Mengenal Sejarah Bitcoin Dan Nilainya Dari Masa Ke Masa

2

Mengenal Bitcoin cryptocurrency pertama di dunia, pada satu dekade lalu, founder misterius Bitcoin, Satoshi Nakamoto mempublikasikan paper akademis sebanyak sembilan halaman yang berjudul: “Bitcoin: A Peer to Peer Electronic Cash System.” Paper tersebut dianggap sebagai sumber awal terciptanya cryptocurrency.

Pada pembahasan kali ini mari kita mulai dari sejarah Bitcoin.

Baca Juga : Penting Mengenal Lebih Dalam Tentang “Cryptocurrency”!

History Bitcoin dari masa ke masa, kamu perlu tahu!

  • Tahun-tahun awal 2008-2010

Transaksi Bitcoin pertama kali dilakukan secara privasi, sehingga tidak ada yang tahu kapan dan bagaimana transaksi itu terjadi. Namun trade pertama dilakukan antara Nakamoto (yang sampai saat ini belum diketahui asal usulnya) dan developer Hal Finney. Banyak yang menspekulasi bahwa Finney yang meninggal pada 2014 lalu sebenarnya adalah Satoshi Nakamoto sendiri.

Pada 22 Mei awal 2008 kala itu, pembelian dua pizza Papa John oleh Laszlo Hanyecz sebagai penggemar Bitcoin menandai transaksi real world Bitcoin perdana. Hanyecz menukarkan 10 ribu Bitcoin untuk membeli dua pizza besar Papa John

  • Daya tarik utama 2013-2017

Perjalanan Bitcoin berlanjut secara perlahan dan mulai menarik perhatian pada 2013 setelah terjadi banyak inflasi besar dalam mata uang. Di akhir 2013, cryptocurrency mengalami lonjakan nilai dari sekitar $100 per koin menjadi $1.000 dalam kurun waktu 1 bulan, sebelum berkurang separuh nilai selama tiga atau empat bulan ke depan. Nilai Bitcoin tidak mencapai $1.000 lagi hingga 2017.

Baca Juga Artikel Terkait :

Lonjakan tersebut bahkan menarik perhatian media mainstream, dengan Business Insider tulisan berjudul: “I’m Changing My Mind About Bitcoin” setelah beberapa minggu sebelumnya menyebut Bitcoin hanya sebagai lelucon.

Tiga tahun berikutnya, Bitcoin bertahan di kisaran $400, tidak pernah sampai di atas $650 atau di bawah $250. Dan salah satu kejadian paling penting selama waktu tersebut adalah jatuhnya Mt Gox exchange cryptocurrency pertama, dan mengajukan perlindungan kebangkrutan setelah diretas hingga $500 juta Bitcoin dan $30 juta deposito uang tunai.

Peretasan tersebut adalah yang terbesar dalam dunia crypto, hingga memperparah reputasi Bitcoin sebagai aset dengan minimnya proteksi keuangan bagi para penggunanya.

Tempat Kursus Komputer Terbaik | Digital Marketing, Programming, SEO, Dll.

  • Inflasi gelembung (bubble) Bitcoin 2017

Setelah 3 tahun stabil, Bitcoin mulai mencapai puncaknya pada 2017. Di tahun ini, nilai cryptocurrency mulai meningkat dari sekitar $1.000 per koin hingga hampir senilai $20.000 per koin dalam hitungan bulan saja. Waw!

Tahun 2017 juga dianggap sebagai usaha publik besar perdana dari berbagai institusi keuangan untuk terlibat dalam metode crypto yang membantu meningkatkan bubble dalam harga Bitcoin. Bubble mulai terjadi sesaat sebelum Natal 2017 dan hanya selang beberapa minggu setelah futures dirilis, lalu pada akhir Januari 2018, Bitcoin mengalami penurunan dari $20.000 per koin menjadi $10.000.

Baca Juga : Apa sih Blockchain itu? Yuk Mengenal Definisi Blockchain dari sekarang!

Penurunan tersebut didorong oleh meningkatnya kekhawatiran bahwa regulator berencana untuk menindak cryptocurrency, yang sebagian besar beroperasi di luar bantuan regulator normal pada masa itu.

Selanjutnya Bitcoin terus menurun selama awal 2018, sebelum mulai stabil di angka $7.000 per koin. Nilainya bertahan di kisaran $6.000 hingga $7.000 sejak Juni. Jadi, selama 10 tahun ini, Bitcoin memiliki nilai sebesar $6.305 per koin rata-ratanya.

Meskipun sekarang bitcoin telah benar-benar memasuki kesadaran mainstream, tetap saja terdapat kekhawatiran terkait usia panjang dan kegagalan pada masa mendatang.

  • Pertumbuhan harga dari tahun ke tahun

Pada saat pertama kali di rilis dan di perdagangkan, tahun 2009 sampai dengan tahun 2013 nilai tukar Bitcoin mencapai 12 ribu kali kenaikan. Kemudian pada kuartal ketiga tahun 2017 ini, harga Bitcoin sampai pada level tertinggi sepanjang masa yaitu $ 6,194 / 1 BTC (81,7 juta rupiah/ 1 BTC).

Jika kita lihat total kenaikan dari tahun 2009 sampai tahun 2017 (kurun waktu 8 tahun), harga Bitcoin sudah naik sebesar 61,940 kali atau 6,194,000 %, pertumbuhan yang benar-benar fantastis ya untuk sebuah mata uang. Nah bagaimana dengan harga di tahun 2019 yang mencapai 155 juta per koinnya?

Baca Juga : Ini Dia Manfaat Blockchain Demi Keberlangsunan Bisnis Anda Di Masa Depan!

Langkah memperkenalkan bitcoin ke publik mulai merambah lebih dulu ke dunia pertelevisian. Bitcoin diperkenalkan dalam acara The Good Wife dengan episode “Bitcoin for Dummies”. Penonton dari acara ini mencapai lebih dari 9 juta. Namun harga bitcoin tetap saja konstan dan tak ada peningkatan berarti.

Lalu di tahun yang sama bitcoin diterima oleh WordPress dan mengalami kenaikan harga. Saat itu satu bitcoin dinilai $11.04. pada tahun 2013 perekomonian mulai lesu dan membuat banyak investor membeli bitcoin secara massal. Tak pelak jika harga bitcoin melonjak hingga menjadi $260 per koinnya yang sebelumnya hanya sekitar $80 per koin.

  • Bitcoin masa kini cetak rekor

Jika dahulu harga bitcoin hanya sebatas untuk bisa membeli dua potong pizza saja, di masa kini bitcoin bahkan bisa untuk membeli emas. Harga bitcoin terus saja merangkak naik bahkan mampu menembus angka 155 juta per koinnya. Lonjakan ini dimulai awal tahun 2019 dan telah mengalami lebih dari 10 kali kenaikan.

  • Hingga dijadikan mahar pernikahan

Tak disangka ternyata di Indonesia ada yang menjadikan bitcoin sebagai mahar pernikahan lho! Pasangan suami istri yakni Fajar Widi dan Mustika ini memakai satu bitcoin sebagai mahar pernikahan mereka pada 11 November 2017 lalu.

Mahar tersebut dibuatkan replika koin berlogo bitcoin. Ide mahar ini ternyata terinspirasi oleh pasangan suami istri lain yang menggunakan saham jamu Sido Muncul sebagai mahar. Tak ingin kalah unik, pasangan inipun memakai bitcoin sebagai mahar pernikahan mereka.

Baca Berikutnya : Mengenal Lebih Dalam Tentang Blockchain

Nah itu dia sedikit mengenai sejarah perjalanan bitcoin dari masa ke masa, semoga bermanfaat ya sobat!

Share.

About Author

Techfor Id

2 Komentar

  1. Pingback: 7 Cara Mudah Transaksi dengan Bitcoin! | TechForID

  2. Pingback: Kuasai 8 Software Desain UI/UX Ini Dijamin Gampang Cari Pekerjaan! | TechForID

Leave A Reply