Dunia SEO merupakan dunia yang kompleks dan selalu berubah, tetapi kamu dapat dengan mudah memahami dasar-dasarnya, dan bahkan perubahan kecil yang kamu lakukan pada SEO tidak menutup kemungkinan bisa memberikan dampak yang besar. Dan banyak pula tersedianya panduan maupun tutorial yang dibagikan secara gratis di Internet membuatnya mudah dipelajari.
Pada pembahasan ini kamu akan belajar apa itu SEO dan pentingnya untuk website kamu.
Apa itu SEO ?
SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau proses optimasi mesin pencari. SEO adalah praktik untuk meningkatkan baik itu kualitas maupun kuantitas traffic (pengunjung) website secara gratis (organik) pada hasil pencarian seperti Google, Bing, dan Yahoo.
SEO membahas lebih dalam apa yang orang-orang cari di Internet, jawaban yang mereka cari, keyword yang mereka gunakan, juga jenis konten yang mereka harapkan. Mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seperti ini akan memungkinkan kamu terhubung dengan orang-orang yang mencari informasi secara online dengan website yang kamu kelola.
Jika mengetahui maksud dari target audiens kamu adalah satu sisi dari koin SEO, maka menyampaikannya dengan cara yang dapat ditemukan dan dipahami oleh crawler (Bot yang menelusuri suatu website) mesin pencari adalah sisi koin yang satunya lagi. Didalam artikel ini, kita akan bahas keduanya.
Dasar Search Engine
Search Engine atau Mesin pencari adalah mesin penjawab. Mereka menjelajahi jutaan konten dan mengevaluasi ribuan faktor yang ada di Internet untuk menentukan konten mana yang paling akurat dalam menjawab pertanyaan penggunanya.
Mesin pencari melakukan hal tersebut dengan cara menemukan dan membuat katalog semua konten yang tersedia di Internet (halaman web, PDF, gambar, video, dan lain-lain.) melalui proses yang dikenal sebagai “Crawling dan Indexing,” dan kemudian mencocokan konten tersebut dengan Query atau kata kunci yang pengguna gunakan lalu disajikan dalam format “Ranking” hasil pencarian (SERP).
Pentingnya SEO untuk Website
Meskipun dengan metode periklanan seperti Adword atau PPC dapat menarik traffic banyak menuju website dan tampil dihalaman teratas berdasarkan keyword yang dituju, namun membutuhkan biaya yang tidak sedikit dalam prosesnya. Jika kamu menggunakan metode periklanan PPC (Pay Per Click), maka kamu akan dikenakan biaya setiap kali ada orang yang mengunjungi website kamu.
Sedangkan untuk hasil pencarian organik yang dilandasi SEO mencakup lebih banyak manfaat dan tampak lebih kredibel bagi pencari yang berpengalaman. Bahkan menurut riset, Website yang tampil di halaman teratas secara organik mampu menarik traffic yang jauh lebih banyak ketimbang website yang menggunakan iklan berbayar.
Menurut Studi kasus yang dilakukan Nutshell, SEO mampu menarik traffic hingga 20x lebih besar dibandingkan PPC baik pada hasil pencarian versi desktop maupun mobile.
SEO juga merupakan kanal marketing yang apabila dilakukan dengan tepat dapat memberikan keuntungan berlipat ganda ke website atau bisnismu. Apalagi jika website kamu bergerak di bidang e-commerce atau toko online. Tentunya dengan SEO yang baik, jumlah customer potensial pun akan meningkat dan mendorong lebih banyak profit.
Mengoptimalkan SEO website dapat membantu memberikan informasi yang lebih akurat baik ke mesin pencari maupun ke pada penggunanya sehingga suatu konten dapat diindeks dan ditampilkan dengan benar dalam hasil pencarian.
White Hat vs Black Hat SEO
Dalam dunia SEO, terdapat 2 jenis praktik SEO yaitu White hat SEO mengacu pada teknik, praktik, dan strategi SEO yang mematuhi aturan mesin pencari, fokus utamanya untuk memberikan nilai lebih kepada orang lain.
Dan Black hat SEO mengacu pada teknik dan strategi SEO dengan landasan untuk spam atau menipu mesin pencari. Meskipun dikenal ampuh, tehnik Black hat SEO bisa menyebabkan suatu website terkena pinalty atau bahkan tidak terindeks (blacklist) oleh Search engine Google.
Praktik Black Hat SEO antara lain :
- Hidden Door
- Doorway Pages
- Hidden Text
- Keyword Stuffing
- Farm Link
- Link Exchange
Dan masih banyak lagi. Mohon diperhatikan cara kamu mengoptimalkan SEO pada website, Black hat SEO memang dikenal jitu, namun sangat beresiko terutama jika kamu bergerak di bisnis e-commerce. Tidak terindeks oleh google sama saja dengan bangkrut.
Panduan Webmaster Google
Berikut ini adalah atura cara meningkatkan SEO sesuai dengan apa yang dikemukakan Webmaster google :
Prinsip Dasar :
- Buatlah Halaman atau Pages untuk User (Pengguna), bukan Search Engine
- Jangan menipu atau membodohi pengunjung kamu
- Hindari cara-cara curang untuk meningkatkan ranking website secara instan
- Buat tampilan maupun isi website terlihat unik, menarik, dan patut dibagikan
Larangan :
- Konten yang dihasilkan secara otomatis (Automatically Generated Content)
- Berpartisipasi dalam kecurangan Link
- Membuat Page atau konten yang tidak original (Hasil Copy Paste)
- Cloacking – Memberikan halaman yang berbeda antara Visitor dan Crawler Search Engine
- Menyisipkan Text atau Link tersembunyi
- Doorway Page – Halaman yang dibuat agar mendapatkan ranking yang bagus untuk jenis pencarian spesifik dan mengarahkan traffic ke suatu website
Untuk lebih jelasnya anda bisa mengunjungi Guideliness Google.
Cara Mengoptimasi SEO Website
Dalam Optimasi SEO ada 2 cara yang bisa kamu lakukan yaitu On-Page SEO dan Off-Page SEO. Keduanya sama-sama penting jika kamu ingin website tampil di halaman teratas Google.
On-Page SEO
On-page SEO adalah adalah praktik mengoptimalkan halaman atau isi konten yang ada pada website. On-page SEO lebih fokus pada proses optimasi elemen-elemen yang ada pada website kamu seperti artikel, landing pages web, dan headline.
Berikut ini adalah contoh Elemen-elemen dalam On-Page SEO :
1. Meta Tags
Meta Tags digunakan untuk menyediakan informasi agar lebih mudah ditemukan oleh search engine. Meta tags meliputi 3 hal yakni Title tags, Meta Description, dan Keyphrase.
2. Optimasi Gambar
Gambar dengan kualitas tinggi akan menyebabkan loading speed menjadi lambat, maka ada baiknya kamu mengatur terlebih dahulu gambar yang ada agar website menjadi lebih cepat. Kamu bisa menggunakan Tools Compressnow untuk mengoptimalkan gambar .
Apabila kamu menambahkan gambar pada website, jangan lupa untuk mengoptimasi tag pada gambarnya. Hal ini juga dapat meningkatkan SEO hasil pencarian berdasarkan gambar.
3. Gunakan Fitur Caching
Setiap kali pengunjung mengunjungi suatu website, semua elemen yang ada pada website akan dimuat pada device si pengunjung. Elemen tersebut disimpan dalam temporary storage atau tempat penyimpanan sementara yang ada pada browser yang disebut cache.
Fitur Caching bisa mengurangi Loading time website pada saat seorang pengunjung mengunjungi website kamu untuk yang kedua kali. Sebab mereka tidak perlu mengambil data dari server pusat yang cenderung memakan waktu yang lebih lama melainkan dari Proxy Server si pengguna.
4. Manfaatkan Keunggulan CDN
Content Delivery Network (CDN) adalah sebuah sistem jaringan server untuk mendistribusikan konten yang ada dalam sebuah aplikasi atau web ke berbagai pengguna berdasarkan lokasi geografis mereka
5. Internal Link
Internal link membantu mesin pencari memahami konteks dan hubungan antara halaman di website. Google mengutamakan website yang kontennya saling berhubungan dan Anda bisa menunjukkan hubungan antar konten itu melalui internal link.
Off-Page SEO
Berbeda dengan on-page SEO, off-page SEO mengacu pada aktivitas optimalisasi website yang dapat anda lakukan di luar elemen website. Off-page SEO meliputi :
- Link Building
- Social Media Marketing & Brand Awareness
1. Link Building
Link building adalah kegiatan membangun link antara satu website dengan website lain. Link building dikenal populer sebagai faktor penting yang dapat meningkatkan Ranking SERP kalau dilakukan dengan tepat.
Dalam membangun link dengan website lain, kamu perlu memperhatikan faktor berikut :
- Domain Authority
- Penempatan Link (Anchor Text)
- User Engagement
- Internal Links
- Kualitas Host Page
- Spam Score / Spam Signals
- Author Rank
- Follow vs Nofollow
Misalnya, jika seseorang menyukai artikel yang kamu buat dan ingin membangun backlink pada artikel tersebut. Hal ini mengindikasikan kepada google bahwa artikel kamu berisi informasi yang bagus.
Banyak webmaster yang terus mengembangkan link yang mereka bangun. Berikut ini adalah beberapa cara yang mungkin bisa anda tiru dalam langkah Off pages SEO kamu :
- Blog directories – Berisi daftar-daftar entry dengan link yang menuju ke website tertentu
- Forum Signature – Banyak orang yang berkomentar di forum-forum tertentu dengan tujuan mendapatkan backlink menuju web mereka.
- Comment Link – Konsep yang sama seperti Forum signature di mana Anda akan memuat komentar pada blog atau artikel di website tertentu dengan tujuan mendapatkan backlink yang menuju ke websitemu.
- Article Directories – Dengan menerbitkan artikel kamu di article directories, kamu bisa mendapatkan 1 atau 2 backlink ke website.
- Shared Content Directories – Situs web seperti HubPages memungkinkan kamu untuk mempublikasikan konten dan sebagai gantinya, kamu dapat menambahkan beberapa link yang merujuk ke website kamu.
- Link Exchange – Aktivitas tukar menukar link antara seorang pemilik website dengan pemilik website lain sesuai kesepakatan. Namun Link Exchange amat beresiko (Berjenis Black Hat SEO) karena bisa membuat website kamu terkena pinalti oleh google.
Sumber : moz.com
[…] Foto: TechForID […]
[…] Foto: TechForID […]