Digital Marketing

Google Ads : Cara Buat Iklan Yang Efektif dan Mendapatkan Hasil yang Baik

google ads
Avatar photo
Written by Techfor Id

Step 1 : Pahami Fungsi dari Google Ads

Sebelum kamu menginvestasikan uang kamu pada iklan onlinemu di Google Ads, alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu apa itu Google Ads!

Google AdWords adalah alat pemasaran yang dikembangkan untuk membantu kamu dalam menampilkan iklan untuk mempromosikan produk atau layanan kamu secara online. Google memproses ratusan juta pencarian per hari, jadi masuk akal untuk membuat iklan yang sederhana dan efektif dan menampilkannya kepada orang-orang yang sudah mencari secara online informasi yang terkait dengan bisnis kamu .

Tidak perlu membuang-buang waktu untuk membuat SEO yang sempurna, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya dan secara ajaib website kamu akan tampil di halaman teratas. Tetapi perlu juga diingat bahwa Google melihat Quality Score dan relevansi website kamu terhadap keyword yang kamu berikan. Jadi jangan harap iklan produk baju kamu tampil jika website kamu berisi spare part motor.

Namun Jika dikelola dan diatur dengan benar, Google AdWords dapat membantu meningkatkan traffic online, traffic website, Brand Awareness (pengenalan Merk), dan menghasilkan penjualan optimal atau Return Of Investment yang tinggi pada bisnis kamu .

Tempat Kursus Komputer Terbaik | Digital Marketing, Programming, SEO, Dll.

 Step 2 : Kenali Target Audience kamu

Jika kamu bergerak pada bisnis dengan niche Fashion. Maka tentunya kamu perlu mencari tahu fashion atau jenis pakaian yang sedang trending. Dengan demikian, kamu sebagai penjual mampu memberikan apa yang audience kamu inginkan. Kamu bisa menggunakan Tool seperti Google Trend untuk mengetahui jenis pakaian apa yang sedang trending. Dibawah ini adalah contoh gambar perbandingan antara Jaket jeans dan Sweater rajut pada pencarian Google dengan menggunakan Google Trends.

Baca Juga : Mengenal Bagaimana Peran CTO sebagai Benteng Perusahaan

Bisa kamu lihat dari gambar perbandingan diatas, diketahui bahwa dalam 12 bulan terakhir pencarian Jaket Jeans lebih besar daripada Sweater rajut. Berdasarkan informasi tersebtu, pasti kamu ingin segera menjual jaket jeans di toko online kamu .

Step 3 : Lakukan Riset Keyword atau kata kunci yang efektif

Keyword atau kata kunci merupakan komponen krusial dalam google ads. Karena google ads hanya menampilkan iklan dengan Keyword yang sama, mirip, sesuai dengan Keyword yang anda tentukan di Iklan google ads kamu .

Berikut ini adalah jenis Keyword yang ada pada Google Ads :

  • Broad match Modifier : Broad Match modifier sama halnya seperti Broad Match namun dengan sedikit modifikasi. Dengan menambahkan simbol “ + ” sebelum keyword,  jadi iklan anda hanya muncul jika audience mengetik keyword setelah “ + ”.

Contoh apabila saya menginput keyword “ +Jaket Jeans di Bandung”, iklan saya tidak akan muncul apabila audience mencari “Makanan di Bandung”.

  • Phrase Match : Phrase Match memungkin google untuk menampilkan iklan dengan keyword  pilihan kamu yang memiliki urutan sama. Contohnya jika saya memilih keyword “ Jaket Jeans Murah” maka iklan saya tidak akan tampil apabila audience menginput keyword “ Jeans jaket murah”.

Untuk menentukan jenis keyword ini kamu hanya perlu memasukan Keyword diantara kutipan / tanda kutip (“ ”)

  • Exact Match : Seperti namanya, opsi ini akan memastikan iklan kamu hanya muncul ketika seseorang mencari dengan istilah pencarian yang identik dan mirip dengan keyword pilihan kamu . Jika saya menggunakan keyword “Jaket Jeans Bandung”, maka iklan saya tidak akan muncul di hasil pencarian “Jaket Jeans Termurah di Bandung”.

Kamu hanya perlu meletakan tanda kurung pada keyword yg ditentukan. Contoh [Jaket Jeans Bandung]. Exact match bisa menjadi cara yang aman guna menghemat kantong kamu, namun sangat lambat dalam mempromosikan iklan kamu.

Step 4 : Buat Ads Campaign yang berbeda pada iklan kamu

Google Ads memberikan kamu fitur untuk melakukan banyak kampanye iklan dalam satu waktu, meskipun dengan demikian tentunya semakin besar biaya yang diperlukan. Tapi dengan hal tersebut, kamu akan mendapatkan keuntungan berlipat ganda serta memiliki tujuan iklan yang lebih spesifik

Dari data diatas, bisa disimpulkan kalau Jaket jeans mengalami total pencarian terbesar diwilayah pulau jawa, Kalimantan, dan Sumatra. Sedangkan Sweater rajut hanya berfokus di pulau jawa dan sedikit peminat di pulau Sumatra serta Sulawesi.

Sesuai data tersebut, kamu bisa membuat 2 jenis iklan dengan produk berbeda namun dengan target audience yang berbeda. Untuk Iklan penjualan Jaket jeans, kamu bisa menargetkan iklan agar tampil di wilayah pulau Jawa, Kalimantan, dan Sumatra.

Untuk iklan sweater rajut, kamu bisa menargetkan iklan agar hanya tampil khusus untuk wilayah jawa saja dan wilayah-wilayah tertentu di Pulau Sumatra dan Sulawesi.

Membuat 2 jenis iklan dengan produk yang berbeda di setiap iklannya dapat membuat iklan kamu menjadi lebih efisien meskipun dengan biaya lebih. Tetapi dengan hal ini iklan kamu menjadi lebih spesifik dan tepat sasaran dalam menarik audience yang relevan dengan produk yang kamu jual.

Step 5 : Lakukan tracking pada Iklan kamu

Lakukan tracking pada setiap iklan yang ada dengan Adwords reporting, analytic, atau dengan tool tracking yang lainnya. Karena tracking merupakan komponen penting dalam langkah menentukan efektif atau tidaknya iklan kamu.

Jadikan data tersebut sebagai titik acuan dalam menentukan mana iklan yang memiliki traffic yang tinggi dan mana yg tidak. Lakukan sedikit perubahan pada judul atau deskripsi iklan kamu, buat variasi sebanyak mungkin. Dan coba secara berulang-ulang. Semakin banyak anda mencoba, semakin banyak pula informasi yang anda dapat agar iklan kamu menjadi lebih efektif.

Sumber : Digitalmarketinginstitute.com

About the author

Avatar photo

Techfor Id

1 Comment

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu