Jenis-Jenis Mata Uang Cryptocurrency di Dunia, Nomor 5 dari Indonesia lho!

0

Cryptocurrency alias mata uang kripto saat ini telah menjadi salah satu sarana transaksi non tunai yang sedang berkembang pesat di seluruh dunia. Semakian banyak transaksi di dunia maya yang mulai menggunakan aset mata uang digital atau kripto.

Bahkan di negara kita Indonesia kehadiran aset kripto sudah mulai diakui dan diatur sebagai instrumen investasi yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka Indonesia. Alhasil, industri kripto di Indonesia kian berkembang secara luas. Begitu pula dengan bertambahnya pengguna baik asing maupun lokal, yang diperdagangkan di Indonesia.

Baca Juga : Penting Mengenal Lebih Dalam Tentang “Cryptocurrency”!

Nah pada artikel kali ini kita akan membahas jenis-jenis uang kripto yang biasa diperdagangkan di bursa efek. Mau tau apa saja mata uang tersebut? Mari kita simak paparannya berikut ini!

Mengenal Jenis-jenis Mata Uang Kripto Terbaru, di Sini Tempatnya!

Berbicara mengenai mata uang kripto yang paling populer, umumnya orang-orang hanya mengenal Bitcoin saja. Padahal, jenis mata uang kripto sangat beragam. Per Februari 2019 ini saja, sudah terdapat 2000 lebih jenis mata uang kripto yang terdaftar di Coinmarketcap; sebuah situs pemantau kapitalisasi pasar kripto global.

Namun, tidak dipungkiri hanya segelintir di antara ribuan mata uang kripto tersebut yang berhasil menguasai pangsa pasar.

Baca Juga : Kelebihan dan Kelemahan Cryptocurrency

Nah, berikut ini contoh mata uang kripto paling populer selain Bitcoin, termasuk dari Indonesia lho!

1. Ethereum (ETH)

Ethereum awalnya diciptakan untuk sesuatu yang mirip dengan jaringan super komputer berskala global yang memungkinkan siapa saja untuk membuat aplikasi tanpa perantara pihak ketiga dalam dunia financial.

Ethereum sempat mengalami serangan parah pada tahun 2016, hingga dipecah menjadi Ethereum (ETH) dan Ethereum Classic (ETC). Namun demikian, Ethereum tetap memegang posisi puncak dalam jajaran mata uang kripto dengan kapitalisasi pasar sebesar $14.623 miliar dan harga $139.27 per token. 

2. Ripple (XRP)

Ripple dirancang sebagai jaringan transaksi terpusat untuk digunakan oleh system perbankan dalam melakukan transaksi. Mata uang dalam jaringannya bersimbol XRP. Jadi, uang konvensional akan dikonversi terlebih dahulu menjadi XRP untuk dikirim melalui jaringan Ripple, kemudian dikonversi kembali menjadi uang konvensional ketika ditarik tunai. Saat ini, XRP memiliki kapitalisasi pasar sebesar $12.609 miliar dengan nilai $0.305 per token.

Baca Juga : Cara Bisnis Cryptocurrency

3. EOS

Nah EOS ini termasuk pendatang baru dalam daftar mata uang kripto yang diluncurkan pada Juni 2018. EOS dirancang berdasarkan model Ethereum, jadi sama-sama menawarkan platform tempat para developer mengembangkan aplikasi terdesentralisasi. Saat ini, kapitalisasinya bernilai total $3.261 miliar dengan harga $3.60 per token

4. Litecoin

Litecoin dibuat berdasarkan model Bitcoin sebagai mata uang kripto peer to peer, bahkan dijuluki juga sebagai adiknya Bitcoin. Namun, Litecoin menawarkan kecepatan transaksi lebih unggul serta batas total token lebih tinggi. Saat ini, Litecoin menempati posisi mata uang kripto terbesar kelima di dunia dengan kapitalisasi pasar sebesar $2.743 miliar pada harga $45.26 per token.

5. Cyronium

Di tengah lemahnya harga mata uang kripto dunia, Cyronium mata uang kripto asal Indonesia ini, disebut-sebut mempertahankan stabilitas harganya. Saat ini harganya ditutup di titik 29,4 juta rupiah. Cyronium adalah uang kripto yang diciptakan oleh pebisnis asal Bandung, Mardigu Wowiek Prasantyo dan pertama kali dijual ke publik pada bulan Mei 2018.

Cyronium menerbitkan token digital dengan teknologi blockchain, yang bisa dibeli oleh member dengan harga fluktuatif sehingga para member bisa mengambil keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual tersebut.

6. Tether (USDT)

Tether adalah mata uang kripto yang nilainya dirancang untuk mencerminkan Dolar AS, sehingga diharapkan dapat menjadi mata uang kripto bernilai stabil layaknya sebuah Dolar Digital. Namun realitanya, nilai Tether terhadap Dolar AS tetap berfluktuasi disebabkan berbagai faktor. Saat ini, Tether memiliki kapitalisasi pasar sebesar $2.045 miliar dengan harga $1.01 per token.

7. Monero (XMR)

Monero diluncurkan sebagai mata uang terdesentralisasi berbasis open source yang sempat masuk dalam jajaran 10 mata uang kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, tetapi sekarang posisinya sangat merosot ke peringkat 13 dengan nilai total $832 Juta. Harganya saat ini setara $9.52 per token.

8. Cardano (ADA)

Cardano diciptakan oleh salah satu co founder Ethereum, Charles Hoskinson. Hasilnya? Ia sukses memangkas waktu proses pembayaran internasional dari beberapa hari hingga beberapa detik saja lho! Kini, Cardano termasuk salah satu mata uang kripto paling populer dengan kapitalisasi $1.118 miliar dan harga $0.04 per token.

9. Ana Coin

Berikutnya, mata uang kripto dari Indonesia lagi yaitu ANA Coin (ANA). ANA dibangun di atas jaringan Blockchain Ethereum berbasis ERC20 yang diluncurkan pada 6 Juni 2018. Total suplainya sudah lebih dari 200 juta dolar AS. Sebagai salah satu mata uang kripto paling populer, volume perdagangannya sangat tinggi dan tak kalah dari Bitcoin.

Baca Juga Artikel Tentang Blockchain :

10. Agri Coin

Masih dari Indonesia, mata uang kripto AgriCoin (AGCMN) berbasis peer to peer yang digunakan khusus dalam bisnis terkait pertanian seperti namanya. Nah tujuan dibuatnya mata uang kripto ini untuk memenuhi kebutuhan langsung dari kelompok peminjam dari awal, distribusi, hingga penjualan di pasar agricultural. Total suplai mata uang ini mencapai 50 juta dolar AS per token.

Tempat Kursus Komputer Terbaik | Digital Marketing, Programming, SEO, Dll.

Nah itu dia beberapa jenis mata uang kripto terbaru yang beredar dan popular di pangsa berjangka. Volume perdagangan masing-masing jenisnya sangat tinggi dan tak kalah dari Bitcoin bukan? Semoga artikel ini bermanfaat ya teman!

Berikutnya Baca : Penerapan Blockchain di Indonesia

Sumber : https://www.inbizia.com/10-jenis-mata-uang-kripto-paling-populer-selain-bitcoin-546. , https://ekonomi.kompas.com/read/2018/11/30/195028726/uang-kripto-asal-indonesia-ini-disebut-miliki-harga-stabil. dan https://www.indozone.id/tech/mnsn45/selain-bitcoin-ini-5-jenis-mata-uang-kripto-yang-ada-di-dunia.

Share.

About Author

Techfor Id

Leave A Reply