Programming

Demi Laporan Data Lebih Informatif, Google Rilis 2 Fitur Baru

Kabar gembira untuk pelaku SEO karena kabarnya, Google Search Console akan mendapatkan 2 fitur baru yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi analisis data dalam laporan performa situs web.

Pemilik situs web sekarang bisa menggunakan Search Console untuk memfilter data dengan fitur filter Regular Expression (Regex),

dan menggunakan mode perbandingan baru Revamped Comparison Mode yang mendukung lebih dari satu metrik

Baca Juga : Microsoft Umumkan Program Beta Untuk Jenis Iklan Otomotif

Apa saja fungsi lebih lanjut tentang keduanya ? simak penjelasan berikut

1. Fitur Filter Regular Expression (Regex)

Laporan Search Console sekarang mendukung fungsi regex, yang mana akan membantu pemilik situs web membuat kueri yang lebih kompleks dan filter berbasis halaman.

Di versi sebelumnya, Google Search Console tidak mendukung kasus filter yang kompleks seperti kueri yang berisi salah satu dari beberapa string opsional.

Pada versi sebelumnya ini hanya memungkinkan pemilik situs untuk memfilter kueri dan URL halaman menurut tiga pola :

  • berisi string
  • tidak berisi string
  • dan sama persis dengan string.

Untuk menggunakan filter regex baru, mulailah dengan membuat kueri atau filter halaman, lalu pilih menu drop-down dan pilih Kustom.

Pembaruan pada halaman bantuan laporan kinerja Search Console mencatat hal-hal berikut tentang penggunaan filter regex :

  • Secara default, Search Console menggunakan pencocokan parsial, yang berarti ekspresi reguler dapat cocok di mana saja dalam string target kecuali jika berisi karakter ^ atau $ yang masing-masing membutuhkan pencocokan dari awal atau akhir string.
  • Laporan default ke pencocokan peka huruf besar / kecil. Pemilik situs dapat menentukan “(? I)” di awal string ekspresi reguler untuk pencocokan tidak peka huruf besar / kecil. Contoh: (? I) https
  • Sintaks ekspresi reguler yang tidak valid tidak akan mengembalikan kecocokan.

Terakhir, kueri dan halaman catatan Google mungkin tidak tersedia sewaktu-waktu untuk melindungi privasi pengguna atau karena keterbatasan penyimpanan.

Dalam kasus tersebut, Google akan menampilkan pengingat ketika filter yang relevan diterapkan pada kueri atau halaman.

2. Revamped Comparison Mode

Biasanya, Pemilik situs web menggunakan mode perbandingan di Search Console untuk menjawab pertanyaan berbasis perbandingan.

Hingga saat ini, tabel disana tidak akan berisi kolom perbandingan dengan perbedaan relatif dalam persentase jika lebih dari satu metrik yang dipilih.

Baca Artikel Berikutnya,

Sedangkan untuk versi barunya Revamped Comparison Mode sekarang mendukung kasus di mana lebih dari satu metrik dipilih.

Peningkatan pada antarmuka hampir menggandakan area yang tersedia untuk tabel data, membuatnya lebih mudah untuk melihat hasil secara berdampingan.

Mode ini juga mendukung filter berbasis Regular Expression (Regex) untuk kueri tertentu dan untuk halaman situs web juga.

Tapi, Meskipun mode perbandingan sekarang memungkinkan lebih dari satu metrik untuk dibandingkan, hanya satu filter dalam satu waktu yang dapat diterapkan ke metrik tersebut. Menambahkan filter perbandingan baru akan menggantikan perbandingan yang ada.

Terlepas dari itu semua, Pembaruan Search Console ini sudah tersedia saat ini. Semua pemilik situs web sekarang bisa mencobanya langsung dari akun Search Console mereka masing-masing.

Sumber : developers.google.com

Baca Artikel Berikutnya,

Liverpool Jadi Kota Pemimpin Global Dalam Riset Pengembangan Drone!

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Open chat
Tanya Sekarang Aja 🤩
Hi ini Windy, dari Techforid🤩

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techforid
Seperti :

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor di atas atau beritahukan Windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu [Klik Open Chat]