Blockchain

Membangun Masa Depan yang Terdesentralisasi Dengan dApps

Written by Techfor Id

Lahirnya teknologi internet menjadi salah satu teknologi yang mengubah jalan hidup dan cara pandang manusia. Sejak 2009, lahirnya blockchain dan Bitcoin memberikan nuansa yang sama, teknologi yang bisa mengubah cara kita bertransaksi dan berinteraksi. Minat aplikasi dApps untuk membangun masa depan lebih terdesentralisasi menjadi semakin tinggi.

Minat terhadap keberadaan dApps dan teknologi blockchain sebagai teknologi yang terdesentralisasi juga semakin meningkat. Hal ini ditandai dengan adanya investasi miliaran dolar pada teknologi ini oleh berbagai Perusahaan raksasa. Dari perusahaan yang berbasis pada teknologi hingga perusahaan berbasis investasi.

Sifat distribusi yang tangguh dan transparan inilah yang menjadi daya tarik para peminat blockchain untuk mulai menggunakan dApps. Aplikasi Terdesentralisasi (decentralization Application) memiliki berbagai keunggulan dan berbagai fungsinya. Lebih dari 3500 dApps yang sudah beredar, serta ratusan ribu pengguna aktif dan terus meningkat.

Mengenal dApps Lebih jauh

Histeria akan hadirnya Bitcoin sebagai pengembang pertama cryptocurrency memang tidak dapat kita pungkiri. Begitu juga lahirnya berbagai cryptocurrency lain, seperti ethereum yang memiliki nama besar setelah Bitcoin. Ethereum juga menjadi salah satu teknologi blockchain terbaik saat ini, yang ramah bagi pengembang untuk membangun dApps.

  • Apakah dApp?

dApps merupakan aplikasi yang dibangun menggunakan protokol blockchain yang terdesentralisasi. Tetapi berbeda dengan aplikasi peer-to-peer yang tersentral, bagi awam akan sulit membedakannya. Karena sistem ini berjalan pada balik layar, secara tampilan akan sama dengan aplikasi pada umumnya.

Dan untuk saat ini, Ethereum merupakan host untuk Aplikasi Terdesentralisasi terkemuka.

  • Bagaimana dApp Bekerja?

Sebagai dasar untuk mengetahui mengenai Aplikasi Terdesentralisasi, kita bisa memulai dengan mempelajari apa itu smart contracts dan bagaimana cara kerjanya. Smart contracts merupakan protokol untuk dalam sebuah rantai sistem, yang memiliki sifat transparan bagi peserta jaringan.

Secara mudah, cara kerja dApps sama seperti mesin penjual minuman. Ada berbagai minuman dengan nilai yang berbeda-beda. Untuk bisa mendapatkan minuman yang kita inginkan harus memasukan nilai yang tepat dengan pilihan yang tepat. Smart contracts kurang lebih memiliki cara kerja yang sama dengan menyimpan dana serta melaksanakan perjanjian transaksi sesuai permintaan.

  • Fitur dApp

Keunggulan utama Aplikasi Terdesentralisasi adalah kontrol lebih bagi pengguna atas data dari pada kontrol dari aplikasi itu sendiri. Selain itu, ada berapa fitur yang mudah kita temukan dalam dApps.

  • Open-source, kebanyakan aplikasi dApps adalah open-source, dan gratis.
  • Terdesentralisasi pada host blockchain tertentu
  • Terdistribusi dengan aman dengan verifikasi kriptografi kompleks
  • Terisolasi, saat satu smart contracts memiliki bug, dia akan terisolasi dan tidak mempengaruhi jaringan.

Keuntungan Menggunakan dApps (Ethereum)

Memang peluang Aplikasi Terdesentralisasi dapat secara jelas menguntungkan bagi pengguna perseorangan, tetapi tidak menutup kemungkinan perusahaan dan pebisnis juga memanfaatkan dApps. Seperti kepemilikan aset digital sebagai alternatif kapital perusahaan, dengan memanfaatkan penyimpanan aset mereka.

Karena dApps dirancang sebagai ekstensi untuk berbagai blockchain, maka memungkinkan untuk beberapa cryptocurrency. Melihat dari minat pada kepemilikan dan pengembangan teknologi blockchain saat ini.

Terutama bagi Ethereum, berbagai keunggulan penggunaan Aplikasi Terdesentralisasi bisa kita dapatkan, seperti:

  • Tanpa pemilik tunggal, kode dalam dApps tidak dapat terhapus. Jadi saat suatu perusahaan pengembang dApps kolaps, siapapun masih bisa memanfaatkan fitur dari kode tersebut
  • Anonim, kita tidak perlu khawatir data pribadi kita tersebar. Kebanyakan transaksi hanya akan mengekspos alamat dari wallet kita saja.
  • Dengan token ETH dari Ethereum pembayaran bisa kita lakukan, tanpa harus menggunakan pihak ketiga.
  • Aman, secara kriptografi yang terdesentralisasi, kemungkinan untuk mengubah kontrak hampir mustahil. Karena data dan analisa telah terjaga dari semua peserta jaringan.

Tentu dengan berbagai keunggulan lainnya yang sangat bisa kita gunakan untuk perorangan maupun bisnis.

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Open chat
Tanya Sekarang Aja 🤩
Hi ini Windy, dari Techforid🤩

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techforid
Seperti :

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor di atas atau beritahukan Windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu [Klik Open Chat]