Android Information Technology

Whatsapp Akhirnya Rilis Fitur Custom Sticker, Begini Cara Pakainya

Whatsapp Akhirnya Rilis Fitur Custom Sticker, Begini Cara Pakainya
Written by Techfor Id

TechforID – Kabar gembira untuk pengguna whatsapp, karena selang 3 tahun setelah ditambahkannya fitur Sticker Pack, pihak perusahaan kini akhirnya merilis fitur Custom Sticker.

Mengutip dari TheVerge, fitur ini baru resmi rilis mulai minggu depan tapi sayangnya baru hanya tersedia untuk Whatsapp versi web dan belum ada kabar terkait versi aplikasi.

Untuk membuat custom sticker atau stiker khusus, cukup buka WhatsApp di browser kamu, login, dan klik ikon lampiran.

Selanjutnya, pilih Stiker dan pilih gambar untuk diunggah dari komputer. Setelah gambar diunggah, kamu bisa edit dan mengubah formatnya menjadi custom sticker.

Di fitur ini pengguna juga bisa menghapus latar belakang gambar, menambahkan teks, hingga menyisipkan emoji atau gambar lain kedalamnya.

Cara Menggunakan Custom Sticker di Whatsapp

Karena hanya hadir dalam versi webnya saja, disini kamu harus menghubungkan dahulu akun Whatsapp pada smartphone dengan whatsapp versi web di komputer.

Langkah pertamanya, cukup buka aplikasi whatsapp-mu, ketuk icon titik tiga di bagian kanan atas layar, kemudian pilih opsi Linked Device atau perangkat tertaut :

Jika sudah maka klik tombol Link a Device atau Tautkan perangkat, nantinya kamu akan dialihkan menuju layar scanning kode QR. Arahkan kamera ponselmu ke laman whatsapp.web.com agar bisa segera terhubung.

Usai masuk, kamu bisa langsung membuat Custom Sticker dengan cara masuk ke laman chat dengan siapapun (termasuk grup chat).

Klik tombol lampiran untuk mulai menggunakan Custom Sticker. Di laman menu ini umumnya sudah tersedia beberapa sampel yang bisa langsung dipakai atau kamu bisa membuat versimu sendiri dengan mengklik tombol Create.

Ketika memilih opsi Create, kamu akan dialihkan ke menu upload untuk menentukan gambar apa yang ingin dijadikan sticker.

Usai menentukan gambar, kamu bisa menambahkan beragam opsi lainnya.

Misalnya saja seperti menambahkan teks, menghapus latar belakang gambar, hingga menyisipkan gambar lain / emoji ke dalam sticker.

Jika sudah, maka cukup klik tombol send di bagian bawah kanan layarmu.

Custom Sticker ini nantinya juga bisa kamu gunakan kembali di laman chat dengan pengguna lainnya.

Caranya cukup kembali ke laman chat kamu mengirim Custom Sticker sebelumnya, klik gambarnya, lalu pilih opsi Add to Favorite.

Nantinya gambar tersebut akan tersimpan dengan sendirinya pada laman Favorite akun Whatsappmu dan tidak perlu lagi membuat ulang.

Mengingat bahwa stiker khusus adalah hal baru di WhatsApp, ada beberapa batasan yang harus di ingat.

Custom Sticker ini hanya bisa dibuat di WhatsApp Web, menyusul di aplikasi Desktop untuk Windows dan Mac pada bulan Desember 2021.

Sayangnya untuk versi aplikasi smartphone belum jelas apakah fitur ini diterapkan atau tidak. Namun mengingat banyaknya pengguna aplikasi tersebut, pihak perusahaan tentu sedang mengusahakan hal ini.

Baca Artikel Selanjutnya :

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu