Cyber Security

Polisi Spanyol Tangkap Buronan Mafia Lewat Google Maps

Polisi Spanyol Tangkap Buronan Mafia Lewat Google Maps
Avatar photo
Written by Techfor Id

TechforID – Polisi di kota Madrid Spanyol berhasil menangkap seorang buronan mafia bernama Gioacchino Gamino berkat tangkapan layar Google Maps yang menampilkan pria itu sedang mengobrol di depan toko buah.

Agak terdengar lucu namun pihak polisi memang selama ini tidak bisa menemukan Gioacchino meskipun mereka tau ia bermukim di Spanyol.

Polisi Spanyol Tangkap Buronan Mafia Lewat Google Maps
Tangkapan layar Google Maps yang menampilkan Gioacchino Gamino (Baju hitam). Foto : Google Maps

Berkat peluang menguntungkan ini, wakil direktur unit anti-mafia Italia (DIA) Nicola Altiero berhasil melakukan penyelidikan dan menangkap pria tersebut.

Mengutip La Repubblica, Gioacchino Gamino sendiri adalah bos kelompok mafia Stidda di Agrigento. Kelompok ini sering menyaingi mafia Cosa Nostra yang terkenal.

Dia diselidiki pada 1980-an oleh hakim anti-mafia terkenal Giovanni Falcone namun sayang ia tewas dalam serangan bom.

Baca juga : Microsoft Awasi Empat Negara Ini Karena Alasan Hacking

Gioacchino berhasil melarikan diri dari penjara Rebibbia Roma pada tahun 2002 ketika sebuah film sedang dibuat di sana, dan setahun kemudian dijatuhi hukuman seumur hidup karena pembunuhan.

Dia menghindari penangkapan polisi selama 20 tahun sejak itu, dan tampaknya terkejut bahwa hidupnya di kota kecil Spanyol telah terungkap hanya dari tangkapan layar Google Maps atau tepatnya street views.

Dalam penyamarannya, Gioacchino menggunakan nama Manuel dan bekerja sebagai koki di sebuah restoran bernama La Cocina de Manu.

Restoran tersebut bahkan memiliki profil facebook-nya tetapi sudah ditutup, mengungkapkan foto Gioacchino dan bahkan bisnis tersebut menawarkan hidangan bertema makan malam Sicillia.

Google Maps Street View yang membuktikan kejatuhannya juga menunjukkan dirinya sedang mengobrol dengan seorang pria di depan toko buah El Huerto de Manu.

Menurut polisi setempat, ia saat ini ditahan di Spanyol, namun diharapkan bisa dikembalikan ke negara asalnya Italia pada Februari 2022.

Baca artikel selanjutnya :

About the author

Avatar photo

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu