orang), Bisnis ( Perusahaan ) dan Teknologi ( Sistem dan Prosedur).

(2) Ke-3 komponen tersebut harus di masukan dalam budaya dan kebiasaan perusahaan. Dimana hal itu mesti di perkuat oleh kebijakan atau arahan dari Manajemen seperti dari CDAO ( Chief Data and Analytics Office), CIO ( Chief Information Office), hingga CEO ( Chief Executive Officer).

(3) Ada baiknya transformasi digital ini di gunakan oleh perusahaan- perusahaan yang memang mereka selalu fokus dan loyal dalam melayani customers. Dengan semua hal yang telah di jelaskan diatas, maka sistem transformasi digital menjadi salah satu strategi baru bagi perusahaan dalam mencoba mengubah pola bisnisnya di Era New Normal.

4 PERUSAHAAN CONTOH TERBAIK PENERAPAN TRANSFORMASI DIGITAL

Netflix :

Inilah salah satu perusahaan di dunia yang berhasil melakukan transformasi digital. Di mana salah satu hal yang membuat Netflix sukses adalah perubahan strategi bisnis yang di jalankan oleh perusahaan. Yang semula Netflix sebagai distributor konten digital.

Tetapi saat ini perusahaan mengubah strateginya dengan memproduksi ( produser) untuk konten orisinal yang pada akhirnya justru bisa memberikan penghargaan untuk perusahaan. Saat ini Netflix lebih cenderung menayangkan konten orisinal seperti program yang di produksi oleh rumah produksi sendiri.

Sekalipun masih terbatas pada serial TV namun kondisi ini yang membuat Netflix berhasil dalam penerapan Transformasi Digital. Hingga saat ini dengan ide-ide yang di gaungkan, serta implementasi transformasi digital yang berjalan lancar maka Netflix sudah mengantongi profit ( keuntungan ) 30x lipat dibanding kondisi sebelum adanya transformasi digital.

Nike :

Strategi yang di jalankan untuk implementasi Transformasi Digital adalah melakukan strategi memperkuat brand dan jaringan suplai. Hal ini dilakukan Nike dengan menjual langsung produk yang di hasilkannya melalui bantuan Amazon.

Dengan strategi seperti ini maka Nike mampu melakukan analisa strategic kaitan produk dan konsumen. Sehingga hasilnya perusahaan bisa memproduksi atau menawarkan produk yang sesuai dengan keinginan customers. Hasilnya sungguh luar biasa, apa yang di lakukan oleh Nike membuahkan pendapatan yang cukup bagus, Efeknya terlihat jelas.

Awal 2017 saham Nike diharga USD 52 dan sekarang naik hingga USD 88. Itulah strategi transformasi digital yang berhasil di jalankan oleh Nike, dengan kondisi seperti ini maka Nike bisa memproduksi lebih cepat dari kondisi sebelumnya.

Tencent :

Sekalipun pada awalnya sudah berbisnis dengan mengandalkan teknologi. Namun perkembangan bisnis Tencent justru meningkat cukup bagus pada saat perusahaan mengubah bisnisnya menjadi perusahaan yang memiliki visi dan misi untuk meningkatkan kualitas hidup manusia melalui inovasi digital.

Pada akhirnya perusahaan berani melakukan investasi cukup besar untuk memperkuat bisnisnya dengan masuk dalam industri digital yang arahnya ke bidang Edukasi dan Hiburan serta tidak ketinggalan Kendaraan Otomatis.

Disamping bidang-bidang tadi, hal lain yang dilakukan Tencent adalah melakukan bisnis dengan menyediakan platform ride sharing, fintech dan industri internet. Bisnis tersebut pada akhirnya mampu menyumbangkan profit untuk perusahaan sebesar 25% dari total profit.

Hingga saat ini dengan semua hal yang telah di jelaskan diatas, maka Tencent mampu menjadi perusahaan Asia pertama yang berhasil melewati nilai kapitalisasi perusahaannya hingga mencapai USD 500 miliar.

Hasbro :

Dengan mengubah segmentasi pasarnya dari produsen mainan yang bersifat Ikonik. Pada akhirnya perusahaan mengubah segmentasi pasarnya menjadi perusahaan yang memproduksi mainan dengan segmentasi pasar yang di incarnya adalah para orang tua.

Kenapa, karena dengan mengincar orang tua yang memiliki anak, maka akan menjadi lebih mudah bagi perusahaan untuk mempromosikan produknya. Salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan adalah dengan menggunakan media sosial sebagai media promosinya.

Strategi tersebut berhasil dengan baik, transformasi digital perusahaan berhasil meningkatkan omzet penjualan cukup besar. Dengan adanya penambahan biaya iklan hingga 1.100% maka pendapatan mampu menembus USD 5 miliar pada tahun 2016.

Angka tersebut adalah angka yang sejatinya belum pernah dicapai sejak tahun 1993 pada saat awal didirikan.

CRM, INSTRUMEN DASAR YANG AKAN MEMBANTU PERUSAHAAN MENGUBAH KE ARAH TRANSFORMASI DIGITAL

Bicara soal CRM yang saat ini begitu banyak di gunakan oleh para pelaku bisnis. Sejatinya media ini juga bisa di gunakan sebagai dasar untuk mengimplementasikan sistem perusahaan dari konvensional menuju transformasi digital.

Ada beberapa hal yang menjadi dasar kenapa pada akhirnya CRM bisa menjadi kunci dari pengubahan kondisi tersebut :

(1) CRM sangat fleksibel dalam implementasinya. Karena itu CRM bisa di gunakan untuk semua jenis bisnis

(2) CRM saat ini sudah begitu berkembang. Dimana seperti yang di jalankan oleh Barantum. CRM nya telah di kembangkan menjadi CRM –Omni Channel, sehingga semua media sosial bisa terintegrasi dalam sebuah dashboard CRM

(3) CRM bukan sekedar alat untuk menunjang pekerjaan, tetapi bisa juga sebagai alat kontrol bagi perusahaan kepada semua divisi yang ada di perusahaan.

Dengan kondisi itulah, maka CRM sangat tepat jika digunakan sebagai dasar untuk pengubahan sistem integrasi perusahaan anda dari konvensional menuju transformasi digital.

Share.

About Author

ACHMAD S.F

Leave A Reply