5G AI & Data Science

Prosesor Intel Tiger Lake-H Generasi 11 Hadirkan Pengalaman Gaming Baru

Written by Techfor Id

Intel menambahkan 5 prosesor baru generasi ke 11 dengan nama Tiger Lake-H untuk dua kelompok pasar (konsumen dan komersial) yang ditargetkan untuk laptop tipis dan ringan.

Dibekali dengan teknologi chip 10nm (nanometer), Intel Tiger Lake-H terdiri dari hingga 8 core dan 16 chip thread berdasarkan arsitektur Willow Cove yang baru. CPU-nya akan membawa hingga 34 MB cache yaitu 24 MB L3 (3 MB L3 per core) dan 10 MB L2 (1,25 MB per core). 

CPU Tiger Lake akan hadir dengan cache L1 48/32 KB asimetris dan akan sepenuhnya mendukung instruksi AVX2 & AVX-512. Chip besutan Intel ini akan memiliki fitur Two-Level Memory (2LM) dan SGX (Software Guard Extensions) dengan kecepatan DDR4 hingga 3200 MHz.

Intel 5G Solution 5000, New Faster 'Tiger Lake' Laptop CPUs Announced at Computex 2021
Kolaborasi Intel dengan MediaTek dan Fibocom. Foto : gadgets.ndtv.com

Intel mengatakan kalau chip generasi ke-11 baru ini memberikan peningkatan kinerja yang sangat besar kalau dibandingkan seri Comet Lake generasi ke-10 mereka dahulu. Memiliki Frame rate tinggi untuk resolusi 1080p, dan didukung model Intel WiFi 6/6E.

Baca juga: Bantu Developer Temukan Bug, Intel Rilis Tool Open Source Berbasis AI

Bahkan, Tiger Lake digadang memberikan performa yang lebih baik untuk jenis game setara Hitman 3, Farcry New Dawn, dan Tom Clancy Rainbow Six Siege. Gamer tidak perlu lagi khawatir akan mengalami lag meskipun grafis game di setting high atau Ultra HD.

Thunderbolt 4 yang hanya ada di laptop dengan Intel Core Gen ke-11 prosesor, bisa memindahkan data dengan kecepatan 40GB/s, 4x lebih cepat dibandingkan USB 3.1. Satu port Thunderbolt 4 dapat terhubung ke dua monitor DisplayPort atau HDP 4K 60Hz melalui dock yang kompatibel atau adaptor.

Tidak hanya merilis chip prosesor baru saja, Pihak Intel juga mengumumkan solusi 5G untuk PC generasi selanjutnya. Menjalin kolaborasi dengan pihak MediaTek dan Fibocom, Intel merilis modem Intel 5G Solution 5000. Sehingga nanti dipasar laptop akan berjajaran laptop yang bisa terhubung ke koneksi 5G.

Baca berita selanjutnya:

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu