Artikel

Program Keren Yang Membantu Start-Up Developer Game di Indonesia

Copywriting
Techfor Id
Written by Techfor Id

Asal didirakannya Game Developer

Indigo Game Start-up Indonesia (IGSI) didirikan atas hasil kerjasama Telkom Indonesia, Melon Indonesia, dan Agate, salah satu perusahaan pengembang game terbesar di Indonesia, melalui salah satu divisinya, Agate Academy.

Program ini ditujukan untuk membantu para startup developer game Indonesia dalam membuat game terbaik. Salah satunya seperti game Faerie Afterlight dan Rendezvous yang lahir berkat adanya program IGSI.

Program ini juga dibuat dengan harapan para startup yang ada supaya dapat bertahan di industri game setelah lulus dari program tersebut dan mampu merajai pasar game tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia internasional.

Program terkait

Program IGSI memberikan perode Incubation, dimana didalamnya para kandidat terpilih akan mendapatkan keuntungan seperti :

  • Dana pengembangan dan dana lebih lanjut sekitar 2 Milliar rupiah
  • Dimentori langsung oleh pakar yang ahli dibidangnya masing-masing seperti Game design, Game Bussiness, Game Art, Game Technical, sampai Product Development
  • Lisensi ruang kerja bersama dan perangkat lunak. Namun selama situasi pandemi, peserta hanya akan diberikan lisensi software dan peminjaman komponen PC.

Kandidat terpilih juga memiliki kesempatan untuk menguji game mereka terhadap target pasar, serta memvalidasi retensi dan monetisasi game.

Di akhir programnya, mereka diberi kesempatan untuk mempresentasikan game mereka kepada penerbit game dan investor di tempat atau platform yang disediakan oleh tim manajemen.

Di bawah program IGSI, ada program lain bernama DILo Game Academy (DGA), khusus dibuat untuk mereka yang belum memiliki skillset, tetapi cukup bersemangat untuk belajar tentang pengembangan game.

DGA adalah kursus online gratis, dibuat oleh para ahli terbaik di industri game, yang memberikan pelatihan tentang Desain Game, Produksi Game, Pemrograman Game, Seni Game, Manajemen Produk, dan Pemasaran Produk.

Program IGSI telah berhasil menginkubasi 20 startup game per September 2020 dan gelombang berikutnya telah berjalan mulai pertengahan Oktober 2020. Bagi kamu yang tertarik mengikuti program ini, kamu bisa menemukan informasi lebih lanjut tentang program ini pada link berikut :

https://game.indigo.id/

Atau follow  akun sosial mereka di :

https://web.facebook.com/game.indigo.id/

Sumber : https://sea.ign.com/sea-indie-games/165665/news/let-your-video-game-project-take-flight-with-indonesias-indigo-game-startup-incubation

About the author

Techfor Id

Techfor Id

Leave a Comment