AI & Data Science

Intip Kegaharan Intel Core Generasi ke-12 Alder Lake

Written by Techfor Id

Intel Executive Vice President dan General Manager Client Computing Group, Gregory Bryant mengatakan chip Intel Core generasi ke-12 Alder Lake hadir dengan enam chip terbaru yang membawa peningkatan kinerja dari generasi sebelumnya.

“Prosesor 12th Intel Core adalah lompatan arsitektur yang bisa dihasilkan berkat co-engineering yang erat antara software dan hardware sehingga menghasilkan performa yang jauh lebih unggul dibandingkan generasi-generasi sebelumnya,” ucap Gregory Bryant, .

Awalnya, ada tiga model yang akan dirilis, yakni Core i9-12900K, Core i7-12700K, dan Core i5-12600K. Kemudian akan dihadirkan versi ‘KF’ dari masing-masing chip tersebut yang tidak membawa GPU terintegrasi.

Baca juga: Prosesor Intel Tiger Lake-H Generasi 11 Hadirkan Pengalaman Gaming Baru

Bryant mengatakan, chip Intel Core generasi ke-12 menandai peralihan perusahaan ke desain hybrid. Perubahan tersebut Intel sebut sebagai Pergeseran Arsitektur Terbesar dalam Satu Dekade.

Alih-alih memiliki beberapa inti dengan kecepatan dan kinerja clock yang sama, chip Intel terbaru dilengkapi dengan kombinasi P-core (Performance cores) dan E-cores (Efficient cores).

Chip ini bekerja dengan cara yang sama seperti smartphone masa kini. P-core melakukan tugas tugas berat sedangkan E-core melakukan tugas tingkat rendah, seperti memutar musik atau menampilkan video offline.

Intel Core Generasi ke-12 Alder Lake. Foto: Intel

Jumlah P-core dan E-core berbeda di semua model. Misalnya 16-core i9-12900K memiliki 8 P-core dan 8 E-core, sedangkan 10-core i5-12600K memiliki 6 P-core dan 4 E-core. Satu hal yang perlu diperhatikan hanya P-core yang mendukung multi-threading dan bukan E-core.

Selain itu, karena core sekarang dibagi menjadi dua versi, Intel menentukan kecepatan base, boost, dan max clock untuk P-core dan E-Core.

Intel Core 12th Gen i9-12900K memiliki kecepatan clock dasar 3,2GHz, kecepatan clock boost 5,1GHz, dan kecepatan clock maks 5,2GHz untuk P-core. Untuk E-core Core i9-12900K, Intel mengatakan bahwa ini memiliki clock speed 2.4GHz base clock dan 3.9GHz boost clock speed.

Intel turut menentukan peningkatan besar dalam spesifikasi CPU lainnya. Model-model baru dilengkapi dengan ukuran cache yang besar.

Untuk model i9 memiliki cache L3 30MB, i7 memiliki 25MB, dan i5 memiliki cache 20MB. Kesemuanya mendukung RAM DDR5 hingga 4800 MT/s. CPU memiliki dukungan hingga 20 jalur PCIe (16 jalur PCIe 5.0 dan 4 jalur PCIe 4.0).

Bicara soal grafis, Intel memiliki GPU yang 20% lebih cepat ketimbang GPU RTX terbaru dari NVIDIA. Ditambah dengan RAM DDR5, prosesor Core Generasi ke-12 mampu melakukan pengeditan foto 36% lebih cepat, pengeditan video hingga 32% lebih cepat, pemodelan 3D hingga 37% lebih cepat, dan kinerja rendering multi-frame hingga 100% lebih cepat.

Baca artikel selanjutnya:

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu