5G

Masih Nunggu 5G Masuk, India Sudah Berani Klaim Siap Bangun Jaringan 6G di Tahun 2024

Masih Nunggu 5G Masuk, India Sudah Berani Klaim Siap Bangun Jaringan 6G di Tahun 2024
Written by Techfor Id

TechforID – Teknologi 5G kian menyebarkan dampaknya ke berbagai Negara-negara di belahan dunia manapun. Bahkan saat prosesnya ini, sudah ada beberapa Negara yang curi start untuk mulai maju ke teknologi 6G, termasuk Negara India.

Yang uniknya, saat Negara India masih menunggu peluncuran 5G di negaranya secara merata, mereka sudah amat ambisius menggarap 6G di tahun 2024.

Menurut Ashwini Vaishnaw, Menteri Komunikasi di India, negaranya akan mengembangkan dan menerapkan teknologi 6G setidaknya pada tahun 2023 atau 2024.

Jika klaim ini terbukti benar, maka negara tersebut akan menjadi yang terdepan dalam permainan konektivitas.

Dan akan ada menjadi perbaikan di banyak bidang karena kecepatan jaringan akan naik ke level baru.

Selain itu, India berencana untuk mengadopsi dan menerapkan teknologi domestik untuk pertumbuhan dan penyebaran konektivitas 5G di seluruh negerinya

Baca Juga : Indosat Ooredo Gandeng Cisco Kembangkan 5G di Indonesia

Rencana India Membangun Jaringan 6G

Menteri Komunikasi India sempat membahas hal ini dalam acara “New Technology and the Green Economy: Two Trends Shaping a New India?”. Di mana dia berkomentar tentang standar konektivitas cepat dari konektivitas generasi berikutnya seperti 5G dan 6G.

Dia juga menambahkan bahwa para insinyur dan ilmuwan sedang berinvestasi dalam proyek-proyek yang telah ditawarkan dengan izin yang diperlukan untuk mewujudkan upaya mereka di segmen ini.

Sang Menteri mengatakan bahwa pengembangan 6G sudah dimulai dan bisa segera di Implementasikan pada akhir 2023 atau 2024.

Negara ini akan memiliki perangkat lunak telekomunikasi yang dirancang untuk menjalankan jaringan.  Dimana nantinya akan ada peralatan telekomunikasi yang diproduksi di India dan bisa mendunia.

Selain itu, kementerian komunikasi India bertujuan untuk mendapatkan pegangan yang kuat dari ledakan 5G yang muncul di India.

Sementara pembicaraan tentang 6G telah mulai beredar, diyakini bahwa lelang spektrum 5G akan terjadi pada kuartal kedua tahun depan. diikuti oleh pengembangan teknologi dalam negeri sekitar kuartal ketiga tahun yang sama.

Baca Artikel Selanjutnya :

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu