TechforID – Klub sepak bola Prancis Paris Saint-Germain (PSG) menyatakan niatnya untuk mulai merambah dunia virtual metaverse dan Non Fungible Token alias NFT.
Hal ini mereka lakukan dengan cara mengajukan serangkaian aplikasi merek dagang yang berusaha untuk membangun merek pada beberapa memorabilia virtual dan kartu perdagangan, semuanya diautentikasi oleh NFT.
Aplikasi merek dagang ini mencakup rekaman audio dan video yang bisa diunduh, file multimedia, maupun produk klub secara offline maupun online.
Selain itu, PSG juga menyertakan perangkat lunak dompet cryptocurrency dalam aplikasi ini.
Michael Kondoudis, seorang pengacara hak paten yang mengurus perihal ini mengatakan :
“Pengajuan ini mewakili langkah logis berikutnya untuk melindungi merek saat bergerak ke Metaverse. “
Jelas, PSG melihat potensi Metaverse dan sedang mempersiapkan merek dagangnya untuk ekonomi virtual yang akan mendominasinya.”
Baca juga : Manchester City Gandeng Sony Bangun Stadium Virtual di Metaverse
PSG sebenarnya bukanlah klub sepak bola Eropa pertama yang menyadari pentingnya metaverse sebagai alternatif untuk memperluas jangkauan dan meraih peluang bisnis baru.
Klub sepak bola lainnya seperti FC Barcelona, sedang mempersiapkan serangkaian aksi untuk pindah ke produk metaverse dan NFT.
Bahkan klub Manchester City sudah memulai rencana untuk membangun stadium Etihad virtual di Metaverse.
Tidak hanya ke ranah perusahaan teknologi semata, metaverse mulai diikuti banyak organisasi olah raga dan dianggap sebagai peluang bisnis baru.
Sebelum membuat gebrakan dengan NFT dan metaverse, klub bola PSG lebih dulu menginisiasi token khusus untuk para penggemar pada 2020.
Les Parisiens juga berencana untuk menambahkan mata uang kripto menjadi bagian dalam kontrak Lionel Messi, pemain yang didatangkan PSG pada Agustus lalu.
Baca artikel selanjutnya :