AI & Data Science Android Information Technology

Bytedance Uji Coba Aplikasi Jejaring Sosial Serupa Metaverse

Bytedance Uji Coba Aplikasi Jejaring Sosial Serupa Metaverse Party Island
Written by Techfor Id

TechforID – Perusahaan induk TikTok, Bytedance, meluncurkan aplikasi jejaring sosial baru berjudul Party Island (Paiduidao) yang tampak seperti Metaverse, meskipun pihak perusahaan membantah tautan itu.

Party Island atau Paiduidao memungkinkan pengguna untuk menggunakan avatar dan berinteraksi satu sama lain dalam komunitas virtual.

Aplikasi ini sempat mengundang perhatian beberapa orang dan membuat mereka bertanya-tanya apakah ia bisajadi menjadi metaverse-nya Cina.

Bytedance Uji Coba Aplikasi Jejaring Sosial Serupa Metaverse Party Island

Adapun spekulasi bahwa Party Island akan berfungsi mirip dengan platform metaverse terkenal lainnya.

Misalnya seperti The Sandbox atau Decentraland, yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi satu sama lain dalam jaringan virtual tiga dimensi.

Meskipun demikian, perwakilan Bytedance menyatakan bahwa Paiduidao atau Party Island sama sekali tidak terkait dengan konsep metaverse.

Paiduidao diluncurkan minggu lalu di toko aplikasi iOS dan Android di China. Slogan aplikasi itu berbunyi, “tidak ada manusia adalah sebuah pulau.” Saat ini hanya dapat diakses oleh mereka yang memiliki kode undangan saja.

Baca juga : Kerenn, Mal 100 Lantai Bakal di Bangun di Metaverse

Walau belum sepenuhnya beroperasi dan memiliki akses terbatas, platform baru ByteDance memuncaki aplikasi sosial iOS ke-77 yang paling banyak diunduh pada hari Jumat, 28 Januari, menurut data dari App Annie.

Beberapa orang memandang peluncuran Paiduidao sebagai upaya ByteDance untuk menantang dan melengserkan WeChat dari Tencent Holdings.

Sebuah aplikasi multiguna terbesar di China, yang dipasang di hampir setiap perangkat seluler di negara tersebut.

Pada Agustus 2021, ByteDance mengakuisisi unicorn Pico Interactive yang berbasis di Beijing. Akuisisi startup virtual reality (VR) memicu perdebatan tentang apakah platform tersebut mencari titik masuk ke metaverse.

Kepala produk dan strategi ByteDance, Alex Zhu, membantah tuduhan ini. Keputusan untuk berinvestasi di Pico Interactive berasal dari minat perusahaan pada teknologi VR dan augmented reality (AR).

Akan tetapi menurut Alex Zhu, keputusan Bytedance ini tidak ada hubungannya dengan metaverse sama sekali.

Baca artikel selanjutnya :

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu