AI & Data Science

Mahasiswa Singapura Bikin Robot Mini Bertenaga Medan Magnet

Written by Techfor Id
Robot berukuran milimeter yang bisa dikendalikan menggunakan medan magnet Foto : NTU Singapura

Sebuah tim peneliti Universitas Nanyang Technology (NTU) asal Singapura berhasil ciptakan robot mini berukuran millimeter yang bergerak menggunakan tenaga medan magnet (Magnetic Field).

Robot mini tersebut diciptakan dengan menanamkan mikropartikel magnetik ke dalam polimer biokompatibel.

Kemudian robot deprogram untuk menjalankan fungsi yang diinginkan ketika medan magnet di aktfikan.

Robot-robot ini diklaim dapat meningkatkan robot skala kecil yang ada dengan mengoptimalkan kemampuannya untuk bergerak dalam enam derajat kebebasan (Degree Of Freedom).

Kalau dibandingkan dengan para peneliti sebelumnya, robot miniatur ini bisa berputar 43 kali lebih cepat dengan orientasi dikontrol dengan tepat.

Foto : NTU Singapore (Youtube)

Karena dibuat juga dengan bahan lunak, ia bisa bergerak secara efisien bahkan bisa berenang layaknya ubur-ubur.

Meski lunak, ia memiliki kemampuan cengkraman yang bisa dengan tepat memilih serta menempatkan benda-benda berukuran kecil.

Pergerakan robot bisa dikendalikan dari jarak jauh oleh si operator menggunakan program yang berjalan pada komputer kontrol yang secara tepat mengubah kekuatan dan arah medan magnet yang dihasilkan oleh kumparan elektromagnetik.

Robot mini dapat digunakan untuk menjangkau ruang terbatas dan tertutup yang saat ini tidak dapat diakses oleh robot yang ada, kata tim NTU, menjadikannya sangat berguna di bidang kedokteran.

Robot mini juga dapat menginspirasi prosedur bedah baru untuk organ seperti otak, tetapi tim NTU mengingatkan bahwa lebih banyak pekerjaan dan pengujian perlu diselesaikan sebelum robot mini pada akhirnya dapat digunakan dalam aplikasi medis yang ditargetkan.

Rekan penulis penelitian, mahasiswa PhD Xu Changyu dan Yang Zilin dari School of Mechanical and Aerospace Engineering percaya bahwa robot juga dapat bermanfaat dalam aplikasi biomedis seperti merakit perangkat lab-on-chip yang dapat digunakan untuk diagnostik klinis dengan mengintegrasikan beberapa proses laboratorium pada satu chip.

Tim NTU sekarang mencari untuk membuat robot mereka pada skala beberapa ratus mikrometer, dan pada akhirnya membuat robot yang sepenuhnya otonom atau bergerak sendiri.

Baca Artikel Berikutnya, Router IOT Mutakhir Level Industri

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu