cryptocurrency

Kreatif!Youtuber Ini Bikin Tambang Bitcoin Dari Konsol Nintendo Gameboy

Techfor Id
Written by Techfor Id

Youtuber populer bernama Stacksmashing upload video yang katanya menunjukan cara dia meretas Nintendo Game Boy rilisan tahun 1989 untuk menambang bitcoin.

Terlepas dari kreativitas dan fakta bahwa penambang hanya memanfaatkan empat baterai double-A, Stacksmashing mencatat bahwa konsol game genggam 8-bit tidak sekuat rig penambangan modern saat ini.

Baca Artikel lainnya :

Cara Menambang Bitcoin dengan Konsol Gameboy

Empat tahun lalu, beberapa orang membuat beberapa metode menarik untuk menambang dan terhubung dengan jaringan Bitcoin.

Misalnya, bitcoiner Ken Shirriff yang dikenal mendapatkan simbol bitcoin yang ditambahkan ke Unicode telah menunjukkan kepada dunia bagaimana dia dapat menambang bitcoin dengan Xerox Alto versi lama.

Komputer itu klasik dan mesin pertama yang menambahkan antarmuka pengguna grafis (GUI) pada tahun 1973. Selain itu, pada tahun 2015, Shirriff juga menambang bitcoin dengan IBM 1401 yang berusia 55 tahun.

Selain eksperimen penambangan retro Shirriff, ada eksperimen lain pada tahun 2013 mengembangkan penambang Nintendo Entertainment System (NES).

Video Stacksmashing terbaru di Youtube memanfaatkan konsol game genggam 8-bit tahun 1989 yang terkenal sebagai Nintendo Game Boy.

Baca Juga : Kompetisi Adu Teknologi Blockchain, IBM Kalahkan Microsoft

Sedikit Mirip dengan penambang NES, Stacksmashing harus menghubungkan Game Boy ke Raspberry Pi dan memanfaatkan Link Port genggam untuk terhubung langsung dengan jaringan Bitcoin (BTC).

Dia juga menggunakan GBDK, kit pengembangan Game Boy open-source yang ditulis dengan bahasa pemrograman C.

Stacksmashing juga memanfaatkan implementasi SHA256 dari firmware sumber terbuka yang dibuat oleh produsen hardware dompet digital Trezor.

Stacksmashing kemudian berhasil menghubungkan Game Boy ke jaringan Bitcoin (BTC) dan dia berkata bahwa dia bahkan dapat mendengar mesin berusia 31 tahun itu melakukan hashing, walau tidak sekuat dan secepat komputer modern.

Baca Juga : Tools AI ini Bisa Merevolusi Dunia Mikroskopi?

Perangkat Nintendo milik Stacksmashing berhasil memproses 0,8 hash per detik (0,0008 kilohash) dan Stacksmashing menyoroti bahwa mesin canggih saat ini melakukan sekitar 100 terahash per detik (TH / s).

Kerennya lagi, Stacksmashing tidak Cuma mengajari seseorang cara merakit tambabng bitcoin Gameboy,

tetapi juga memberikan edukasi kepada pemirsanya tentang tata cara menambangnya juga.

Ia juga berpendapat, dengan sedikit kecerdikan, kreatif, dan inovasi, siapapun dapat menambang bitcoin dengan perangkat apa pun yang dapat menghitung angka.

Sumber : news.bitcoin.com

Baca Artikel Berikutnya,

Perusahaan EY Rilis “Kalkulator Pajak Mata Uang Kripto” Untuk Masyarakat U.S

About the author

Techfor Id

Techfor Id

Leave a Comment