Digital Marketing

Sukses Beriklan di Google Ads Dengan 5 Langkah ini!

ctr
Written by Techfor Id

 1. Melacak permintaan pelanggan

Salah satu resep mensukseskan kampanye Google Ads kamu ialah mengetahui apa yang diinginkan customer. Jika apa yang mereka cari tidak sesuai atau relevan dengan produk kamu, maka usaha Google Ads kamu akan menjadi sia-sia. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai kampanye online :

  • Pastikan volume pencarian yang memadai untuk menargetkan pasar kamu
  • Kenali apa yang customer kamu inginkan dan berikan solusinya dengan produk kamu
  • Membuat produk atau jasa yang memiliki permintaan pasar yang tinggi

Begitu kamu mengetahui apa yang mereka mau, kamu sudah mencapai titik start yang baik pada bisnis online anda.

2. Tentukan Dengan Jelas Tujuan Kamu

Jenis Kampanye Search Engine Marketing apapun pasti memiliki tujuan dan hasil yang diharapkan agar berhasil. Kamu tentunya ingin kampanye google ads meningkatkan profit bisnis kamu atau menarik lebih banyak lagi customer potensial. Dalam hal membuat produk anda lebih dikenal. Pertimbangkan hal-hal berikut ini :

  • Hasil apa yang kamu harapkan dari kampanye iklan kamu?
  • Siapa targe kamu?
  • Jenis keyword seperti apa yang banyak dicari & relevan dengan bisnis kamu?
  • Bagaimana membuat iklan kamu relevan dengan keyword yang diketik di google?
  • Tindakan apa yang ingin kamu lakukan untuk pengunjung?

Kamu juga harus selalu peka terhadap jenis Call to Action apa yang ingin kamu sajikan untuk customer agar kamu bisa membuat kampanye iklan yang jelas & merefleksikan tujuan kamu. Jangan lakukan kampanye iklan apapun jika kamu masih belum jelas dalam menentukan tujuan dan mengetahui apa yang kamu butuhkan untuk mendapatkan hasil yang baik.

CTA pada Google Ads

Contoh CTA pada website jasa SEO

Tempat Kursus Komputer Terbaik | Digital Marketing, Programming, SEO, Dll.

3. Gunakan Keyword yang tepat pada Google Ads

Saat kamu akan menerapkan kampanye iklan, Kamu diharuskan memasukan sebanyak mungkin jenis kata kunci yang relevan dengan tema website kamu untuk hasil terbaik. Berikut adalah contoh menggunakan Keyword yang relevan pada google ads.

Google Ads akan memberikan kamu beberapa opsi keyword sesuai dengan tema iklan kamu. Pada contoh gambar di atas bertemakan tentang Jasa Iklan Adwords. Kamu tidak perlu bingung, karena disini secara otomatis google ads akan memberikan beberapa keyword yang sesuai dengan tema Jasa iklan adwords. Kamu dapat menentukan sendiri keyword mana yang memiliki tingkat volume pencarian paling tinggi pada SERPs Google.

Baca Juga : Kenali Sosial Media yang Cocok Untuk Bisnismu, Sebelum Beriklan!

Sebagai tambahan, dibawah ini adalah 3  tipe keyword yang menentukan bagaimana iklan kamu ditampilkan :

Broad match : Broad match merupakan pengaturan default dari google yang disediakan untuk kamu. Tipe ini memungkinkan iklan kamu agar tampil pada pencarian dengan keyword serupa dan relevan seperti sinonim, bentuk tunggal &  jamak, Kesalahaan pengejaan, dan Stemming

Broad match memberikan jangkauan audience yang luas namun memiliki kelemahan seperti munculnya iklan kamu pada hasil pencarian yang tidak relevan dengan bisnis kamu.

Broad match Modifier : Broad Match modifier sama halnya seperti Broad Match namun dengan sedikit modifikasi. Dengan menambahkan simbol “ + ” sebelum keyword,  jadi iklan kamu hanya muncul jika audience mengetik keyword yg kamu tentukan setelah  simbol “ + ”.

Phrase Match : Phrase Match memungkin google untuk menampilkan iklan dengan keyword  pilihan kamu yang memiliki urutan sama. Contohnya jika saya memilih keyword “ Jasa murah adword” maka iklan saya tidak akan tampil apabila audience menginput keyword “ jasa adword murah”.

Exact Match : Seperti namanya, opsi ini akan memastikan iklan kamu hanya muncul ketika seseorang mencari dengan istilah pencarian yang identik dan mirip dengan keyword pilihan kamu. Jika saya menggunakan keyword “Jasa adword murah”, maka iklan saya tidak akan muncul di hasil pencarian “jasa adword murah seindonesia”.

Sortir grup iklan kamu sesuai dengan jenis Keyword untuk memastikan kampanye google ads tetap terorganisir dengan baik.

4. Optimasi Kampanye Google Ads Kamu

Tidak ada iklan yang sempurna, jadi kamu perlu melakukan revisi secara berulang-ulang untuk mencapai hasil yang lebih baik. Hal ini meliputi :

  • Keyword Bids : Dari waktu ke waktu, kamu dapat memantau perkembangan Keyword pada iklan google kamu. Jika Keyword yang digunakan tidak memiliki hasil yang positif. Mungkin kamu perlu menurunkan Bids pada keyword tersebut atau menggantinya.
  • Landing Page Conversion Rate : Landing page kamu harus menawarkan apa yang ada diiklan anda jika tidak ingin audience pergi dari website kamu. Landing page yang sesuai dengan iklan akan meningkatkan Conversion Rate yang tinggi dan memberikan profit untuk bisnis kamu.
  • Click Through Rates : Quality Score atau tingkat kualitas suatu website ditentukan secara langsung dengan Click Through Rates pada google ads tertentu. Cobalah untuk melakukan beberapa kampanye Iklan secara bersamaan dan lihat iklan mana yang memberikan jumlah klik terbanyak.

5. Kenali Jenis Kompetisi bisnis apa yang sedang dihadapi

Mengetahui tentang apa yang dilakukan pesaing kamu akan membantu kamu dalam pengambilan keputusan bagaimana menjalan Iklan Adwords anda. Inilah hal-hal yang perlu anda perhatikan untuk menghadapi kompetitor kamu:

  • Penggunaan Keyword kompetitor kamu
  • Seperti apa CTA yang mereka gunakan
  • Tampilan Landing Page mereka

Dari ketiga hal tersebut bisa disimpulkan bahwa kamu siap bersaing dengan mereka dan menyusun dengan pasti Iklan Google Ads seperti apa yang cocok dan efektif. Kamu bisa mencari tau tentang kompetitor yang akan kamu hadapi pada search engine google seperti berikut .

Calon Kompetitor yang akan dihadapi jika anda bergerak pada bidang Jasa SEO

Kampanye Google Ads yang baik mengandung iklan dengan struktur dan konsep yang kuat. Mungkin kamu perlu mempertimbangkan menyewa jasa Online Marketing untuk membantu bisnis anda mencapai level yang lebih tinggi.

Sumber : https://www.business.com/articles/seven-strategies-to-make-adwords-campaign-successful/

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu