Bulan Juni 2021, kabarnya Youtube Analytics dapat 5 update atau pembaruan yang memberi para Youtuber dan konten kreator ke lebih banyak data.
Nantinya data tersebut amat menentukan bagaimana seorang Youtuber terlibat dengan konten serta para viewer di channel mereka.
Kelima Update ini meliputi :
- Lebih Banyak data metrik di Channel Membership
- Lebih Banyak data di Youtube Analytics versi mobile (sebelumnya hanya di desktop)
- Performa Video kini dijelaskan lebih detail
- Insight tentang perubahan pendapatan dari video
- Metrik Engagement untuk postingan video di Youtube
Ingin tahu lebih lengkapnya seperti apa ? simak penjelasan berikut :
1. Metrik Baru di Channel Membership
Update pertama meliputi penambahan metrik baru di Youtube analytics.
Metrik ini bisa dipakai kreator untuk melihat di video mana yang membuat mereka mendapatkan lebih banyak subscriber ataupun kehilangan.
Adapun metrik yang lebih dalam dan lengkap di tab “Membership Level” yang bisa membantu Youtuber atau konten kreator melacak perubahan yang terjadi sehari-hari.
Mulai dari Total subscriber / member yang aktif, yang baru didapat, yang hilang (unsubscribe), sampai yang batal menjadi membership.
Baca Artikel Bitcoin :
- Cara Termurah Beli Bitcoin
- Gejolak Harga Bitcoin! Begini Penjelasannya
- Ini Beda Bitcoin dan Etherium, Sudah Tahu Belum?
Adapun feedback atau saran tambahan dari Youtube yang bisa di cek dibagian bawah laman ini.
2. Lebih Banyak Data Pada Youtube Analytics Versi Mobile
Update kedua untuk YouTube Analytics melibatkan dua kartu yang sebelumnya hanya tersedia di versi desktop saja.
Kedua kartu ini ialah “Saluran / Channel lain yang ditonton viewer anda” dan “Video lain yang ditonton viewer anda. Data ini sekarang sudah tersedia di Youtube Analytics versi mobile.
Kedua kartu ini telah ditambahkan ke bagian bawah tab Audiens di aplikasi seluler YouTube Studio.
Mengetuk salah satu kartu ini akan memunculkan tampilan terperinci dari 15 video atau saluran. Cara mudah untuk melakukan analisis audiens saat bepergian.
3. Insight Baru Untuk Performa Video
Update ketiga bisa dibilang cukup to the point. Ia meliputi penambahan insight / wawasan untuk performa video yang pernah di upload.
Kali ini fitur tersebut menampilkan performa video dalam kemasan dan penjelasan yang lebih mudah di analisa.
4. Insight Penghasilan Pendapatan
Tidak Cuma bagian performa video saja, kabarnya dalam penghasilan pendapat untuk kreator juga mendapat Update baru.
Informasi ini akan yang berguna ketika mendiagnosis saat pendapatan kreator tiba-tiba berubah dari satu bulan ke bulan lainnya.
Jika pendapatan saluran Channel karena lebih banyak pemirsanya berasal dari negara dengan CPM yang lebih rendah, setidaknya pembuat konten tahu bahwa mereka tidak selalu memproduksi konten yang lebih buruk.
5. Insight Baru Pada Postingan di Youtube
Wawasan ini sebenarnya sudah diumumkan bulan Mei lalu, namun sepertinya baru bulan Juni ia siap di luncurkan oleh Pihak Youtube.
Sekarang kartu di tab Engagement atau keterlibatan saluran menunjukkan suara (vote) dan suka (like) di pos komentar teratas pembuat konten selama 28 hari terakhir.
Kartu ini dapat difilter berdasarkan jenis posting.
Laporan mendalam menunjukkan metrik postingan harian termasuk tayangan, suka, tingkat suka, suara, dan tingkat suara.