AI & Data Science

“Chip TPU v4” untuk Bantu Industri AI

Written by Techfor Id

Google Rilis Chip TPU v4 Untuk Bantu Industri AI

Di acara Google I/O, CEO Google, Sundar Pichai membahas tentang produk terbaru mereka yaitu Tensor Processing Unit (TPU) v4.

Berita ini sempat ditunggu-tunggu banyak orang karena katanya versi ini mampu bekerja 2 kali lipat dari versi sebelumnya v3.

TPU v4 meeningkatkan performa Hardware TPU dengan kekuatan proses yang lebih baru dan menjanjikan kecepatan pelatihan Machine Learning (Pembelajaran Mesin) di platform Google Cloud.

Foto : Google I/O 2021

Daya komputasi dari TPU v4 mengartikan kalau satu pod TPU chip v4 bisa memberikan lebih dari 1 Exaflop kinerja Floating Point.

Metrik kinerja didasarkan pada format titik mengambang khusus Google yang disebut “Brain Floating Point Format” atau singkatnya bfloat16.

Infrastrukturnya sudah tersedia untuk pelanggan Google Cloud di akhir tahun 2021. CEO Sundar Pichai mengklaim kalau sistemnya ini merupakan yang tercepat saat ini.

Selain Cepat, Sundar percaya kalau  produknya ini bisa beroperasi pada atau mendekati 90% penggunaan energi yang bebas karbon. Artinya TPU v4 akan aman dan ramah digunakan meski dalam jumlah banyak di pusat data Google.

Tensor Processing Unit (TPU). Foto Wikipedia

TPU itu sendiri adalah application-specific integrated circuits (ASIC) yang dikembangkan khusus oleh Google yang digunakan untuk mempercepat beban kerja Machine Learning.

Developer nantinya dapat menggunakan Google Cloud TPUs dan library software machine learning sumber terbuka TensorFlow dari Google untuk menjalankan beban kerja ML mereka.

TensorFlow dikembangkan dan dirilis pertama kali oleh Google pada tahun 2015.

Google Cloud TPU dirancang untuk membantu peneliti, developer, dan bisnis membuat cluster komputasi TensorFlow yang dapat menggunakan CPU, GPU, dan TPU sesuai kebutuhan.

TensorFlow API memungkinkan pengguna menjalankan model yang direplikasi pada hardware Cloud TPU, sedangkan aplikasi TensorFlow dapat mengakses node TPU dari container, instance, atau layanan di Google Cloud.

Banyak analis AI yang menanggapi positif kabar rilisnya TPU v4 ini dikarenakan permintaan pelatihan Machine Learning yang terus meningkat.

Dengan perkembangan ini, Google terus membangun keunggulannya pada komputasi AI melalui AWS dan Microsoft Azure.

Produk TPU v4 dipercaya sebagai arsitektur chip pertama yang mampu mencapa kineraja Exaflops dimana industry AI sangat membutuhkan kecepatan ini.

Google Rilis Chip TPU v4 Untuk Bantu Industri AI.

Baca Artikel Berikutnya,

Kendaraan Listrik (EV) untuk Transportasi Antar-Jemput

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Open chat
Tanya Sekarang Aja 🤩
Hi ini Windy, dari Techforid🤩

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techforid
Seperti :

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor di atas atau beritahukan Windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu [Klik Open Chat]