AI & Data Science

Melatih Sistem Lewat AI, Unity Rilis Fitur Unity Simulation Pro dan System Graph

Melatih Sistem Lewat AI, Unity Rilis Fitur Unity Simulation Pro dan System Graph
Avatar photo
Written by Techfor Id

TechforID – Unity selama ini dikenal karena menjadi pilihan platform favorit dalam hal membuat desain 3D, game, hardware, cloud, dan masih banyak lagi.

Selama acara Unity Summit 2021 yang mereka adakan pada 18 November lalu, pihak perusahaan dengan bangga merilis 2 fitur keren baru,  Unity Simulation Pro dan Unity System Graph.

Menurut pihak perusahaan, kedua fitur ini sama-sama dipakai untuk melatih sistem kompleks dengan bantuan AI.

Simulation Pro sendiri merupakan solusi rendering terdistribusi multi-GPU, dan SystemGraph adalah ekstensi editor berbasis node.

Kedua produk ini dirancang untuk memudahkan para pengembang menguji dan menganalisis kemampuan sistem AI secara virtual tanpa perlu memiliki akses ke hardware-nya.

Unity Simulation Pro – Cara Baru Melatih Sistem Lewat AI

Simulasi melatih sistem robot di ruang virtual Unity Simulation Pro. Foto : Unit

Simulation Pro merupakan fitur mutakhir Unity karena selain cepat, dengannya para pengembang tidak perlu lagi bergantu pada Hardware.

Usut punya usut, fitur ini sudah digunakan oleh Allen Institute of AI dan Universitas Carnegie Mellon untuk melatih robot melakukan navigasi dan beberapa tugas.

Hasilnya sangat positif, fitur ini berhasil mempercepat proses pelatihan robot dari 200 frame per detik (FPS) dengan satu GPU menjadi 5000 FPS dengan 32 GPU. Menurut Pihak Univ. Carnegie Mellon.

Melihat cara sebelumnya, semisal para insinyur ingin menguji sistem otonom, maka mereka harus mengembangkan simulasi kompleks dengan lingkungan yang besar.

Sedangkan dengan hadirnya Unity Simulation Pro bisa memberikan solusi pengujian yang lebih cepat yang memungkinkan pengembang membuat dan menguji sistem otonom dengan lebih cepat.

Unity System Graph – Editor Berbasis Node Program

Unity SystemGraph, adalah editor berbasis node yang dirancang untuk meniru mekatronik, robotika, dan sistem sensor foto.

Unity merancang alat ini  untuk mengurangi biaya proses pengujian untuk memungkinkan para insinyur meniru sensor, kamera, dan robot fisik secara virtual.

Node Editor Unity System Graph Untuk memodelkan sistem kompleks. Foto : Unity

System Graph adalah kerangka kerja (Framework) runtime untuk memodelkan sistem yang terbilang kompleks.

Para pengembang sekarang bisa menguji, menganalisis, dan membuat keputusan desain yang optimal tanpa perlu lagi akses ke hardware yang sebenarnya.

SystemGraph juga bisa melakukan pemodelan sensor fidelitas tinggi dan menjalankan pengujian persepsi mengemudi otonom, untuk menguji kemampuan mengemudi otonom dari sistem AI-nya.

Baca Artikel Selanjutnya :

About the author

Avatar photo

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu