AI Koreografi milik Facebook Ini bikin kamu Takjub

0

Artificial Inteligence (AI) milik Facebook yakni boffin baru-baru ini dikabarkan mengembangkan sistem baru untuk membuat koreografi dansa atau joget berdasarkan musik yang kamu input didalamnya.

“Sistem ini tidak hanya meniru tarian moonwalk, renegade, atau jenis tarian lainnya yang sedang marak di Tiktok saat ini, melainkan ia menciptakan tarian baru yang bisa sinkron dengan musik secara mengejutkan”, kata Facebook.

Perusahaan mengklaim sistem tersebut dapat mengalahkan koreografer yang setara dengan blok penulis. Pengguna hanya perlu memainkannya satu lagu, dan sistem akan menganalisis lagu tersebut dan darinya dihasilkan jenis tarian yang tidak hanya unik melainkan sinkron dengan lagunya.

Pertama,

Pengguna memasukan dahulu lagu yang diinginkan. Lalu nantinya AI akan mencari patttern / tanda musi yang sama pada suara yang dihasilkan yang juga terjadi di momen yang berbeda disepanjang lagu yang diputar.

Misalnya saja drumbeat, crescendo, atau bahkan suara hening sekalipun. Akhirnya AI akan melakukan scan data jenis tarian mana yang sesuai dengan pattern musik tersebut.

Setelah menemukan kecocokan, algoritma AI akan gerakan yang senada pada library dataset Dancing Agent , kemudian menghasilkan satu aksi tarian baru.

Perlu kamu tahu, dalam dataset Dancing Agent bukan hanya terdapat tarian berupa figur orang saja (Humanoid Figure), melainkan adapula wujud lainnya seperti Pulsating disc, hingga geometric shape.

Sama halnya dengan gerakan tarian, baik bentuk geometris ataupun pulsating disc diatas akan menghasilkan animasi gerakan sesuai dengan nada musik yang keluar.

Para peneliti menunjukan serangkaian data gerakan bersamaan dengan 4 baseline dancer yang mereka punya kepada user di Amazon mechanical turk, sebuah platform crowdsourcing dimana banyak orang melakukan tugas online (seperti survei online) untuk mencari penghasilan tambahan.

Para partisipan disana kemudian diberikan pertanyaan seperti berikut :

  • Yang mana yang paling sesuai dengan musiknya ?
  • Yang mana yang paling tidak terduga ?
  • Yang mana paling kreatif ?
  • Yang mana paling menginspirasi ?

Dari hasil tersebut, kemudian AI yang facebook kembangkan akan menyesuaikan jenis tarian atau gerakan yang lebih kreatif dan inovatif. Memberikan inspirasi bagi para penari atau koreografer diluar sana.

Buat kamu yang penasaran lengkapnya seperti apa, berikut adalah link untuk mendownload AI tersebut :

https://github.com/purvaten/feel-the-music

Sumber : thenextweb.com

Share.

About Author

Techfor Id

Leave A Reply