AI & Data Science Renewable Energy

Ternyata Ada Mobil Yang Bisa Menyerap Polusi di Udara

Energi
Written by Techfor Id

Dalam pameran Goodwood Festival of Speed di Singapura, ada mobil unik yang dipamerkan karena katanya bisa menghilangkan polusi udara ketika dikendarai.

Dibuat oleh seorang Desainer asal Inggris, Thomas Heatherwick, mobil yang diberi nama Airo ini kabarnya bakal di produksi di Cina mulai tahun 2023 dengan rencana memproduksi 1 juta unit.

Desain baru bis Routermaster. Foto : Wikipedia

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau Thomas Heatherwick juga dikenal akan rancangan versi baru bus Routermaster London-nya yang dikenal ikonik di Inggris.

Sebenarnya, Airo sudah diperkenalkan selama acara pameran mobil di Shanghai pada bulan April lalu. Dengan atap kaca besar, dan interiornya dirancang agar terlihat seperti sebuah ruangan.

Bagian dalamnya dilengkapi dengan kursi yang dapat disesuaikan dan bisa diubah menjadi tempat tidur atau meja.

Bagian interior Airo. Foto : Airo

Roda kemudi tersembunyi di dasbor dan eksterior bertekstur, dengan serangkaian riak atau tonjolan.

Menurut Thomas Heatherwick, Produsen mobil seharusnya tidak hanya berlomba-lomba membuat mobil listrik saja, melainkan memberi manfaat unik dengan tampilan yang berbeda.

Cara kerja Airo menyerap polusi udara disekitarnya. Foto : AIRO

Yang membuat keren mobil ini bukan hanya sepenuhnya menggunakan energi yang ramah lingkungan, melainkan ia juga dilansir bisa menyerap dan membersihkan polusi udara di sekitarnya.

Airo memiliki filter HEPA yang terpasang pada alasnya. Ada jaring di filter yang menahan berbagai ukuran partikel kontaminasi.

Karena polusi dihasilkan oleh kendaraan berbahan bakar fosil, polusi memasuki udara dan mengalir di bawah Airo. Udara Ini menyentuh filter dan menangkap setiap ukuran partikel dengan cara yang sedikit berbeda.

Partikel besar ditangkap di mesh pertama dan partikel sedang dicegat oleh serat. Partikel kecil ditangkap oleh pola zigzag. Filter HEPA (udara partikulat efisiensi tinggi) direkatkan ke bagian bawah kendaraan dan akan menjebak partikel berbahaya melalui sistem jaring.

Baca Artikel Tentang Cryptocurrency :

Udara yang terkontaminasi, dengan partikel bahan kimia berbahaya yang dihasilkan oleh kendaraan lain di jalan, lewat di bawah Airo dan masuk ke filter HEPA.

Partikel dengan ukuran berbeda kemudian terperangkap dalam serat dan dikeluarkan dari udara yang mengalir melalui serangkaian perangkap yang lebih rumit, meninggalkan udara bersih.

Di dalam, mobil memiliki interior yang dapat disesuaikan yang dapat dikonfigurasi menjadi beberapa ruang fungsional. Misalnya saja ia bisa disetel untuk tempat tidur, maupun dibuat layaknya seperti berada didalam bioskop.

Selain itu, didalamnya juga terdapat Gaming Pod dan Mini LCD, sehingga pengemudi maupun penumpang merasa terhibur.

Baca Artikel Berikutnya, ATM Cryptocurrency Mulai Marak Digunakan di Seluruh Dunia

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu