5G

Samsung Galaxy Z Fold3 5G, Ponsel Layar Lipat Pertama yang Tahan Air

Written by Techfor Id

TechforID – Samsung Galaxy Z Fold3 5G ponsel layar lipat yang dibekali dengan fitur water resistance dengan rating IPX8, artinya perangkat sudah teruji tahan air tawar hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Galaxy Z Fold3 5G resmi menjadi ponsel layar lipat pertama di dunia yang aman ketika terkena cipratan air hujan atau kolam renang.

Fitur water resistance dihasilkan dengan melekatkan waterproof tape di sela-sela case dan lubang ponsel, membuat air tidak mudah masuk ke bagian dalam.

Berbeda dari ponsel yang terdiri dari satu batang bodi, Samsung Galaxy Z Fold3 5G memiliki tiga bagian berbeda, yakni dua bodi dan sebuah engsel.

Samsung menjelaskan, dua bodi Galaxy Z Fold3 5G dapat dilindungi dari air dengan menggunakan metode konvensional melalui waterproof tape.

Samsung Galaxy Z Fold3 5G, Ponsel Layar Lipat Pertama yang Tahan Air. Foto: Samsung

Para teknisi dan desainer Samsung menggunakan bahan anti-korosi yang dilengkapi dengan pelumas sebagai material engsel Galaxy Z Fold3 5G. Tujuannya, supaya bagian engsel tidak mudah kena karat atau korosi saat terpapar air.

Samsung juga menggunakan karet dan segel bermaterial CIPG (cured-in-place gaskets) untuk melindungi mainboard dari korsleting karena air. Kedua bahan ini berfungsi mengunci mainboard dan melindungi bagian penting ponsel.

Samsung juga melapisinya dengan frame berbahan aluminum, membuat ponsel ini memiliki build yang kuat dan tidak mudah tergores saat jatuh dari ketinggian 1 meter atau lebih.

Baca juga: HMD Global Luncurkan Nokia X100 dengan Desain Konservatif dan Klasik

Kaca anti-gores paling mutakhir Corning Gorilla Glass Victus juga diberikan, baik pada penampang belakang dan layar penutup di Samsung Galaxy Z Fold3 5G.

Samsung Galaxy Z Fold3 5G hadir dengan layar utama Dynamic AMOLED 2X Display seluas 7,6 inci beresolusi 2208 x 1768 pixel dan refresh rate mulus 120Hz.

Layar Utama tersebut dapat membuka tiga aplikasi sekaligus guna menunjang produktivitas pengguna. Untuk layar penutup, dibekali dengan layar Dynamic AMOLED 2X Display 6,2 inci beresolusi HD Plus dan 120Hz adaptive refresh rate.

Samsung Galaxy Z Fold3 5G, Ponsel Layar Lipat Pertama yang Tahan Air. Foto: Samsung

Layar utama ponsel tidak memiliki lubang tempat kamera (punch hole) maupun poni (notch), membuat layarnya terasa lebih lega. Sebagai gantinya, Samsung Galaxy Z Fold3 5G telah mengusung sistem kamera bawah layar.

Layar Utama Samsung Galaxy Z Fold3 5G pun telah ditingkatkan hingga dapat kompatibel untuk stylus S Pen. Kompatibilitas S Pen pada Samsung Galaxy Z Fold3 dimungkinkan berkat keberadaan dua digitizer di bawah masing-masing layar.

Samsung Galaxy Z Fold3 5G juga dilengkapi electromagnetic resonance controller untuk menghitung sinyal sentuhan S Pen di masing-masing digitizer. Tujuannya, agar coretan S Pen di sekitar lipatan layar tetap akurat meski plat digitizer-nya terbagi menjadi dua.

Samsung Galaxy Z Fold3 5G memiliki total 5 kamera. Ketiganya terdiri dari trio 12 MP di bagian belakang, sebuah kamera bawah layar 4 MP di Layar Utama, dan kamera selfie 10 MP di Layar Penutup.

Didapur pacu, ditenagai dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 888 dengan RAM jumbo 12 GB, pilihan memori internal 256 atau 512 GB dan baterai 4.400 mAh. Ponsel ini telah didukung jaringan 5G yang menjanjikan konektivitas internet terbaik.

Harga RRP smartphone layar lipat Galaxy Z Fold3 5G dengan memori internal 256 GB dibanderol Rp 24.999.000. Versi memori internal 512 GB dijual dengan harga RRP Rp 26.999.000.

Baca artikel selanjutnya:

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu