5G AI & Data Science

Samsung Ungkap Modem 5G Pertama dan Chipset Infotainment Dalam Mobil

Samsung Ungkap Modem 5G Pertama dan Chipset Infotainment di Dalam Mobil
Written by Techfor Id

TechforID – Samsung mengungkapkan modem pertamanya yang bisa terhubung ke jaringan 5G dengan kecepatan unduhan hingga 5,1 Gbps.

Bernama  Exynos Auto T5123, ia adalah modem 5G pertama yang dirancang khusus untuk penggunaan otomotif dan sudah diproduksi secara massal.

Chip ini juga dilengkapi inti CPU Cortex-A55 dan dapat menyediakan data posisi satelit untuk sistem navigasi kendaraan.

Dengan fitur Multitasking, chip ini mengurangi jumlah total chip untuk kendaraan yang menyederhanakan desain.

Selain meningkatkan sistem navigasi, Samsung Exynos T5123 juga berperan sebagai otak dari pengaturan infotainment untuk kendaraan kelas menengah keatas.

Baca Juga : Pihak Samsung Kasih Bocoran Ponsel Lipat Terbarunya Flex OLED

Ia juga bisa dikonfigurasi dengan RAM LPDDR4x hingga 32 Gb. Penghitungan angka dilakukan oleh delapan core CPU Cortex-A76 dengan clock 1,5 GHz (bukan core kecil) dan GPU Mali-G76 dengan 11 core.

GPU sendiri sebenarnya dibagi menjadi dua kelompok,  pertama delapan inti membuat grafik untuk tampilan informasi pusat di dasbor.

Sementara tiga inti lainnya melayani tampilan di kluster instrumen dan tampilan kepala AR opsional. Memisahkan inti GPU ke dalam kelompok memastikan bahwa apa yang terjadi di satu inti tidak mempengaruhi satu sama lain.

Chipset Samsung tersebut mendukung hingga empat layar, sehingga dapat melayani penumpang di kursi belakang juga.

Adapun tiga prosesor audio bawaan, sehingga chipset dapat mengeluarkan beberapa aliran audio.

Plus, ada NPU untuk aplikasi AI  dapat melakukan pengenalan ucapan, wajah, dan gerakan. Ia bisa digunakan untuk apa saja, mulai dari perintah suara hingga membangun sistem pemantauan pengemudi.

Selain itu, Chip V7 juga dapat menangani hingga 12 kamera untuk menyediakan fitur seperti surround view dan bantuan parkir otomatis.

Sistem pemrosesan gambar menawarkan koreksi piksel yang buruk, kompresi rentang dinamis, dan koreksi distorsi geometrik.

Samsung Exynos Auto V7 juga telah memasuki produksi massal dan akan memberi daya pada sistem infotainment dalam kendaraan generasi berikutnya.

Di antaranya adalah In-Car Application Server (ICAS) versi 3.1 terbaru dari Volkswagen, yang dirancang oleh divisi Vehicle component Solutions dari LG Electronics.

Chip ini memiliki perlindungan bawaan untuk berbagai kondisi berbahaya. Misalnya tegangan berlebih dan tegangan rendah, korsleting, arus berlebih, dan penghentian termal.

Baca Artikel Selanjutnya :

About the author

Techfor Id

Leave a Comment

Click to ask
Hai, Tanya-Tanya Aja
Hi ini Windy, dari techfor

Windy bisa membantu kamu memahami layanan Techfor
Seperti

1. Kursus Online By Expert
2. Partnership Event dan Konten
3. Layanan liputan multimedia
4. Dan hal lain yg ingin kamu tau

Kirim saja pesan ini serta berikan salah satu nomor diatas atau beritahukan windy lebih jelas agar dapat membantu Kamu