Renewable Energy

Rekomendasi Lima Mobil Listrik yang Tersedia di Pasar Indonesia

Written by Techfor Id

Mobil listrik sudah mulai dilirik masyarakat Indonesia lantaran lebih ramah lingkungan dan melepas ketergantungan pada bakar minyak sebagai energi utama. Kendaraan yang menggunakan daya listrik sebagai sumber daya utamanya ini telah menjadi gaya hidup baru masyarakat perkotaan.

Kini sudah banyak perusahaan otomotif yang memproduksi mobil, tak hanya di pasar luar negeri saja, di Indonesia sudah banyak yang menjualnya.

Berikut techforID rangkumkan dari berbagai sumber rekomendasi lima mobil listrik yang sudah tersedia di pasar Indonesia.

1. DFSK Gelora E

Lima Mobil Listrik yang Tersedia di Pasar Indonesia. Foto: dfskmotors

Jika kebanyakan mobil listrik memiliki desain mulai dari Sport Utility Vehicle (SUV) atau sedan, DFSK Gelora E hadir dengan tampilan yang berbeda.

DFSK Gelora E merupakan mobil listrik dengan desain minibus dan blind van. Selain sebagai transportasi umum, kendaraan ini dapat digunakan untuk bermacam bidang usaha.

DFSK Gelora E memiliki dimensi total 4500 x 1680 x 2000 mm, wheelbasenya 3050 mm dengan bobot total adalah 2135 kilogram untuk model E-MB dan 2600 untuk tipe E-BV. Model E-MB dilengkapi dengan 7 bangku penumpang, sedangkan yang tipe E-BV hanya terdapat 2 bangku saja.

Kendaraan listrik ini memiliki media system 8 touchscreen head unit dengan Steerling type EPS. Sedangkan jenis baterai yang digunakan adalah Lithium Iron Phosphate yang memiliki kapasitas 42 kWh. Sementara itu, ukuran bannya 185/80 R14.

DFSK Gelora E juga memiliki kelebihan hemat energi, bebas polusi, nggak butuh mengganti pelumas secara reguler dan juga mengganti busi.

Perawatan DFSK Gelora E juga tergolong ringan karena hanya perlu membersihkan sisi internal atau eksternal, layaknya membersihkan mobil pada umumnya.

Sedangkan untuk baterainya disarankan untuk mengisi ulang sebelum energinya benar-benar habis agar nggak menimbulkan kerusakan sirkuit.

2. Hyundai Kona Electric

Lima Mobil Listrik yang Tersedia di Pasar Indonesia. Foto: hyundaimobilindonesia

Hyundai Kona Electric merupakan model mobil crossover SUV yang diluncurkan di pasar Indonesia setelah sebelumnya menggunakan bahan bakar minyak.

Mobil listrik ini mempunyai desain yang cukup cantik dengan meminimalisir bagian grille dan memiliki slot pengisian baterai pada bagian depan. Selain itu, Hyundai Kona Electric juga bertubuh mungil dan tidak memakan banyak tempat.

Hyundai Kona Electric memiliki sisi eksterior menawan dengan headlamp full-LED serta menggunakan velg 17” dengan ruang interior yang tak kalah cantik.

Baterai yang digunakan memiliki kapasitas maksimal 104 kW dengan waktu pengisian sampai penuh selama 6 jam 10 menit, berjenis Lithium-ion Polymer yang sudah disupport dengan teknologi terbaru dari Hyundai, yaitu Battery Thermal Management.

Hyundai Kona Electric memiliki dimensi total 4.205 x 1.800 x 1.570 mm serta memiliki wheelbase 2.600 mm dan wheel tread 1.564 mm.

Jumlah tempat duduk sebanyak 5 seats serta satu bagasi luas di belakang. Hyundai Kona Electric dilengkapi banyak fitur pengaman dengan panel TFT LCD dan Head-up Display (HUD) di bagian dashboard.

Untuk masalah perawatannya, bisa membersihkan bagian interior dan eksterior secara berkala dan manual. Sedangkan untuk masalah mesin, servis sampai penggantian suku cadang bisa datang ke dealer Hyundai terdekat.

Baca juga: Hyundai Bakal Terapkan Teknologi Baterai Solid-State

3. Lexus UX 300e

Lima Mobil Listrik yang Tersedia di Pasar Indonesia. Foto: lexus

Lexus UX 300e merupakan mobil listrik buatan Lexus yang dirilis di pasar Indonesia pada pertengahan November 2020. Mobil dengan platform SUV UX ini tak lagi menggunakan teknologi hybrid lantaran sudah menggunakan energi listrik murni.

Untuk spesifikasinya, Lexus UX 300e menggunakan jenis mesin Permanent Magnet Motor dengan jenis transmisi 3 axes, 2-stage reduction.

Sementara untuk baterai, memiliki kapasitas 54.3 kWh dengan maksimal output sampai dengan 201 HP. Dimensi dari mobil ini adalah 4.495 x 1.840 x 1.545 mm serta ground clearance 140 mm.

Kelebihan yang dimiliki Lexus UX 300e ialah dapat mengisi baterai di mana saja, di rumah, di kantor atau tempat manapun yang memiliki daya listrik besar.

Bahkan, Lexus UX 300e dapat memanfaatkan layanan yang disediakan oleh PT PLN dengan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU)-nya. Selain itu, baterai mobil listrik ini dapat diisi dengan cepat.

Untuk masalah perawatan, untuk sisi luar dan dalam dapat dibersihkan rutin secara manual. Sedangkan untuk masalah perawatan mesin, bisa dibawa ke dealer resmi Lexus, karena semuanya terkait dengan garansi yang dibawa. Jika tidak ada, bisa dibawa ke dealer Toyota terdekat.

4. BMW i3S

Lima Mobil Listrik yang Tersedia di Pasar Indonesia. Foto: BMW

BMW i3S merupakan produk mobil listrik yang dipasarkan di Indonesia sejak tahun 2019. Mobil yang sudah menggunakan karbon fiber untuk rangkanya tersebut memiliki desain yang berbeda dengan mobil buatan BMW lainnya. Ukurannya lebih besar dengan menggunakan velg 20 inci.

Masalah spesifikasi, BMW i3S memiliki dimensi total 4.006 x 2.039 x 1.570 mm. Baterainya berjenis Lithium-ion yang memiliki kekuatan 184 HP dengan akselerasi 6.9 detik dan mempunyai kapasitas 42.2 kWh. Top speednya bisa sampai 150 kmph dan torquenya 270 Nm. Mobil listrik ini memiliki 4 bangku dengan 1 bagasi berukuran 260 liter.

Kelebihan dari BMW i3S adalah desainnya sangat menarik dan cocok digunakan oleh anak muda. Selain itu, teknologi yang dimiliki juga keren. Apalagi mobil listrik ini diklaim lebih hebat dibandingkan dengan series sebelumnya.

Perawatan membersihkan sisi interior dan eksterior mobil dapat dilakukan sendiri. Namun, disarankan untuk membawanya ke dealer resmi jika ingin melakukan servis atau penggantian suku cadang.

5. Tesla Model 3

Lima Mobil Listrik yang Tersedia di Pasar Indonesia. Foto: Tesla

Tesla Model 3 merupakan produk mobil listrik buatan Tesla yang memiliki ukuran hampir sama seperti seri BMW 3. Desainnya mewah, mengesankan sebagai kendaraan mahal dengan bagian interior yang mentereng.

Tesla Model 3 memiliki dimensi 4.694 x 1.850 x 1.443 mm dengan jarak sumbu roda 2.875 mm. Jenis baterai yang digunakan adalah IPM Dual-motor dengan kapasitas 54 kWh dan 75 kWh. Power maksimal dari baterainya adalah 450 HP dengan akselerasi 5 detik. Jumlah tempat duduk yang tersedia berjumlah 5 buah dengan bagasi berkapasitas 425 liter.

Kelebihan dari Tesla Model 3 adalah desain interiornya yang modern, aerodinamis dan elegan. Selain itu, mobil listrik ini juga dilengkapi dengan teknologi super canggih buatan Tesla. Tak hanya itu, mobil ramah lingkungan ini dapat melaju cepat dan mudah dikendalikan.

Baca artikel selanjutnya:

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu