AI & Data Science

xpert System dalam Artificial Intelligence (AI)

Written by Techfor Id

Apa itu Expert System ?

Expert Sistem (Sistem Pakar) adalah program komputer yang dirancang untuk memecahkan masalah yang kompleks dan memberikan kemampuan pengambilan keputusan seperti seorang ahli manusia.

Ia melakukan hal ini dengan cara mengekstraksi pengetahuan dari basis pengetahuannya menggunakan aturan penalaran dan inferensi sesuai dengan permintaan pengguna.

Foto : geeksforgeeks

Expert System adalah bagian dari AI, dan pertama dikembangkan pada tahun 1970, yang merupakan pendekatan kecerdasan buatan pertama yang berhasil. Ini memecahkan masalah yang paling kompleks sebagai seorang ahli dengan mengekstraksi pengetahuan yang tersimpan dalam basis pengetahuannya.

Sistem membantu dalam pengambilan keputusan untuk masalah kompleks menggunakan fakta dan heuristik seperti ahli manusia.

Disebut demikian karena berisi pengetahuan ahli dari domain tertentu dan dapat memecahkan masalah kompleks dari domain tertentu. Sistem ini dirancang untuk domain tertentu, seperti kedokteran, sains, dan yang lainnya

Kinerja Expert System didasarkan pada pengetahuan pakar yang tersimpan dalam basis pengetahuannya (Knowledge Base). Semakin banyak pengetahuan yang disimpan dalam basis pengetahuannya maka semakin baik kinerjanya.

Salah satu contoh umum ES adalah saran kesalahan ejaan saat mengetik di kotak pencarian Google.

Foto : Google

Expert System identintik memiliki karakteristik seperti :

  • Berkinerja Tinggi: Sistem pakar memberikan kinerja tinggi untuk memecahkan semua jenis masalah kompleks dari domain tertentu dengan efisiensi dan akurasi tinggi.
  • Mudah dimengerti: Ini merespons dengan cara yang mudah dimengerti oleh pengguna. Itu dapat mengambil input dalam bahasa manusia dan memberikan output dengan cara yang sama.
  • Andal: jauh lebih andal untuk menghasilkan output yang efisien dan akurat.
  • Sangat responsif: ES memberikan hasil untuk kueri kompleks apa pun dalam waktu yang sangat singkat.

Baca Artikel Menarik Lainnya :

3 Komponen Utama Expert System

  1. User Interface

Dengan bantuan User Interface (antarmuka pengguna), sistem pakar berinteraksi dengan pengguna, mengambil kueri sebagai input dalam format yang dapat dibaca, dan meneruskannya ke mesin inferensi.

Contoh User Interface dalam Expert System. Foto : research gate

Setelah mendapatkan respon dari mesin inferensi, maka akan ditampilkan outputnya kepada pengguna. Dengan kata lain, ia adalah antarmuka yang membantu pengguna non-ahli untuk berkomunikasi dengan sistem pakar untuk menemukan solusi suatu permasalahan.

2. Inference Engine

Inference Engine juga dikenal sebagai otak dari sistem pakar karena merupakan unit pemrosesan utama dari sistem. Ia menerapkan aturan inferensi ke basis pengetahuan untuk mendapatkan kesimpulan atau menyimpulkan informasi baru.

Inference Engine juga membantu dalam mendapatkan solusi bebas kesalahan dari pertanyaan yang diajukan oleh pengguna.

Dengan bantuannya, sistem mengekstrak pengetahuan dari basis pengetahuan (Knowledge Base).

Inference Engine terdiri dari 2 jenis, yaitu :

  • Deterministic Inference engine: Kesimpulan yang diambil dari jenis mesin inferensi ini dianggap benar. Itu berdasarkan fakta dan aturan.
  • Probabilistic Inference engine: Jenis mesin inferensi ini mengandung ketidakpastian dalam kesimpulan, dan berdasarkan probabilitas.

3. Knowledge Base

Knowledge Base (basis pengetahuan) adalah jenis penyimpanan yang menyimpan pengetahuan yang diperoleh dari para ahli yang berbeda dari domain tertentu. Hal ini dianggap sebagai penyimpanan besar pengetahuan. Semakin banyak basis pengetahuan, semakin tepat Sistem Pakar mencari solusi.

Knowledge base juga bisa dikatakan mirip dengan database yang berisi informasi dan aturan domain atau subjek tertentu.

Seseorang juga dapat melihat basis pengetahuan sebagai kumpulan objek dan atributnya. Seperti Singa adalah objek dan atributnya adalah mamalia, bukan hewan piaraan, dan yang lainnya

Knowledge Base sendiri terdiri dari 2 jenis, yakni :

  • Factual Knowledge: Pengetahuan yang didasarkan pada fakta dan diterima oleh insinyur pengetahuan berada di bawah pengetahuan faktual.
  • Heuristic Knowledge: Pengetahuan ini didasarkan pada praktik, kemampuan menebak, evaluasi, dan pengalaman.

Baca Artikel Berikutnya, 5 Trending Hardware Berbasis IoT Tahun 2021

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu