cryptocurrency

Uruguay Mulai Install ATM Kripto Pertama di Negaranya

Uruguay Mulai Install ATM Kripto Pertama di Negaranya
Written by Techfor Id

TechforID – Ikuti langkah Kolombia beberapa bulan lalu, negara Uruguay mulai installasi ATM kripto pertamanya di wilayah Punta del Este yang ada di bagian tenggara negara itu.

Mesin ATM kripto ini dikembangkan oleh dua perusahaan kripto negara yaitu Urubit yang berfokus pada software sistem, dan Inbierto sebagi penyedia hardware ATM.

Selaku CEO Inbierto, Adolfo Varela yang menyatakan kalau tujuan mesin ini adalah menciptakan rasa percaya di pasar kripto Uruguay.

Pasalnya selama ini sebagian besar perdagangan kripto yang terjadi di pasar bersifat Peer-to-peer yang tidak bisa melalui perbankan karena kurang regulasi.

Meski hadirnya ATM kripto ini dikhawatirkan menimbulkan tindak penipuan baru, namun sang CEO percaya ia yakin akan terus tumbuh.

ATM ini baru mendukung lima mata uang kripto saja, yaitu ferret token, urubit, bitcoin, binance coin, dan binance USD.

Untuk kripto Ethereum sayangnya terlhalang karena alasan biaya dan teknis, tapi nantinya akan ditambal Binance Smart Chain untuk memproses transaksi.

Baca juga : Binance Resmi Jadi Sponsor Resmi Piala Afrika AFCON 2022

Untuk permasalahan regulasi ATM ini, sayangnya Uruguay masih masuk dalam kategori abu-abu atau tidak jelas apakah mendukung kripto atau tidak.

Jejak terakhir hanya sebatas pernyataan bank sentral mereka yang mengeluarkan pernyataan Oktober 2021 lalu yang menyatakan asset itu tidak legal atau illegal.

Warga Uruguay diperbolehkan menggunakan mata uang kripto selama mereka memahami semua resiko yang ada didalamnya.

Dalam sebuah dokumen yang dikeluarkan pada bulan Desember juga, Bank Sentral Uruguay menetapkan roadmap untuk mengatur aset kripto.

Mereka mengusulkan untuk meninjau undang-undang saat ini dan membuat perubahan untuk memasukkannya ke dalam berbagai peraturan yang ada.

Langkah ini dianggap optimal ketimbang membuat undang-undang aset virtual untuk mencakup ruang lingkup aset kripto hanya dalam satu proyek.

Selain negara Uruguay, Kolombia sudah menerapkan sekitar 50 ATM kripto yang di sebar di negaranya. Tapi beda dengan Uruguay yang masuk kategori abu-abu, Kolombia selama ini dikenal sangat mendukung dan antusias terkait kripto.

Baca artikel selanjutnya :

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu