Renewable Energy

Pabrik Iphone, Foxconn Rilis Tiga Kendaraan Listrik Sekaligus

Written by Techfor Id

Foxconn mulai merambah pasar otomotif dengan menghadirkan tiga prototipe kendaraan listrik berjenis SUV, sedan, dan bus. Dirancang oleh Foxconn serta perusahaan patungan antara Foxconn dan pembuat mobil Taiwan, Yulon Motor Co Ltd.

Untuk informasi, Foxconn merupakan perusahaan teknologi asal Taiwan yang memproduksi smartphone untuk Apple, yakni iPhone.

Masing-masing kendaraan listrik yang masih dalam bentuk prototipe ini bernama Model C (SUV), Model E (sedan), dan terakhir Model T (bus listrik). Ketiganya disiapkan untuk dikirim ke sejumlah negara meliputi China, Amerika, Eropa dan sejumlah negara lain.

Sebelum diekspor ke luar negeri, tiga model kendaraan listrik milik Foxconn ini akan dijual di Taiwan terlebih dahulu. Model C bakal dipasarkan di bawah salah satu merek Yulon dan rencananya siap dijual pada tahun 2023.

Foxconn Model T. Foto: Foxconn

Sedangkan Model T yang merupakan bus listrik akan dijual terlebih dahulu di Taiwan. Rencananya, akan digunakan sebagai layanan transportasi lokal di Taiwan Selatan. Sementara itu, untuk model E belum ditentukan apakah akan dikirim ke luar negeri dalam beberapa tahun mendatang.

Baca juga: Saingi Kereta Shinkansen Jepang, Amerika Kembangkan Teknologi Hyperloop

Nah, untuk spesifikasinya, Foxconn mengklaim jika Model C mampu menempuh kecepatan dari 0 hingga 100 km per jam dalam waktu 3,8 detik. Masalah jarak, mobil ini dapat melaju hingga 700 km dalam sekali pengisian daya.

Sementara Model E yang merupakan jenis sedan diklaim Foxconn dapat melaju dari 0-100 km per jam dalam waktu 2,8 detik dengan jarak tempuh lebih jauh dari Model C, yakni mencapai 750 km dalam sekali charge baterai mobil.

Foxconn Model E. Foto: Foxconn

Lalu untuk Model T yang merupakan bus listrik memiliki jangkauan jarak mencapai 400 kilometer per satu kali pengisian daya. Selain itu, bus ini mampu menempuh kecepatan maksimal hingga 120 km per jam.

Wakil Ketua Foxconn, Tso Chi-sen mengatakan jika kendaraan listrik akan bernilai satu triliun dolar Taiwan bagi perusahaan dalam waktu lima tahun. Ini merupakan angka yang setara dengan US$35 miliar (Rp 492 triliun).

“Kami bukan lagi anak baru. Kami secara bertahap membangun rantai pasokan EV dan memamerkan perangkat keras EV kami,” ujar Foxconn dikutip dari website Foxconn.

Sebelumnya, Foxconn telah membeli pabrik bekas dari perusahaan startup Amerika Serikat, Lordstown yang digunakan untuk membuat mobil listrik.

Baca berita selanjutnya:

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu