Digital Marketing

5 Strategi Kampanye Email Marketing yang Eksplosif di 2020

Strategi email marketing
Avatar photo
Written by Techfor Id

Ketika Anda mengikuti strategi Email Marketing ini, email juga akan menjadi saluran marketing terpenting Anda.

1. Personalisasi pesan Anda

Membahas tentang Email Marketing yang dipersonalisasi, bukan berarti bahwa Anda mengirim satu persatu email ke setiap pelanggan. Personalisasi berarti Anda menggunakan data pelanggan untuk membuat pesan yang dipersonalisasi.  

Misalnya, Baris subjek email yang dapat dipersonalisasi dengan nama depan penerima dapat meningkatkan rate email tersebut dibuka sebesar 16%

Di luar menggunakan nama pelanggan, berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda memulai dengan personalisasi:

Baca Juga : 7 Alasan Digital Marketing Sangat Penting Untuk Bisnis Anda

  • Informasi Pembuka yang benar : Personalisasi hebat dimulai sebelum Anda menekan tombol ‘kirim’. Semuanya dimulai dengan formulir pendaftaran Anda. Tanpa data seperti nama, perusahaan, dan lokasi, Anda akan sangat terbatas dengan komunikasi pribadi Anda. Ingatlah untuk hanya menanyakan informasi yang Anda butuhkan, bukan informasi yang Anda inginkan.  
  • Cantumkan alamat email balasan : Dengan mencantumkan Alamat email pada Email Marketing akan meningkatkan Kredibilitas dan tampil lebih personal kepada para pelanggan anda 
  • Gunakan tanda tangan asli pada email anda: Sama seperti menggunakan alamat email balasan yang nyata, Anda ingin menggunakan informasi kontak nyata dalam email dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memasukkan detail kontak Anda dalam tanda tangan email. Memberi pembaca Anda kesempatan untuk menghubungi Anda atau terhubung dengan Anda secara lebih dekat adalah cara yang bagus untuk membangun hubungan dengan mereka. 

Tempat Kursus Komputer Terbaik | Digital Marketing, Programming, SEO, Dll.

2. Segmentasikan Pelanggan Anda

Bagi Email Marketing, segmentasi adalah hal penting yang wajib diperhatikan

Cara terbaik untuk menarik pemilik usaha kecil agar tertarik dengan anda adalah membuat segmen orang yang mendaftarkan diri mereka sebagai pemilik usaha kecil yang tinggal dalam jarak 20 mil dari  Anda dan kemudian mengirim undangan kepada mereka melalui email. Bagian segmentasi sederhana dan dapat dengan mudah dilakukan melalui Software CRM .

Baca Juga : 8 Strategi Digital Marketing terkini utuk Meningkatkan Profit Anda

Bandingkan ini dengan mengirim satu email ke seluruh basis data Anda, dengan pelanggan yang tersebar di seluruh negara (atau benua).

Jika Anda mengelompokkan daftar, Anda mendapatkan tarif terbuka , pendapatan, arahan, transaksi, dan lebih banyak pelanggan yang lebih baik.

Jadi, berikut adalah beberapa contoh Segmentasi yang bisa anda terapkan:

  • Segmen menurut industri: Apakah Anda menawarkan layanan dan produk ke bisnis atau konsumen ? Mengetahui industri pelanggan Anda adalah cara yang bagus untuk mensegmentasi Email Marketing Anda. Misalnya, bisnis yang menjual suku cadang mobil akan terlibat pada tingkat yang jauh lebih tinggi jika mereka menerima Email Marketing pada produk mobil, dibandingkan dengan bisnis yang menjual Software.
  • Segmen menurut ukuran perusahaan : Juga dikenal sebagai Marketing berbasis akun , mengelompokkan Email Marketing berdasarkan ukuran perusahaan atau pendapatan tahunan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan tingkat respons. Sebuah bisnis kecil yang mempekerjakan 5 orang kemungkinan tidak siap untuk konferensi industri terbesar tahun ini, sedangkan bisnis yang mempekerjakan 750 orang mungkin lebih cocok.
  •  Segmen berdasarkan siklus penjualan : Pembeli tahap awal tidak akan siap untuk promosi penjualan yang agresif, mereka akan lebih menghargai untuk menerima buku putih penelitian industri. Di ujung lain siklus, pembeli yang siap membeli akan merespons dengan baik webinar produk atau penawaran uji coba gratis .   

3. Mengirim Email Berbasis Mobile Yang Ramah

Pada tahun 2012, 27% dari semua Email Marketing dibuka di perangkat

seluler(Mobile). Pada 2014, jumlah itu melonjak hingga 42% .

Sekarang, setinggi 61%!

 55% pengguna ponsel  telah melakukan setidaknya satu pembelian setelah menerima Email Marketing di Ponsel mereka.  

Selain itu, sebuah studi oleh Flexmail menemukan bahwa 36% dari perusahaan B2B yang telah mengoptimalkan Email Marketing mereka untuk perangkat seluler mengalami peningkatan terhadap kinerja email marketing mereka.  

Baca Juga : Cara Meningkatkan Traffict Pada Website yang Eksplosif di Tahun 2020!

Jadi, bagaimana Anda mengoptimalkan kampanye untuk perangkat seluler?

Jangan khawatir, berikut adalah beberapa tips tentang cara melakukannya.

  • Menerapkan desain email yang responsif (RED): Membuat desain email responsif berarti bahwa pengalaman pengguna dioptimalkan terlepas dari perangkat atau layar yang mereka gunakan. Sebagian besar penyedia layanan email (ESP) menawarkan solusi ini dalam fungsionalitas email mereka. 
  • Buat Judul atau Header dengan Singkat dan Jelas : Judul sangat penting. Buatlah singkat agar pembaca tahu persis tentang topik email anda. 
  • Buat tombol Call to Action yang jelas: Ukuran layar telepon seluler bervariasi. Meskipun tautan teks dapat berfungsi pada tablet atau layar yang lebih besar, namun bagaimana dengan layar yang lebih kecil. Buat tombol CTA yang besar dan jelas akan memudahkan mereka membalas pesan anda

4. Gunakan Timing yang tepat sebelum mengirim Email

Penelitian menunjukkan bahwa waktu terbaik untuk mengirim email adalah antara jam 10 dan 11 pagi, dan penelitian lain menunjukkan hari terbaik untuk rasio terbuka tinggi adalah hari Kamis, sedangkan hari terbaik untuk klik-tayang adalah Selasa. Namun tidak ada yang 100% akurat. Tentukan Timing anda sendiri, lakukan pengiriman di waktu yang berbeda. Analisa mana timing dengan Open & Click rate tertinggi

5. Konsisten

Menurut Enterpreneur, tidak ada nomor ajaib untuk seberapa sering mengirim Email Marketing Anda. Studi MarketingSherpa tampak menyarankan bahwa lebih baik mengirim email lebih sering daripada tidak sering. 15% dari hasil survei mengatakan bahwa mereka tidak akan keberatan menerima email promosi setiap hari.

Baca Juga :

Penting untuk konsisten dengan Email Marketing Anda dan bertanya kepada audience seberapa sering mereka ingin melihat email promosi dari Anda.

Baca Berikutnya 14 Tips Jualan Laris!

Sumber : https://www.superoffice.com/blog/email-marketing-strategy/ , https://www.campaignmonitor.com/blog/email-marketing/2019/07/9-ways-to-improve-your-email-marketing-strategy-in-the-next-60-days/

About the author

Avatar photo

Techfor Id

Add Comment

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu