cryptocurrency

Kenali Lima Aset Cryptocurrency Selain Bitcoin

Written by Techfor Id

TechforID – Bitcoin secara de facto telah menjadi standar untuk cryptocurrency. Lantaran menginspirasi bermunculannya koin-koin baru.

Untuk informasi, cryptocurrency didefinisikan sebagai uang virtual atau digital yang berbentuk token atau koin. Umumnya dirancang bebas dari manipulasi dan kontrol pemerintah.

Cryptocurrency yang dibuat setelah Bitcoin secara kolektif disebut altcoin atau alternative coin, dan dalam beberapa kasus sering disebut shitcoin.

Semakin banyak altcoin yang bermunculan meniru Bitcoin atau memodifikasinya. Namun, tingkat keamanannya belum terlihat dari altcoin.

Berikut TechforID rangkumkan dari Investopedia lima aset kripto penting selain Bitcoin:

1. Ethereum (ETH)

Alternatif Bitcoin pertama yakni Ethereum (ETH), platform perangkat lunak terdesentralisasi yang memungkinkan kontrak pintar dan aplikasi terdesentralisasi (dApps) dibangun dan dijalankan tanpa downtime, penipuan, kontrol, atau gangguan dari pihak ketiga.

Aplikasi Ethereum dijalankan menggunakan blockchain miliknya sendiri. Pada tahun 2014, meluncurkan presale untuk Ether, yang menerima respons luar biasa.

Pada Desember 2020, Ethereum mentransisikan algoritma konsensusnya dari proof of work (PoW) ke proof of stake (PoS).

Langkah ini dimaksudkan untuk memungkinkan jaringan Ethereum berjalan sendiri dengan energi yang jauh lebih sedikit dan kecepatan transaksi yang lebih baik.

2. Litecoin (LTC)

Litecoin (LTC) yang diluncurkan pada 2011 merupakan salah satu cryptocurrency pertama yang mengikuti jejak Bitcoin.

Koin ini sering disebut sebagai perak untuk emas Bitcoin. LTC dibuat oleh Charlie Lee, lulusan MIT dan mantan Google insinyur.

Pada Januari 2022, Litecoin memiliki kapitalisasi pasar sebesar USD 9 miliar dan nilai per token sekitar USD 130, menjadikannya cryptocurrency terbesar ke-22 di dunia.

3. Cardano (ADA)

Cardano (ADA) merupakancryptocurrency yang dibuat dengan pendekatan berbasis penelitian oleh para insinyur, matematikawan, dan pakar kriptografi.

Proyek ini didirikan bersama oleh Charles Hoskinson, salah satu dari lima pendiri awal anggota Ethereum.

Baca juga: Paypal Luncurkan Stablecoin Mata Uang Kripto

Setelah memiliki beberapa ketidaksepakatan dengan arah yang diambil Ethereum, dia pergi dan kemudian membantu menciptakan Cardano.

Pada Januari 2022, Cardano memiliki kapitalisasi pasar terbesar ketujuh dengan USD 37 miliar, dan satu ADA diperdagangkan sekitar USD 1,15.

4. Polkadot (DOT)

Polkadot (DOT) adalah cryptocurrency unik yang ditujukan untuk memberikan interoperabilitas di antara blockchain lainnya.

Komponen inti Polkadot adalah rantai memungkinkan interoperabilitas berbagai jaringan

Polkadot dibuat oleh Gavin Wood, salah satu anggota lain dari pendiri inti proyek Ethereum yang memiliki pendapat berbeda tentang masa depan proyek.

Pada Januari 2022, Polkadot memiliki kapitalisasi pasar sekitar US$26 miliar, dan satu DOT diperdagangkan seharga USD 24,50.

5. Bitcoin Cash (BCH)

Bitcoin Cash (BCH) memegang tempat penting dalam sejarah altcoin karena ini adalah salah satu bagian paling awal dan paling sukses dari Bitcoin asli.

BCH memulai hidupnya pada Agustus 2017 sebagai akibat dari salah satu perpecahan.

Perdebatan itu mengarah pada pembentukan BCH berkaitan dengan masalah skalabilitas, jaringan Bitcoin memiliki batasan ukuran blok sebesar satu megabyte (MB). Kemudian, BCH meningkatkan ukuran blok dari satu MB menjadi delapan MB.

Pada Desember 2021, BCH memiliki kapitalisasi pasar sekitar USD 7 miliar dan nilai per token USD 372,19.

Baca artikel selanjutnya:

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu