AI & Data Science

AI Bisa Bikin Trailer Film Sendiri, Gak Percaya ?

AI Bisa Bikin Trailer Film Sendiri, Gak Percaya ?
Written by Techfor Id

TechforID – Para Peneliti dari Universitas Edinburgh Inggris, baru saja merilis riset penelitian terkait perkembangan model AI berdasarkan pada sepasang jaringan saraf (Neural Network).

Tujuannya agar AI tersebut mampu mengeluarkan cuplikan atau trailer yang pas dan menawan secara emosional untuk jenis film apa pun.

Cara kerjanya tim peneliti menggunakan sistem untuk mengeluarkan lebih dari 40 trailer untuk film yang ada.

Untuk membuat trailer secara otomatis, tim peneliti perlu melakukan tugas tingkat rendah seperti identifikasi orang, pengenalan tindakan, dan prediksi sentiment.

Tetapi juga tugas tingkat tinggi seperti memahami hubungan antara peristiwa dan kausalitasnya, serta menarik kesimpulan tentang karakter dan tindakan mereka

Mereka mampu mencapai hal ini dengan memanfaatkan dua Neural Network yang terpisah.

Cara Kerja 2 Neural Network untuk memproses video dan audio film. Foto : arxiv.org

Yang pertama memproses video dan audio film untuk, pada dasarnya, menemukan adegan yang menarik.

Kedua berperan layaknya sebagai wasit untuk menentukan mana yang menarik. Melihat versi teks dari film yang paling mirip skenario dan kemudian menggunakan pemrosesan bahasa alami untuk menemukan momen penting dan emosional.

Model yang telah selesai menghasilkan trailer baru menggunakan konsep Movie Understanding atau pemahaman film berdasarkan bagaimana Neural Network memproses data input.

Pekerjaan sebelumnya di lapangan mencakup kolaborasi antara peneliti yang bekerja dengan IBM yang membangun generator trailer film pesanan mereka sendiri. Tapi yang satu itu rupanya hanya menghasilkan trailer untuk film horor tertentu.

Biasanya, generator AI dilatih pada ribuan jam konten serupa untuk menunjukkan kepada mesin apa tujuannya.

Tapi model-model ini tidak mencoba untuk berhalusinasi sesuatu yang terlihat seperti trailer film, mereka benar-benar menyatukannya. Ia adalah sesuatu yang melibatkan lebih dari sekadar mengubah parameter di dalam kotak hitam.

Trailer yang bagus dapat membuat atau menghancurkan film, secara finansial. Dan AI yang dapat mendemokratisasikan pembuatan trailer film berkualitas tinggi dapat menjadi pengubah permainan bagi pembuat film independen.

Baca Artikel Selanjutnya :

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu