AI & Data Science Information Technology

Nvidia Bangun Omniverse Untuk Pembuat Konten dan Seniman Digital

Nvidia Bangun Omniverse Untuk Pembuat Konten dan Seniman Digital
Written by Techfor Id

TechforID – Perusahaan teknologi Nvidia berencana membangun Omniverse, yaitu platform real time 3D, dan simulasi dunia virtual secara gratis untuk para pembuat konten dan seniman digital.

Selain Omniverse, Nvidia juga kabarnya bakal meluncurkan fitur dan integrasi baru untuk produk ini yang perusahaan sebut sebagai Metaverse-nya para teknisi.

NVIDIA Omniverse dibangun dari bawah ke atas agar mudah dikembangkan dan disesuaikan dengan kerangka pengembangan modular.

Sementara pengguna akhir dan pembuat konten memanfaatkan platform tersebut untuk menghubungkan dan mempercepat alur kerja 3D mereka.

Para pengembang dapat menyambungkan ke lapisan platform tumpukan Omniverse untuk dengan mudah membangun alat dan layanan baru.

Omniverse sendiri sebenarnya sudah diluncurkan dalam versi betanya awal tahun lalu dan versi berlangganan berbayar untuk perusahaan menyusul pada bulan November 2021 mencapai 100.000 pengguna.

Baca juga : Nvidia Luncurkan Chip AI Baru Untuk Robot, Dilansir 6x Lebih Canggih Dari Pendahulunya

CEO Nvidia, Jensen Huang juga menguraikan visinya untuk membuat banyak jenis metaverse, termasuk untuk video game, Augmented Reality, dan NFT.

Omniverse menggabungkan grafik, kecerdasan buatan (AI), alat simulasi, dan komputasi yang dapat diskalakan.

Fungsinya untuk membantu desainer dan pembuat konten membuat aset dan pemandangan 3D dari laptop atau workstation mereka.

Ia mampu menghubungkan dunia desain 3D independen, yang sering dibuat dengan alat yang tidak kompatibel, ke dalam adegan virtual bersama.

Nvidia mengumumkan perluasan Omniverse dengan fitur-fitur baru, seperti alat kolaborasi sekali klik Nucleus Cloud, dan konektor, serta ekstensi.

Nucleus adalah database dan mesin kolaborasi platform Omniverse. Ini memungkinkan berbagai aplikasi klien, penyaji, dan layanan mikro untuk berbagi dan memodifikasi representasi dunia virtual.

Nucleus beroperasi di bawah model publish/subscribe dimana klien Omniverse dapat mempublikasikan modifikasi aset digital dan dunia virtual ke Nucleus.

Atau mereka bisa berlangganan perubahan mereka yang ditransmisikan secara real time antara aplikasi dengan Konektor Omniverse dua arah.

Nucleus dapat diinstal dengan berbagai cara: di workstation, di tempat, atau di cloud pribadi.

Selain Nucleus, adapun pustaka aset baru yang dibuat oleh mitra Nvidia. Mitra ekosistem baru termasuk pasar 3D dan perpustakaan aset digital TurboSquid oleh Shutterstock, CGTrader, Sketchfab dan Twinbru.

Baca artikel selanjutnya :

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu