AI & Data Science Renewable Energy

Pony.AI Uji Coba Kendaraan Otonom Pertama di Dunia

Written by Techfor Id

Pony.AI adalah perusahaan mobil otonom atau tanpa pengemudi yang bermarkas di Silicon Valley, Amerika Serikat.

Foto : Pony.ai. REUTERS/Yuyang Wang

Didirikan pada akhir 2016, Pony.ai menjadi pelopor dalam teknologi dan layanan mobilitas otonom di seluruh AS. dan China, mempelopori pilot Robotaxi yang menghadap publik di kedua pasar.

Perusahaan saat ini bernilai $ 5,3 miliar dan beberapa investor utamanya termasuk Toyota, Program Pensiun Guru Ontario, Sequoia Capital China, dan IDG Capital.

Dari Bussinesswire, pada 15 Juni 2021, kabarnya perusahaan tersebut sudah mulai pengujian kendaraan tanpa awaknya di jalanan umum di Fremont dan Milpitas California.

Uji Coba Pony.AI di jalanan Fremont California. Foto : Pony.AI

Di samping itu, kendaraan ini juga katanya di uji coba di lokasi lain yaitu Guangzhou, Cina. Berkat 2 uji coba ini, Pony.AI menjadi perusahaan pertama di dunia yang berhasil menguji coba kendaraan otonom di jalanan umum.

Baca Artikel Lainnya Tentang Cryptocurrency :

Sebelum di uji coba, kendaran ini sebelumnya sudah mengantongi izin dari Departemen Kendaraan Bermotor California. Selama uji coba, terdapat 6 armada mobil yang siap di uji untuk jarak sejauh 100 Km2.

Modul Persepsi yang dipakai oleh Pony.AI menggabungkan kekuatan pendekatan heuristik dan model pembelajaran mendalam (Deep Learning) untuk meningkatkan kinerja, sekaligus memastikan keamanan dan redundansi operasional kendaraan

Multi Sensor Pony.AI dalam scenario adanya pejalan kaki. Foto : Pony.AI (Youtube)
Multi Sensor Pony.AI dalam scenario hujan dan jalanan basah. Foto : Pony.AI (Youtube)
Multi Sensor Pony.AI dalam scenario adanya zona konstruksi. Foto : Pony.AI (Youtube)

Kemampuan kinerja lebih ditingkatkan dengan teknologi fusi multi-sensor, yang secara cerdas memanfaatkan data sensor yang andal tergantung pada skenario lingkungan atau mengemudi yang berbeda.

Proses ini dianggap sangat penting karena nantinya bakal di jadikan data untuk layanan Robotaxi di Amerika pada tahun 2022.

“100% bergerak otonom atau tanpa pengemudi adalah kunci untuk mencapai otonomi penuh dan katalis yang sangat diperlukan untuk mewujudkan visi ambisius kami, ”kata James Peng, CEO dan Pendiri Pony.ai.

Ketika kami terus tumbuh dan berkembang, kami memperluas tanggung jawab komunitas kami dari layanan pengiriman tanpa kontak selama pandemi di California tahun lalu untuk memerangi wabah COVID-19 baru di Guangzhou.” Tambahnya.

Mungkin tidak banyak yang tahu, namun Pony.AI sebelumnya sudah bergabung dengan kota Fremont selama lebih dari setahun untuk memerangi penyebaran virus COVID-19.

Kerja sama ini mereka terapkan dengan mengirim paket makanan ke kawasan yang rentan penyebaran virus.

Selain itu juga, perusahaan bermitra dengan Yamibuy di California Selatan untuk menghadirkan layanan pengiriman barang jarak jauh yang sepenuhnya otonom dan tanpa adanya kontak fisik.

Di Guangzhou,Cina, Pony.AI juga sudah meluncurkan 14 kendaraan otonom yang ditujukan untuk mengangkut peralatan medis selama 24 jam tanpa henti.

Baca Artikel Berikutnya, Mengenal Apa Itu Smart Contract dan Cara Kerjanya

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu