Gaming Information Technology

Microsoft Akusisi Activision Blizzard Senilai Rp. 980 Triliun

Microsoft Akusisi Perusahaan Game Senilai Rp. 980 Triliun
Written by Techfor Id

TechforID – Seiring berkembangnya sektor industri gaming membuat Microsoft bernafsu membeli perusahaan game bernama Activision Blizzard dengan harga 70 Milliar dollar atau setara Rp. 980 Triliun.

Tentu sebuah angka yang sangat fantastis dan tidak mengherankan. Pasalnya Activision Blizzard memang selama ini dikenal sebagai perusahaan pengembang game yang terbilang sukses.

Activison juga memiliki studio hampir di seluruh dunia dengan total jumlah karyawan hampir 10.000.

Tujuan akusisi ini tentu bisa dilihat betapa seriusnya Microsoft ingin mengembangkan bisnis game mereka kedepannya.

Microsoft akan mengakuisisi Activision Blizzard seharga $95,00 per saham, dalam transaksi tunai senilai $68,7 miliar, termasuk kas bersih Activision Blizzard.

Ketika transaksi ditutup, Microsoft akan menjadi perusahaan game terbesar ketiga di dunia berdasarkan pendapatan, di belakang Tencent dan Sony.

Microsoft Akusisi Perusahaan Game Senilai Rp. 980 Triliun
Game – Game terkenal karya Activision Blizzard. Foto : Activision Blizzard

Akuisisi yang direncanakan termasuk waralaba ikonik dari studio Activision, Blizzard dan King seperti “Warcraft,” “Diablo,” “Overwatch,” “Call of Duty” dan “Candy Crush,” di samping kegiatan eSports global melalui Major League Gaming.

Baca juga : Microsoft Ungkap Serangan Malware Targetkan Pemerintah Ukraina

Meski sudah dibeli, Bobby Kotick akan terus menjabat sebagai CEO Activision Blizzard, dan dia serta timnya akan mempertahankan fokus mereka dalam mendorong upaya untuk lebih memperkuat budaya perusahaan dan mempercepat pertumbuhan bisnis.

Tetapi setelah kesepakatan ditutup, bisnis Activision Blizzard harus melapor ke Phil Spencer, CEO, Microsoft Gaming.

Mobile gaming selama ini memang dikenal sebagai segmen pasar terbesar dalam industri game.

Hampir 95% pemain di seluruh dunia menikmati setidaknya 1 jenis game di perangkat smartphone mereka.

Game-game keluaran Activision pun tidak kalah bagusnya seperti Halo atau Warcraft, hingga Candy Crush yang menjadikan perusahaan ini tetap punya potensi di sektor gaming.

Akuisisi ini juga memperkuat portofolio Game Pass Microsoft dengan rencana untuk meluncurkan game Activision Blizzard ke dalam Game Pass, yang telah mencapai tonggak sejarah baru dengan lebih dari 25 juta pelanggan.

Dengan hampir 400 juta pemain aktif bulanan Activision Blizzard di 190 negara dan tiga miliar dolar waralaba, akuisisi ini akan menjadikan Game Pass salah satu jajaran konten game paling menarik dan beragam di industri.

Setelah ditutup, Microsoft akan memiliki 30 studio pengembangan game internal, bersama dengan penerbitan tambahan dan kemampuan produksi esports.

Transaksi ini tunduk pada kondisi penutupan adat dan penyelesaian tinjauan peraturan dan persetujuan pemegang saham Activision Blizzard.

Baca artikel selanjutnya :

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu