Renewable Energy

Ilmuan AS Temukan Cara Mengubah Gelombang Radio Menjadi Energi

Ilmuan AS Temukan Cara Mengubah Gelombang Radio Menjadi Energi
Written by Techfor Id

TecforID – Sebuah tim peneliti dari Amerika Serikat menemukan cara baru untuk memanen energi terbarukan dari gelombang radio ke perangkat yang memerlukan energi untuk bekerja.

Studi tersebut menunjukkan bahwa sumber energi saat ini untuk perangkat pemantau kesehatan yang dapat dikenakan memiliki tempatnya dalam memberi daya pada perangkat sensor, tetapi sayang masing-masingnya memiliki kemunduran.

Tenaga surya, misalnya, hanya bisa memanen energi saat terkena sinar matahari. Perangkat tribolistrik bertenaga sendiri hanya dapat memanen energi saat tubuh sedang bergerak.

Kami memanfaatkan energi yang sudah mengelilingi kami – gelombang radio ada di mana-mana, sepanjang waktu,” kata peneliti Huanyu Larry Cheng dari Penn State di Amerika Serikat.

“Jika kita tidak menggunakan energi yang ditemukan di lingkungan sekitar, itu akan sia-sia. Kita bisa memanen energi ini dan mengubahnya menjadi tenaga,” tambah Cheng.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Material Today Physics ini, para peneliti mengembangkan sistem antena dipol pita lebar yang dapat diregangkan.

Sistem antena ini mampu mentransmisikan data secara nirkabel yang dikumpulkan dari sensor pemantauan kesehatan.

Sistem ini terdiri dari dua antena logam yang dapat diregangkan yang terintegrasi ke bahan graphene konduktif dengan lapisan logam.

Desain pita lebar sistem memungkinkannya mempertahankan fungsi frekuensinya bahkan saat diregangkan, ditekuk, dan diputar.

Sistem ini kemudian dihubungkan ke sirkuit penyearah yang mampu mengubah energi dari gelombang elektromagnetik menjadi listrik.

Listrik ini yang dapat digunakan untuk menyalakan perangkat nirkabel atau untuk mengisi daya perangkat penyimpanan energi, seperti baterai dan superkapasitor.

Rectenna ini dapat mengubah gelombang radio dari lingkungan sekitar menjadi energi untuk memberi daya pada modul penginderaan pada perangkat, yang melacak suhu, hidrasi, dan tingkat denyut oksigen.

Meski lebih sedikit energi yang dihasilkan ketimbang sumber lain, tetapi sistem ini dapat menghasilkan daya secara terus menerus.

Baca Artikel Selanjutnya :

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu