Apa itu Iklan Otomotif ?
Iklan Otomotif (Automotive Ads) adalah iklan produk berbasis feed yang dikhususkan untuk industry otomotif. Tampilannya akan sangat mirip dengan Shopping Ads seperti yang ada pada Hasil pencarian Google.
Nantinya iklan ini akan dikirim untuk kueri yang cocok dengan Feed, misal seperti penelitian jenis kendaraan, atau niat membelinya.
Namun beda dengan Shopping Ads dimana produknya harus diupload melalui Google Merchant Centre, untuk iklan Otomotif Microsoft Bing bisa diupload langsung ke akun Microsoft Ads milik si pengiklan.
Baca Juga : Langkah Kerjasama Toyota Mengekslorasi Teknologi Blockchain!
Bagaimana Iklan Otomotif ditayangankan ?
Saat ini, SERP Bing menayangkan iklan otomotif dibagian kanan hasil pencarian dan juga dihalaman hasil pencarian gambar.
Rencananya Microsoft nanti akan menampilkan iklan ini tepat dihasil pencarian utama (tepat dibagian bawah kolom pencarian).
Sayangnya Iklan Otomotif ini baru ditayangkan di desktop saja, tapi Microsoft janji akan segera merilis versi mobilenya.
Berikut adalah contoh tampilannya pada versi desktop :
Tampilan iklan otomotif pada hasil pencarian utama (dibagian bilah kanan)
Tampilan iklan otomotif pada hasil pencarian gambar
Hasil uji Beta Test Microsoft dengan merek otomotif yang mengiklankan inventaris otomotif baru, dan pihak ketiga yang menampilkan inventaris otomotif bekas mereka.
Menunjukan peningkatan klik sebesar 6-15% dan tambahan konversi antara 3-8%.
Sebagai contoh, untuk merek otomotif dengan inventaris baru yaitu perusahaan Original Equipment Manufacturers (OEMs) mendapatkan iklan CPC yang 7-16% lebih murah ketimbang kampanye pencarian bertarget non-merek.
Baca Artikel Lainnya :
- Sensor Ultrathin, Bisa Menyelamatkan Paru-Paru Manusia dan Iklim di Bumi?
- Bagaimana Pandemi covid-19 Mendorong Inovasi Baru di Berbagai Sektor Industri?
- Aplikasi Ini Berhasil Ungkap Data yang Google Sembunyikan Platform Baru iOS
Sedangkan untuk pihak ketiga yang memposting inventaris bekas mereka, mengalami penurunan biaya CPC sebesar 28-40%.
Bagaimana Cara Pasang Iklan Otomotif di Microsoft Bing ?
Sayangnya karena program beta ini baru berlaku untuk Negara AS dan Inggris saja, untuk negara lainnya mungkin harus menggunakan VPN atau menunggu sampai sudah tersedia.
Tapi jika termasuk syarat diatas, Cara cepatnya yaitu dengan masuk ke program beta mereka yang saat ini sedang berlangsung melalui form yang mereka sajikan di link berikut :
Setelah memiliki akses, langkah pertama adalah memberikan Feeds (umpan informasi produk inventaris).melalui opsi “Tools” > “Business Data” dalam akun Microsoft Ads.
Sebagai bonus, karena Microsoft menyadari bahwa banyak organisasi di bidang otomotif bergantung pada API (Application Programming Interface) untuk mengelola data inventaris, ada API yang siap digunakan untuk membantu menyederhanakan manajemen Feed atau umpan.
Selain attribute pada gambar diatas (Contoh Vehicle ID, Make, Model, dst), pengiklan juga bisa memberikan informasi tambahan seperti :
- Body Style (Model Bodi mobil)
- Engine (Mesin Mobil)
- Drivetrain (tipe medan spesialis mobil, mis aspal, atau offroad)
- Transmission (Transmisi Pindah Gigi Manual / Auto)
- Fuel Type (jenis bahan bakar yang digunakan)
- Interior Color (warna bagian dalam mobil)
- Exterior Color (warna bagian luar mobil)
Saat mengunggah foto, pastikan bahwa gambar mobil atau kendaraan lainnya terlihat jelas dan jernih.
Baik bagian dalam maupun luarnya, serta pastikan deskripsi kendaraan tersebut memang 100% melambangkan keadaan aslinya.
Sumber : www.searchenginejournal.com
[…] Baca Juga : Microsoft Umumkan Program Beta Untuk Jenis Iklan Otomotif […]
[…] Microsoft Umumkan Program Beta Untuk Jenis Iklan Otomotif […]
[…] Microsoft Umumkan Program Beta Untuk Jenis Iklan Otomotif […]