Artikel

6 Tips Programming Untuk Pemula Dari Dasar

Copywriting
Techfor Id
Written by Techfor Id

1. Awali Dengan Bahasa Program Dasar

Bahasa pemrograman terdiri dari belasan hingga puluhan jenis. Setiap tahunnya selalu saja ada bahasa program baru dan update pembaruan yang memaksa programmer untuk tetap up-to-date.

Oleh sebab itu, sebagai pemula di dunia programming baiknya fokus dahulu pada 1 bahasa program dasar seperti C, HTML, atau PHP MySQL.

2. Manfaatkan Kekuatan Mesin Pencari

Menjadi seorang programmer tidak mengartikan pintar atau jenius. Nantinya kamu akan dilanda berbagai jenis error atau bug yang bahkan kamu sendiri tidak tahu dimana letaknya maupun cara memperbaikinya.

Manfaatkan dengan baik kehadiran online untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut. Di Internet telah tersebar banyak sekali platform koding program berbasis open source dan komunitasnya pun sangat besar. Kamu bisa gunakan ini untuk belajar dari mereka

3. Latih Logika Otak

Godaan terberat dalam membuat suatu program nanti tidak akan jauh dari kata Copy + Paste. Meski banyak sumber code diluar sana yang berbasis open source, bukan berarti kamu tinggal copy 100% tanpa dipelajari lagi.

Coba pahami logika dibalik struktur code yang kamu copy, apa fungsinya dalam program tersebut, dan analisa bagaimana cara memodifikasinya menjadi versimu tanpa merusak programnya.

4. Fokus Pada Program Yang Disukai

Seperti yang dikatakan sebelumnya, diluar sana ada banyak sekali jenis bahasa pemrograman yang tersedia. Namun disini kamu tidak harus menguasai semuanya.

Cukup pilih 1 atau 2 bahasa program yang kamu suka lalu fokus secara mendalam untuk menguasai sepenuhnya bahasa tersebut.

Sebab pasalnya bursa kerja programmer umumnya hanya membutuhkan seseorang yang mahir paling maksimal 2 jenis bahasa program saja.

5. Belajar Membuat Code Dengan Tangan (Tulisan)

Mungkin kamu terheran-heran dengan tips yang satu ini, mengapa harus belajar menulis code dengan tulisan tangan kalau membuat programnya harus dikomputer ?

Alasannya yakni umumnya saat kamu interview  pekerjaan programmer, kamu nantinya pasti disuruh menulis dengan kode bahasa program yang kamu kuasai diatas kertas, bukan dikomputer.

Hal ini untuk memastikan bahwa kamu memang benar-benar paham logika dibalik struktur program serta algoritmanya dan  tidak hanya sekedar copypaste saja.

Oleh sebab itu, ketika sudah mahir 1 atau 2 jenis bahasa program, coba latih daya ingat dan kemampuan berfikir kamu untuk menulis program sederhana dengan secarik kertas.

6.  Tetap Terupdate Dengan Teknologi Terkini

Disamping mencari tahu bahasa program apa yang kamu suka, kamu juga harus tetap peka dengan trend teknologi yang akan datang. Seperti apa peluang kerja yang akan muncul serta bagaimana membuat dirimu kompeten untuk hal itu.

Sebagai contoh pengembangan aplikasi program seluler, program ini umumnya menggunakan bahasa Java dan Kotlin untuk mengembangkan aplikasi Android.

Baru-baru ini Google menyatakan untuk lebih berfokus pada mobile karena memang banyak aksesnya berasal dari versi mobile, bukan dekstop. Tetapi Ingat, kamu selalu dapat melakukan ini dengan menggunakan kekuatan mesin pencari.

Sumber : https://medium.com/@moringa_school/programming-tips-and-tricks-for-beginners-e6446d7debf

About the author

Techfor Id

Techfor Id

Leave a Comment