AI & Data Science

Ilmuwan Temukan Teknologi untuk Anjing Telpon Pemiliknya

Written by Techfor Id

TechforID – Ilmuwan teknologi hewan di Inggris dan Finlandia menemukan perangkat baru bernama DogPhone yang dapat membuat anjing menelpon pemiliknya.

DogPhone berfungsi saat hewan peliharaan menggoyangkan bola yang dilengkapi dengan akselerometer. Memicu laptop melakukan panggilan video ke perangkat pemilik.

Inovasi tersebut ditemukan oleh Ilyena Hirskyj-Douglas dari University of Glasgow rekannya dari Aalto University di Finlandia dengan bantuan dari anjing labradornya Zack.

“Tentu saja, kita tidak bisa memastikan bahwa Zack menyadari hubungan sebab akibat antara mengambil bola dan melakukan panggilan,” kata Ilyena Hirskyj-Douglas, mengutip dari AFP, Kamis, 18 November 2021.

Setelah Hirskyj-Douglas menunjukkan kepada Zack cara membuat panggilan menggunakan bola, dia diberi mainan untuk dimainkan selama 16 hari.

Baca juga: Masjidil Haram Miliki Robot dengan 11 Bahasa

Meskipun ada beberapa panggilan tak disengaja, Zack menggunakan perangkat prototipe untuk menghubungi pemiliknya dan memamerkan mainannya.

Hirskyj-Douglas merespons dengan menunjukkan kantornya, restoran, dan pengamen jalanan. Hal itu menyebabkan Zack mendekati layar.

“Namun, jelas bahwa pada beberapa kesempatan dia benar-benar tertarik dengan apa yang dia lihat, dan dia menunjukkan beberapa perilaku yang sama seperti yang dia tunjukkan ketika kami secara fisik bersama,” ucap dia.

Hirskyj-Douglas berharap DogPhone, yang sedang menjalani pengujian lebih lanjut, dapat membantu meringankan kecemasan perpisahan yang diderita oleh anak anjing yang terbiasa dengan kontak manusia terus-menerus selama lockdown.

Baca artikel selanjutnya:

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu