Penting Mengenal Lebih Dalam Tentang “Cryptocurrency”!

7

Apa Yang dimaksud Cryptocurrency ?

Cryptocurrency  adalah aset atau mata uang digital yang dirancang untuk bekerja sebagai media pertukaran yang menggunakan cryptography yang kuat untuk mengamankan transaksi finansial. Teknologi blockchain yang ada pada Cryptocurrency meliputi Decentralization, Transparency, dan Immutability.

Fitur terpenting dari cryptocurrency adalah bahwa ia tidak dikendalikan oleh otoritas pusat (Central Authority). Sifat desentralisasi dari blockchain membuat cryptocurrency secara teoritis kebal terhadap cara lama kontrol dan campur tangan pemerintah.

Cryptocurrency dapat dikirim langsung antara dua pihak melalui penggunaan Private dan Public Key. Transfer ini dapat dilakukan dengan biaya pemrosesan minimal, memungkinkan pengguna untuk menghindari biaya tambahan yang dibebankan oleh lembaga keuangan tradisional.

Bagaimana Cara Kerja Cryptocurrency ?

Hanya sedikit orang yang tahu, kalau cryptocurrency muncul sebagai produk sampingan dari penemuan lain. Satoshi Nakamoto, penemu Bitcoin (Cryptocurrency pertama) tidak pernah berniat untuk menciptakan mata uang.

Dalam pengumumannya tentang Bitcoin di akhir tahun 2008, Satoshi mengatakan dia mengembangkan “Sistem Uang Elektronik Peer-to-Peer.

Tujuannya adalah untuk menciptakan sesuatu dari yang banyak orang gagal buat sebelum adanya mata uang digital.

“Mengumumkan perilisan pertama Bitcoin, sistem uang elektronik baru yang menggunakan jaringan peer-to-peer untuk mencegah pengeluaran ganda. Bitcoin Ini sepenuhnya terdesentralisasi tanpa server atau otoritas pusat.” – Satoshi Nakamoto, 09 Januari 2009, mengumumkan Bitcoin di SourceForge.

Satu-satunya bagian terpenting dari penemuan Satoshi adalah ia menemukan cara untuk membangun sistem uang digital terdesentralisasi. Yang pada tahun 90’an, ada banyak orang berupaya untuk membuat uang digital, tetapi semuanya gagal.

Tempat Kursus Komputer Terbaik | Digital Marketing, Programming, SEO, Dll.

Setelah melihat semua upaya sentralisasi gagal, Satoshi mencoba membangun “Digital Cash System” tanpa entitas sentral. Seperti jaringan Peer-to-Peer untuk berbagi data.

Hanya dengan smartphone berbasis Android atau laptop yang terhubung dengan internet, Anda dapat mengirim dan menerima uang dari manapun dan ke mana pun di seluruh dunia.

Menariknya lagi, hal tersebut dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, tidak bergantung pada hari kerja bank atau hari kerja pemerintah, tidak ada downtime dan transaksi dapat dilakukan dalam hitungan menit.

Jenis-Jenis Cryptocurrency

Mengutip dari situs Coinmarketcap.com, saat ini sudah ada 904 jenis mata uang kripto dan yang paling terkenal adalah Bitcoin.

Saat ini, Bitcoin masih menjadi salah satu jenis cryptocurrency yang paling dikenal banyak orang. Namun disamping itu, ada banyak jenis cryptocurrency lainnya yang patut diawasi. Dibawah ini adalah jenis-jenis cryptocurrency yang ada :

Sumber : coinmarketcap
  • Bitcoin

Satu-satunya dan cryptocurrency pertama yang paling terkenal. Bitcoin berfungsi sebagai standar emas digital di seluruh industri cryptocurrency, digunakan sebagai alat pembayaran global dan merupakan mata uang kejahatan cyber seperti Black market atau ransomware. Setelah tujuh tahun ada, harga Bitcoin telah meningkat dari nol menjadi lebih dari 650 Dolar, dan volume transaksinya mencapai lebih dari 200.000 transaksi harian.

  • Ethereum

Gagasan Cryptocurrency Genius muda Vitalik Buterin telah naik ke tempat kedua dalam hierarki cryptocurrency. Sama halnya seperti Bitcoin, blockchain-nya tidak hanya memvalidasi satu set akun dan saldo saja melainkan dapat mencakup satu negara. Ini berarti bahwa Ethereum tidak hanya dapat memproses transaksi tetapi juga kontrak dan program yang kompleks.

Fleksibilitas ini menjadikan Ethereum instrumen yang sempurna untuk blockchain. Namun memiliki beberapa masalah. Setelah peretasan DAO – Smart Contract berbasis Ethereum – para pengembang memutuskan untuk melakukan percabangan pada Ethereum  yang menghasilkan munculnya Ethereum Classic.

Ethereum sendiri adalah tuan rumah dari beberapa Token seperti DigixDAO dan Augur. Hal ini membuat Ethereum lebih sebagai keluarga cryptocurrency daripada satu mata uang digital tunggal.

  • Ripple

XRP, mata uang ripple, tidak berfungsi sebagai media untuk menyimpan dan menukar nilai, tetapi lebih sebagai token atau jaminan untuk melindungi jaringan terhadap spam.

Ripple, tidak seperti Bitcoin dan Ethereum, tidak memiliki Mining karena semua koin sudah ditambang terlebih dahulu. Ripple telah berperan besar dalam industri finansial karena banyak bank telah bergabung dengan jaringan Ripple.

  • Litecoin

Litecoin adalah salah satu cryptocurrency pertama setelah Bitcoin dan ditandai sebagai tambang perak di dunia mata uang digital. Lebih cepat dari bitcoin, dan jumlah token yang lebih besar serta algoritma Mining baru,

Litecoin adalah inovasi nyata digital currency, dirancang sempurna untuk versi bitcoin yang lebih ringan. Contoh dari Litecoin adalah Dogecoin atau Feathercoin.

  • Monero

Monero adalah contoh paling menonjol dari algoritma CryptoNight. Algoritma ini diciptakan untuk menambahkan fitur privasi yang tidak dimiliki Bitcoin. Jika Anda menggunakan Bitcoin, maka setiap transaksi yang anda lakukan didokumentasikan dalam blockchain dan jejak transaksi anda dapat dilacak. Dengan diperkenalkannya konsep yang disebut Ring Signature, algoritma CryptoNight dapat membuat jejak transaksi anda tidak dapat dilacak

Implementasi pertama CryptoNight, Bytecoin, sangat diprioritaskan dan karena hal tersebut Bytecoin ditolak oleh komunitas. Monero adalah klon bytecoin non-premined pertama dan membangkitkan banyak kesadaran. Ada beberapa inkarnasi cryptonote lain dengan sedikit peningkatan, tetapi tidak ada yang mencapai popularitas yang sama dengan Monero.

Popularitas Monero memuncak pada musim panas tahun 2016 ketika beberapa pasar darknet memutuskan untuk menerimanya sebagai mata uang.Hal Ini menghasilkan kenaikan harga yang stabil, tetapi pada kenyataannya penggunaan monero masih sangat kecil.

Selain itu, ada ratusan jenis cryptocurrency lainnya beserta cabang-cabangnya. Kebanyakan dari mereka tidak lebih dari upaya untuk menjangkau investor dan menghasilkan uang dengan cepat.

Share.

About Author

Techfor Id