AI & Data Science

Museum di Singapura Kembangkan Chatbot Berbasis AI Sebagai Pemandu di Situs Webnya

Museum di Singapura Kembangkan Chatbot Berbasis AI Sebagai Pemandu di Situs Webnya
Written by Techfor Id

TechforID – Museum Peradaban Asia (The Asian Civilisations Museum) punya cara inovatif dalam memandu para pengunjung di situs webnya www.nhb.gov.sg, yakni dengan menghadirkan Chatbot berbasis AI.

Chatbot bernama Allie ini berperan sebagai asisten digital yang mengarahkan pengunjung situs web museum melalui replika galeri virtual museum tersebut.

Allie dan galeri digital adalah salah satu dari dua proyek yang diluncurkan bersama oleh National Heritage Board (NHB) dan Otoritas Pengembangan Media Infokom (IMDA) pada  22 November.

Proyek ini merupakan kolaborasi antara pihak museum dengan pengembang solusi AI Taiger, dan perusahaan data spasial Matterport3D.

Chatbot Allie – Pemandu Virtual Museum Berbasis AI

Para pengunjung bisa menikmati kecanggihan chatbot AI tersebut secara gratis hanya dengan mengunjungi situs resmi web museum.

Begitu masuk, mereka dapat mengakses layanan Allie, yang mencakup opsi untuk dipandu melalui galeri.

Meskipun dipandu, disini para pengunjung bisa dengan bebas menjelajahi galeri yang mereka suka dan berpindah dari satu pameran ke pameran galeri lain yang ada diposisi atau lokasi yang sama.

Beberapa artefak di pameran galeri juga memiliki ikon lingkaran putih di sebelahnya yang, ketika diklik, akan mengaktifkan kotak teks pop-up yang berisi informasi lebih rinci tentang artefak tersebut.

Selain itu, para pengunjung situs web juga bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar pameran galeri.

Misalnya seperti “Benda tertua di museum”, yang mana secara otomatis Allie akan menjawab atau menampilkan bendanya.

Proyek museum lainnya yaitu terkait fitur pengenalan wajah dan sistem analisis data yang bisa melacak pengunjung fisik melalui kamera.

Dikembangkan oleh perusahaan teknologi Trakomatic, tetapi saat ini sedang dalam tahap uji coba di museum.

Meskipun data yang dikumpulkan tidak memiliki nama tamu atau informasi pribadi lainnya, pengunjung juga dapat mendaftarkan profil mereka ke sistem untuk menerima rekomendasi pameran yang dipersonalisasi yang mungkin mereka minati.

Personalisasi nni didasarkan pada data yang dianalisis oleh sistem, seperti waktu yang dihabiskan oleh tamu di pameran selama kunjungan sebelumnya.

.

Baca Artikel Selanjutnya :

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu