cryptocurrency

Daftar Lima Tindak Kejahatan Kripto Terbesar Sepanjang Sejarah

Daftar Lima Tindak Kejahatan Kripto Terbesar Sepanjang Sejarah
Written by Techfor Id

TechforID – Tindak kejahatan kripto biasanya meliputi tindakan peretasan (Hacking) perusahaan besar terkait kripto atau penipuan berbasis skema Ponzi yang melibatkan banyak orang.

Tindakan kejahatan mereka juga biasanya menawarkan iming-iming cepat kaya dalam waktu singkat untuk menarik banyak minat investor dari seluruh dunia.

Dalam skala kerugiannya pun, tindakan kejahatan kripto bisa mencapai level jutaan hingga miliaran dollar.

Dibawah ini merupakan daftar lima tindak kejahatan kripto terbesar sepanjang sejarah yang menarik untuk di simak.

1. Billionaire Bros

Billionaire Bros sebenarnya hanya sebutan untuk sepasang saudara pemilik perusahaan Africrypt yang melarikan diri dari Afrika Selatan pada bulan April lalu.

Sang kakak Raess Cajee (21 tahun), dan adiknya Ameer (18 tahun) membawa kabur dana investor dengan pura-pura mengatakan kalau perusahaannya diretas dan dana kripto di dalamnya di curi.

Keduanya telah dituduh melakukan salah satu perampokan Bitcoin terbesar dalam sejarah, membawa kabur uang senilai $4,6 miliar dollar dari bisnis kripto mereka.

Dalam sebuah wawancara dengan Wall Street Journal dari lokasi rahasia, Raees dengan tegas membantah melakukan tindak kejahatan kripto dan mengatakan mereka terpaksa melarikan diri karena diancam akan dibunuh oleh sindikat kejahatan dunia.

2. The Cryptoqueen

The Cryptoqueen merupakan julukan untuk Dr.Ruja Ignatova atas tindak kejahatan kripto dengan membawa kabur asset pelangganya senilai $4 millar dollar lewat skema ponzi.

Caranya, Dr Ruja Ignatova membujuk jutaan orang untuk membeli mata uang kripto barunya bernama OneCoin yang ia gadang-gadang sendiri sebagai Bitcoin Killer pada tahun 2014 lalu.

Dirinya juga sempat membual kalau OneCoin bersifat lebih cepat, murah, dan aman ketimbang jenis kripto lainnya. Padahal yang sebenarnya OneCoin di bangun dengan jaringan Blockchain yang buruk.

3. Lazarous Group

Lazarous Group konon katanya merupakan Unit peretasan khusus yang dibentuk dan di danai langsung oleh Presiden Korea Utara, Kim Jong Un.

Korea Utara diduga telah melakukan peretasan kripto senilai sekitar $2 miliar ($A 2,8 miliar) saat mengambil koin untuk menopang negara gagal Kim Jong-un.

Dalam aksinya, Lazarous Group diyakini berhasil merampok Bitcoin, Ethereum, dan jenis kripto lainnya senilai lebih $275 juta dollar.

Kabarnya, hasil curian ini dimanfaatkan oleh Kim Jong Un agar bisa tetap mengembangkan persenjataan nuklir di Korea Utara.

4. Poly Network

Poly Network merupakan perusahaan yang menjadi korban dari tindak kejahatan kripto melalui peretasan yang dilakukan seseorang.

Lucunya, sang peretas mengaku membobol sistem Poly Network karena alesan iseng-iseng semata, namun kabarnya ia membuat Poly Network kehilangan $600 juta dollar.

Terlepas dari tindak kejahatan kripto ini, sang hacker mau berbaik hati mengembalikan semua hasil curiannya dan secara koperatif membangun komunikasi dengan pihak perusahaan.

5. PlusToken

PlusToken merupakan token kripto yang dijadikan alat penipuan berdasarkan skema Ponzhi yang dilakukan organisasi gangster di China. Total kerugian dari tindak kejahatan kripto ini menelan kerugian hingga $2,2 miliar dollar.

Platform tidak memiliki fungsi sebenarnya sama sekali – dan uang pengguna hanya digunakan untuk membuat diri mereka kaya.

Mengutip dari Bloomberg, sang Pemimpin geng dilaporkan menjual beberapa crypto untuk membeli sendiri mobil dan properti mewah.

Pihak berwenang China dilaporkan berhasil memulihkan sekitar 200.000 Bitcoin dan lebih dari 800.000 Ethereum.

Baca Artikel Selanjutnya :

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu