Information Technology

Mau Nyaingin TikTok Nih, Youtube Rilis Fitur Youtube Short

youtube short
Written by Techfor Id

YouTube Shorts diluncurkan di Amerika Serikan sebagai bagian dari peluncuran beta mereka yang akan menambahkan tools kreasi ke aplikasi seluler.

Terinspirasi dan berusaha menyaingi rivalnya TikTok, YouTube Shorts memungkinkan pengguna membuat, mengedit, dan mengupload video vertikal berdurasi 15 detik.

Klip yang lebih pendek pun bisa digabungkan, dan ditambahkan music kedalamnya.

YouTube pertama kali memperkenalkan versi beta Shorts di India pada September 2020. Sejak itu, formatnya telah berkembang hingga melampaui 6,5 miliar penayangan setiap hari.

Youtube Short sama halnya seperti video biasa lainnya, yang artinya bisa dilihat dan muncul di hasil pencarian.

Tapi sayangnya ini baru tersedia untuk kawasan Amerika Serikat saja, Negara lainnya akan menyusul dalam waktu dekat.

Secara teknis, setiap video vertikal berdurasi 15 detik atau kurang yang diunggah ke YouTube memenuhi syarat dan dianggap sebagai jenis video Youtube Short secara otomatis.

Baca Juga : Aston Martin Rencana Merilis Mobil Listrik Di Tahun 2025!

Setelah diupload, video tersebut dapat ditemukan di halaman channel bersamaan dengan video lainnya

Peluncuran Beta Youtube Short

Tools Kreasi Video Tambahan

Walau sudah merilis tools kreasi saat perdananya di India, namun Youtube menambahkan lebih banyak lagi fitur kreasi dalam peluncuran Beta-nya di Amerika Serikat.

Fungsi baru akan memungkinkan pembuat menambahkan teks pada titik-titik tertentu dalam video, dan sampel serta audio remix dari Shorts lainnya.

Dalam beberapa bulan mendatang, YouTube berencana untuk memungkinkan pengambilan sampel audio dari video YouTube mana pun saat membuat video berjenis Short. Sebuah Channel bisa memilih sendiri untuk tidak ikut serta kalau lebih suka kontennya tidak dicampur ulang.

Youtube Short Player

Dalam Youtube Short juga memuat pengalaman menikmati video baru untuk versi aplikasinya. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menggeser video secara vertical dari satu video ke video lain.

Pengguna bisa mengakses Player atau pemutar video ini melalui carousel yang ada di home page Youtube, atau di tab Short pada versi mobile :

Short Player ini mengkurasi konten dari semua yang ada di Youtube, yang mana bisa membantu video lebih mudah ditemukan oleh banyak orang diluar audiens yang dimiliki si pembuat konten.

Baca Artikel Menarik Lainnya :

Sistem Monetisasi

Youtube akhirnya mulai mendiskusikan ide memonetisasi Short. Artinya pembuat konten bisa mendapatkan penghasilan tambahan kalau mereka mau menjadi bagian dari Program Mitra Youtube.

Memang belum dirilis detailnya, namun mereka pastikan sedang mencari peluang untuk merealisasikan hal ini :

Youtube Short adalah cara baru untuk menonton dan berkreasi di YouTube, jadi kami akan melihat kembali apa artinya memonetisasi Short dan memberi penghargaan kepada pembuat konten atas konten mereka.

Kami sangat berkomitmen untuk mendukung generasi kreator seluler berikutnya dengan Shorts, dan secara aktif mengerjakan tentang seperti apa tampilan opsi monetisasi di masa mendatang.

Jika perusahaan ingin menarik kreator populer dengan format ini, maka perlu menawarkan cara bagi para pembuat konten short untuk memperoleh pendapatan tambahan. Setidaknya pembuat konten sekarang tahu bahwa solusi tersebut sedang dikerjakan.

Sumber : www.searchenginejournal.com

Baca Artikel Selanjutnya,

Masa Depan Aircraft Carrier di Kemiliteran Secara Global

About the author

Techfor Id

Add Comment

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu