Renewable Energy

India Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya Mengapung Terbesar di Dunia!

Written by Techfor Id

Pembangkit listrik tenaga surya terapung terbesar di India dengan kapasitas 100 megawatt kabarnya akan dibangun di kawasan Telangana mulai bulan Mei 2021 mendatang.

Proyek ini didirikan oleh konglomerat energi National Thermal Power Corporation (NTPC) di reservoir pembangkit listrik tenaga panas di Ramagundam, distrik Peddapalli.

Baca Juga :

Demi Penambangan Bitcoin yang Go-Green!

Proyek surya foto-volta, tersebar di 450 hektar, akan memiliki panel fotovoltaik 4,5 lakh dan dapat diperluas di masa depan.

Menurut C V Anand, direktur eksekutif, NTPC Wilayah Selatan, ini akan menjadi pembangkit tenaga surya terapung terbesar di negara ini di satu lokasi seperti saat ini.

Proyek kabarnya memakan biaya Rs 423 crore. Perusahaan Maharatna berencana untuk mendirikan proyek tenaga surya di semua pembangkit listrik tenaga panas di negara tersebut.

NTPC merencanakan pembangkit listrik tenaga surya dengan total kapasitas 450 MW di wilayah selatan. Dari jumlah tersebut, pembangkit 217 MW akan mengapung di badan air.

Korporasi juga menyiapkan unit terapung 92 MW di pembangkit gas area Kayamkulam di Kerala dan unit 25 MW di pembangkit listrik Simhadri di kawasan Visakhapatnam.

Baca Artikel Lainnya :

NTPC mulai mendirikan pembangkit tenaga surya terapung besar setelah berhasil menyelesaikan proyek percontohan di Kayamkulam (100 KWH) di Kerala dan Kawas (1 MW) di Gujarat.

Para pejabat perusahaan ini mengatakan proyek tenaga surya tersebut sejalan dengan komitmen negara untuk mencapai target 175 GW kapasitas energi terbarukan yang terpasang pada tahun 2022 termasuk 100 GW kapasitas terpasang surya.

Pembangkit listrik tenaga surya terapung yang akan datang di India Selatan kemungkinan akan ditugaskan dalam beberapa bulan ke depan.

Walau menyebabkan korban jiwa dan sangat mengganggu perekonomian di berbagai belahan dunia, namun Pandemi Covid-19 terbukti juga turus serta menjadi faktor utama untuk proyek-proyek baru di Industri apapun.

Dalam rencana pembangunan pembangkit tenaga surya ini, Di bawah tanaman terapung, panel fotovoltaik akan dipasang di atas permukaan badan air.

Mereka dianggap sebagai alternatif yang layak untuk susunan surya berbasis darat.

Pejabat NTPC menjelaskan bahwa menyiapkan unit surya terapung di badan air dan waduk besar membantu mereka mengurangi biayanya.

Baca Juga :

Amazon Music Rilis “Fitur Car Mode” Lebih Mudah Saat Mengemudi

Unit Panel surya terapung dilansir hemat biaya ketimbang di instalasi yang dipasang diatas tanah.

Belum lagi permasalahan dalam akusisi tanah akan menimbulkan masalah baru, oleh sebab itu perusahaan NTPC memutuskan lebih baik menerapkan metode terapung.

Keuntungan lainnya dari installasi panel terapung,  Saat badan air memberikan efek pendinginan, proses ini juga meningkatkan kinerja panel fotovoltaik surya sebesar 5 sampai 10 %.

Artinya pemilik pabrik akan menghemat biaya secara signifikan.

Manfaat lainnya termasuk berkurangnya penguapan air, pengurangan biaya interkoneksi jaringan, rendahnya pertumbuhan tanaman air alga, dan peningkatan kualitas air.

Sumber : energy.economictimes.indiatimes.com

Baca Artikel Berikutnya,

Bisnis Mobil Elektrik Naik?

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Open chat
Tanya Sekarang Aja 🤩
Hi ini Windy, dari Techforid🤩

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techforid
Seperti :

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor di atas atau beritahukan Windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu [Klik Open Chat]