AI & Data Science Information Technology

Xirang, Metaverse Manusia Digital Versi Baidu

TechforID –  Perusahaan teknologi asal Cina, Baidu, memperkenalkan metaverse manusia virtual Xirang versi perusahaan selama acara Baidu Create 2021.

Namun beda dengan persentasi yang diberikan oleh Mark Zuckerberg. Xirang bakal dihuni oleh manusia dan AI yang berinteraksi melalui avatar yang dibangun di platform Xi Ling.

Xi Rang membuat kota digital bernama Creator City yang desainnya meniru kota asli fisik tetapi dipadukan seperti biara Shaolin.

Metaverse Xi Rang ini bisa diakses melalui aplikasi komputer maupun smartphone, atau bisa juga melalui headset VR.

Pengguna dengan akun layanan Baidu dapat mendaftar di aplikasi dan membuat avatar untuk berkeliling dunia Xi Rang, berinteraksi dengan orang lain dengan mengarahkan avatar mereka ke orang lain dan berbicara.

XiRang, yang berarti ‘tanah harapan’, saat ini dapat mendukung hingga 100.000 pengguna, yang ditekankan Baidu karena metaverse-nya masih dalam pengembangan.

Menurut CEO Baidu Robin Li, metaverse akan memulai “era keemasan AI selama sepuluh tahun ke depan” dan awal dari “simbiosis manusia-komputer,” yang akan mengubah dunia.

Baca juga : Beginilah Pernikahan di Metaverse Pertama Dunia

Li mengklaim Baidu memiliki sekitar satu juta karyawan berfokus di AI dan berencana melipatgandakan jumlahnya dalam lima tahun ke depan.

Kreator adalah rekan kami dalam mengejar impian akan teknologi, mereka juga merupakan kekuatan pendorong besar kemajuan manusia,” kata Li.

Sedangkan Xi Ling adalah platform Baidu untuk membangun avatar digital dengan kecerdasan buatan untuk digunakan di berbagai media.

Baidu menggambarkannya sebagai alat untuk merancang juru bicara virtual untuk iklan audio dan video, posting media sosial dan sebagai pembawa acara, tidak seperti manusia virtual yang dibangun oleh Sber untuk menjadi pembawa acara televisi Rusia.

Nilai perusahaan manusia virtual telah meningkat pesat selama beberapa tahun terakhir, dan alat maupun kreasi manusia virtual yang baru serta lebih baik kian muncul setiap saat.

Platform kreasi manusia virtual memang digadang-gadang sedang jadi incaran arena bisnis baru bagi perusahaan besar.

Misalnya saja dari pihak Unreal Engine pada awal tahun juga sempat merilis MetaHuman Creator guna mempercepat konsep dan startup baru terkait realitas virtual.

Selain Xirang, Metaverse versi Meta juga mulai mencoba membuat kantor virtual, dengan permintaan yang meningkat dengan cepat karena pandemi COVID-19 memengaruhi konferensi dan acara lainnya.

Baca artikel selanjutnya :

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu