Digital Marketing

Tips Menjadi Youtuber Professional

youtube
Written by Techfor Id

1. Pastikan Menjadi Youtuber Adalah Passion Kamu

Baik itu bekerja, hobi, atau sekedar coba-coba, melakukan hal yang setengah-setengah tidak akan memberikan hasil yang baik dan juga tidak akan menyenangkan selama prosesnya.

Yang ada hal ini malah membuat seseorang berhenti di tengah jalan karena merasa hal tersebut bukanlah hal yang sebenarnya mereka mau atau ingin lakukan.

Hal yang sama juga berlaku untuk menjadi seorang Youtuber Professional.

Mau percaya atau tidak, Youtuber terkenal diluar sana yang kamu kenal menjadi demikian karena memang mereka 100% fokus melakukannya dan tidak sekedar mencari penghasilan tambahan semata.

Jangan pernah menjadi seorang Youtuber kalau ketiga hal ini adalah alasan utama kamu melakukannya :

  • Ingin menjadi terkenal berkat video yang diupload
  • Hanya peduli mencari penghasilan dari Youtube
  • Tidak ingin bersungguh-sungguh membuat video kalau tidak menghasilkan uang

Sedangkan kalau ini yang menjadi alasanmu, maka menjadi Youtuber Professional bukanlah jalan yang sulit :

  • Kamu senang membantu orang lain dan memberi nasihat, saran, ataupun informasi yang edukatif secara gratis
  • Kamu bersenang-senang ketika merekam video
  • Kamu bersemangat dengan gagasan untuk membuat komunitas dan senang bisa mengenal orang baru setiap hari

Jangan jadikan “Mencari uang” sebagai alasan utama kamu, sebab jika ketiga alasan diatas adalah alasan kamu menjadi Youtuber, maka uang maupun popularitas akan mengikuti kamu dengan sendirinya. Bukan sebaliknya..!!!

Baca Juga ;

Saham Tambang Bitcoin Turun? Apa Alasannya?

2. Tentukan Topik Utama di Channel Kamu

Jika ingin menjadi Youtuber yang sukses dan professional, maka kamu diharuskan menentukan Topik utama atau Niche apa yang ingin dibahas di Channel youtube kamu nanti.

Niche tersebut bisa berupa :

  • Game
  • Tutorial Makeup
  • Berita Olahraga
  • Musik
  • Tips atau 10 Hal Terbaik

Jika sudah menentukan topic utamanya, maka jangan langsung terjun membuat videonya. Melainkan pecah dan perdalam lagi topic tersebut menjadi lebih kecil lagi.

Sebagai contoh misalnya :

Untuk game bisa kamu pecah atau perdalam lagi dengan menentukan jenis Genre Game (FPS, RPG, Action) apa yang mau kamu garap.Anggaplah kamu akan menggarap game bergenre FPS (First Person Shooter), maka kamu bisa mengupload video ketika kamu bermain game bergenre tersebut seperti PUBG, Call of Duty, Fortnite, atau Game serupa lainnya.

Metode ini juga berlaku untuk jenis niche atau topic utama yang lain. Tujuannya supaya niche yang kamu bahas tidak terlalu luas dan membingungkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya ;

3. Menyiapkan Perlengkapan Merekam Video

Sekarang, kamu perlu menyiapkan perlengkapan untuk merekam video-video tersebut.

Alat dasar yang kamu butuhkan diantaranya :

  • Kamera
  • Mikrophone
  • Pencahayaan (Lighting)

Kamera

Banyak yang beranggapan harus punya kamera canggih agar hasil video youtube disukai oleh pemirsanya.

Padahal sebenarnya tidak demikian. Kamu bisa mulai hanya dengan kamera pada smartphone kamu, sebab smartphone saat ini saja memang sudah dibekali kamera canggih yang bisa merekam video dengan jelas, jernih, dan berkualitas tinggi.

Hanya saja pastikan untuk memiliki Tripod supaya hasil rekaman tetap stabil dan tidak banyak gerakan. Dengan dikombinasikan oleh pencahayaan yang memadai, hasil video kamu sudah lebih dari pantas untuk tampil di Youtube.

Microphone

Kalau pemirsa videomu tidak bisa mendengar suara kamu, maka mereka tidak akan mau melihat videomu sampai selesai.

Oleh karenanya, memiliki perangkat microphone yang bagus sangat disarankan untuk menghasilkan suara video yang sesuai dengan kriteria yang disukai pemirsa youtube.

Pencahayaan (Lighting)

Bagian penting namun suka luput dari perhatian youtuber. Jangan salah, kamera canggih sekalipun akan menghasilkan video buruk kalau selama proses rekamnya memiliki factor pencahayaan yang kurang baik.

Alasannya karena memang kamera membutuhkan lebih banyak cahaya ketimbang mata manusia supaya bisa melihat dan menangkap gambar yang jelas.

4. Mulai Rekam Video dan Sering Berlatih

Tidak ada hal yang lebih baik selain mempraktikan sendiri hal yang kamu pelajari atau inginkan. Mulailah rekam video pertama kamu setelah menentukan niche dan menyiapkan peralatannya.

Jangan takut atau malu kalau hasilnya tidak memuaskan. Karena Youtuber terkenal diluar sana sekalipun melakukan beberapa rekaman video serta proses editing yang cukup lama sebelum akhirnya di upload di Youtube.

Dan info lainnya untukmu, menyajikan video dalam desain thumbnail yang bagus dilansir bisa memancing pengguna youtube tertarik mengklik video kamu.

Thumbnail adalah preview gambar tampilan video kamu di hasil pencarian Youtube. Menyusunnya dengan desain yang unik dan menarik bisa membuat video kamu dilirik oleh mereka bahkan yang tidak tertarik dengan niche kamu.

5. Belajar Youtube SEO

Apa itu Youtube SEO ?

Untuk kamu yang masih awam, Youtube SEO adalah proses mengoptimasi video supaya tampil teratas di hasil pencarian video untuk kata kunci tertentu yang ditargetkan.

Youtube SEO membuat video kamu lebih mudah ditemukan oleh pengguna Youtube serta memiliki nilai yang sama seperti peringkat situs web di pencarian Google.

Untuk melakukannya, kamu harus tahu :

  • Cara memberi judul pada video untuk menarik lebih banyak pemirsa
  • Bagaimana mendorong komentar dan suka (like) pada video
  • Gunakan jumlah tag yang tepat agar kamu tidak bingung dengan algoritma Youtube
  • Bagaimana menggunakan desain thumbnail untuk meningkatkan CTR
  • Cara membuat orang menonton lebih banyak koleksi video kamu
  • Dan masih banyak lagi

Memang terdengar sangat rumit, tapi yakinlah bahwa Youtube SEO sangat sepadan untuk dipelajari dan dikuasai. Untuk membantu kamu lebih memahaminya , kamu bisa menggunakan tools VidIq atau ektensi Google Chrome untuk SEO yang lebih baik.

Sumber : vloggerpro.com

Baca Selanjutnya…

6 Tips Jago Membuat Desain Dark Mode

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Open chat
Tanya Sekarang Aja 🤩
Hi ini Windy, dari Techforid🤩

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techforid
Seperti :

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor di atas atau beritahukan Windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu [Klik Open Chat]