5G Renewable Energy

Digitalisasi Zero Emisi Karbon, Cina Susun Rencana Bangun Data Centre Bertenaga 5G

Digitalisasi Zero Emisi Karbon, Cina Susun Rencana Bangun Data Centre Bertenaga 5G
Written by Techfor Id

TechforID – Zero Emisi karbon menjadi perhatian dunia sejak diadakannya rapat Cop26 PBB di Glasgow beberapa waktu lalu.

Mulai banyak negara yang menyusun rencana jangka pendek maupun panjang untuk turut serta memperbaiki kondisi suhu bumi.

Mengutip dari China Morning Post, Cina baru-baru ini menguraikan strateginya untuk menahan emisi karbon lewat digitalisasi infrastruktur.

Rencananya mereka akan membangun Data Centre atau pusat data dan jaringan telekomunikasi 5G. Menetapkan target utama menuju sasaran netral karbon tahun 2060.

Presiden Xi Jinping kelak akan mengoptimalkan tata letak konstruksi pusat data dan jaringan 5G untuk meningkatkan inisiatif pengurangan karbon.

Ia juga sudah memperingatkan pihak berwenang setempat untuk mencegah perkembangan yang tidak terkendali, kata Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional (NDRC).

China mengumumkan pada bulan September tahun lalu sebuah target untuk mencapai emisi puncak pada tahun 2030 dan zero emisi karbon pada tahun 2060.

Baca juga : Rayakan Seratus Tahun Partai Komunis Cina, Xi Jinping Ingin Modifikasi Cuaca

Sektor-sektor intensif karbon negara tersebut seperti baja, logam non-ferrous, dan manufaktur semen, diperkirakan akan mencapai tujuan pertama sekitar 2025.

Seperti halnya kebanyakan industri haus listrik, sektor infrastruktur digital Cina juga masih sangat bergantung pada pembangkit listrik “kotor”.

Maksudnya Cina selama ini masih mengandalkan batu bara untuk menghasilkan sekitar 57 persen dari output listriknya pada tahun 2020.

Sekitar 61 persen listrik yang menggerakkan infrastruktur digital Cina berasal dari pembangkit listrik tenaga batu bara.

Infrastruktur digital adalah sektor yang berkembang pesat di China, dan mengalihkan industri dari batu bara sangat penting untuk tujuan iklim nasionalnya,” kata Wu Xueying, juru kampanye iklim dan energi di Greenpeace Asia Timur.

NDRC mengatakan pemerintah juga akan bekerja pada teknologi yang relevan untuk mengembangkan pusat data yang lebih hemat daya.

Efektivitas penggunaan daya rata-rata (PUE) dari pusat data besar dan berukuran mega baru harus dikurangi menjadi di bawah 1,3 pada tahun 2025, sesuai dengan rencana zero emisi karbon.

Baca artikel selanjutnya :

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu